Banner ImageBanner Image

Lakukan 4 Hal Ini Mulai Sekarang dan Nikmati Masa Tua Tanpa Pusingkan Uang

3 menit
Hal-hal yang membantu kamu raih kebebasan finansial. (Shutterstock)
Hal-hal yang membantu kamu raih kebebasan finansial. (Shutterstock)

Kebebasan finansial menjadi salah satu hal yang tentu saja ingin dicapai oleh semua orang. Gak terkecuali kaum milenial yang kepengin masa tuanya nanti gak pusing lagi mikirin gimana caranya dapetin uang.

Sayangnya, untuk mencapai kebebasan finansial itu bukan hal yang mudah dan bisa dilakukan dalam waktu singkat. Itulah alasannya kenapa kamu disarankan untuk dapat mengatur keuangan dengan bijak demi masa depan yang lebih baik.

Misalnya aja, gak terjebak dengan utang yang tak kunjung berakhir atau juga masih kerja keras siang malam di masa tua demi menutupi biaya hidup sehari-hari.

Masih banyak milenial yang belum memikirkan masa depan sehingga masih terlena dengan gaya hidup impulsif alias membuang-buang uang. Contohnya ya boros dan rela merogoh kocek dalam-dalam untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup yang sebetulnya tidak terlalu dibutuhkan.

Makanya, gak heran kalau banyak yang memprediksi kalau generasi milenial akan mengalami kesulitan finansial, terancam gak punya hunian, bahkan hidup susah saat masa pensiun nanti.

Oleh karena itu, penting banget buat kamu untuk pandai mengatur keuangan dari sekarang demi mencapai kebebasan finansial. Bagaimana caranya? Berikut ini empat diantaranya.

Baca Juga: Biaya Pendidikan Anak Para Artis Ini Bikin Melongo

1. Investasi sejak dini

Investasi sejak dini bantu kamu raih kebebasan finansial. (Shutterstock)
Investasi sejak dini bantu kamu raih kebebasan finansial. (Shutterstock)

Cara pertama yang harus kamu lakukan untuk dapat mencapai kebebasan finansial adalah dengan investasi sejak dini.

Seperti yang kamu ketahui kalau investasi itu harus dilakukan dalam jangka panjang. Artinya, keuntungannya baru bisa kamu nikmati beberapa tahun bahkan puluhan tahun ke depan.

Hal itu tentu saja dapat menjadi jaminanmu di masa tua. Tapi sebelum itu, tentukan juga secara spesifik tujuan dan jangka waktu investasi yang kamu pilih.

Untuk memulai investasi, kamu bisa bermain di instrumen investasi yang terbilang aman dengan risiko yang kecil seperti emas batangan maupun reksadana. Sisihkan minimal 5 sampai 15 persen dari pengeluaran untuk alokasi investasi.

Baca Juga: Beli Saham Versace, Begini Kisah Sukses Michael Kors yang Pernah di-DO

2. Siapkan dana darurat

Punya simpanan dana darurat bantu kamu raih kebebasan finansial. (Shutterstock)
Punya simpanan dana darurat bantu kamu raih kebebasan finansial. (Shutterstock)

Dana darurat menjadi salah satu hal yang kerap kali terlupakan oleh generasi milenial. Padahal, dana darurat itu penting banget saat ada kejadian mendesak lho.

Misalnya saja kamu terkena PHK atau kecelakaan, kalau ada dana darurat kamu jadi gak perlu lagi kan pusing mikirin uang.

Karena itu, mulai sekarang yuk mulai menyisihkan pengeluaranmu setiap bulan untuk dana darurat. Besarnya simpanan dana darurat itu paling tidak tiga sampai enam kali besaran pengeluaranmu dalam satu bulan.

Misalnya, pengeluaran kamu setiap bulan sebesar Rp 5 juta. Maka, kamu harus mempunya uang sekitar Rp 15 hingga Rp 30 juta di pos dana darurat.

Selain itu, namanya juga darurat, jadi harus bisa diakses kapan pun dan di mana pun. Karena itu, pastikan kalau kamu menyimpan dana darurat di tempat yang mudah dicairkan. Misalnya saja rekening terpisah di bank lain yang memiliki kartu ATM.

3. Jangan menunggak kartu kredit

Hindari nunggak kartu kredit bantu kamu raih kebebasan finansial. (Shutterstock)
Hindari nunggak kartu kredit bantu kamu raih kebebasan finansial. (Shutterstock)

Kartu kredit seringkali menjadi salah satu alasan yang bikin kaum milenial terjerumus ke lubang utang. Bukan kartu kreditnya yang salah, tapi individunya yang gak bisa menggunakan kartu kredit dengan bijak.

Ya, bisa dibilang kemudahan bertransaksi menggunakan kartu kredit memang acapkali membuat mereka jadi ceroboh menggunakan uang. Hal itulah yang membuat tagihan kartu kredit jadi melebihi batas kemampuan.

Agar tak terjebak utang yang bisa menjeratmu sampai tua, tanamkan pemahaman kalau kartu kredit itu hanyalah alat yang mempermudah pembayaran. Jadi, pastikan untuk membayar tagihan kartu kredit dengan disiplin.

Baca Juga: Meski Sepele, 5 Hal Ini Bikin Kamu Terjerat Banyak Utang Lho!

4. Punya asuransi

Punya asuransi bantu kamu raih kebebasan finansial. (Shutterstock)
Punya asuransi bantu kamu raih kebebasan finansial. (Shutterstock)

Punya asuransi juga jadi hal penting yang harus dilakukan oleh generasi milenial lho. Nah, jenis asuransi yang harus kamu prioritaskan adalah asuransi kesehatan.

Meski saat ini sudah ada berbagai fasilitas kesehatan yang disediakan oleh pemerintah maupun tempat kerja. Tapi, tetap saja kamu memerlukannya untuk berjaga-jaga.

Misalnya aja, jika ada kondisi kesehatan serius atau fatal yang membuat kamu tidak bisa produktif kerja lagi. Ya, setiap orang tentu gak ada yang pengin sakit, tapi untuk berjaga-jaga, gak masalah dong? Setelah punya asuransi kesehatan, baru kamu membeli asuransi jiwa dan juga pensiun.

Itu dia empat hal yang bisa kamu lakukan untuk mencapai kebebasan finansial. Dengan mempraktikkan hal-hal di atas, dijamin masa depanmu jadi lebih nyaman.

Baca Juga: Artis-artis Internasional Ini Jadi Wedding Singer Crazy Rich Surabayan

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong