10 Kebiasaan yang Bawa Perubahan Terhadap Keuangan dari Kere Jadi Makmur!

3 menit
Kebiasaan baik
10 Kebiasaan yang Bawa Perubahan Terhadap Keuangan dari Kere Jadi Makmur!, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kebiasaan-kebiasaan yang dimiliki memberi pengaruh yang signifikan terhadap keuangan. Makanya kalau pengin punya keuangan yang sehat, milikilah kebiasaan-kebiasaan baik ini.

Cukup banyak orang yang belum menyadari kalau selama ini mereka mengelola keuangan dengan buruknya. Usut punya usut, hal tersebut bisa terjadi karena mereka punya kebiasaan yang buruk dalam mengatur pengeluaran.

Contohnya aja nih kebiasaan melakukan pembayaran minimum kartu kredit. Rupanya keseringan melakukan pembayaran minimum bikin keuangan kamu jadi gak sehat lho.

Keuangan gak sehat ditandai dengan membengkaknya tagihan kartu kredit yang kemudian berujung pada sulitnya kamu membayar tagihan tersebut. Di sinilah kamu berada dalam situasi gagal bayar.

Baca juga: 15 Kebiasaan Mengatur Keuangan Pribadi yang Bisa Bikin Masa Depan Cerah

Seperti apa sih ciri-ciri keuangan yang sehat?

Kebiasaan baik
Coba deh memulai kebiasaan-kebiasaan yang membawa keadaan keuangan membaik, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gampang kok buat mengetahui apakah keuangan kamu sehat atau gak. Kamu mengacu aja pada formula 50/30/20.

Moneysmart.id sebelumnya udah sering banget bikin ulasan tentang formula keuangan sehat yang satu ini. Buat kamu yang belum tahu, formula 50/30/20 adalah rumus cara mengalokasikan pengeluaran setiap bulannya agar keuangan tetap sehat.

Formula 50/30/20 ini dimaksudkan agar kamu mengalokasikan 50 persen penghasilan buat kebutuhan pokok, 30 persen buat kebutuhan pribadi, kredit, atau bayar cicilan, dan 20 persen penghasilan buat dana darurat, tabungan ataupun investasi.

Nah, kalau kamu mengalokasikan pendapatanmu sesuai dengan formula tersebut, itu berarti kondisi keuangan kamu sehat. Malahan kurang dari persentase tersebut dikatakan baik buat keuangan kamu.

Baca juga: Apa Kabar Kakak dan Adik Michael Jackson? Ternyata Segini Kekayaan Mereka

Berikut ini kebiasaan-kebiasaan baik buat jaga keuangan tetap sehat

Kebiasaan baik
Lakukan hal-hal ini agar keadaan keuangan mu baik dan bikin makmur, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selain mengalokasikan pengeluaran sesuai formula 50/30/20, kamu juga bisa menjaga keuangan tetap sehat dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan baik berikut ini seperti yang dikutip dari Money.

  1. Miliki satu rekening buat payroll dan satu rekening lagi buat dana darurat. Kalau buat payroll, kamu bisa gunakan rekening yang umum digunakan. Sementara kalau buat dana darurat, gunakan rekening yang gak ada biaya administrasi dan bebas biaya transfer semisal Jenius.
  2. Selalu mencatat pendapatan yang kamu terima dan uang yang kamu keluarkan. Selalu habiskan uangmu sesuai dengan formula 50/30/20. Kamu bisa mencatatnya dengan menggunakan aplikasi pengatur keuangan yang bisa di-download di Play Store.
  3. Selalu jeli pada tawaran pinjaman atau kredit yang datang. Kalau kamu berminat pada salah satunya, perhatikan terlebih dahulu besaran bunga yang ditawarkan lalu tenornya. Bandingkan penawaran tersebut di aggregator produk keuangan.
  4. Hindari melakukan pembelian impulsif. Kebanyakan orang menjadi boros dan keuangannya berantakan karena mereka melakukan pembelian impulsif. Demi memuaskan keinginan hati, mereka membeli barang tanpa peduli batasan dalam formula 50/30/20.
  5. Kalau punya kartu kredit, bayarlah penuh tagihan dan jangan pernah telat. Percuma aja mengikuti program cicilan bunga 0 persen kalau bayar cicilan aja telat dan gak penuh. Sebab nantinya tagihan bakal dikenakan bunga karena pembayarannya telat dan gak penuh.
  6. Mulailah mempersiapkan hari depan yang terjamin dengan menyiapkan dana pensiun. Kalau udah punya BPJS Ketenagakerjaan, kamu bisa menambahnya dengan Dana Pensiun Lembaga Keuangan atau DPLK. Bisa juga dengan investasi saham atau reksa dana.
  7. Manfaatkan promo-promo yang selama ini beredar, baik dari kartu kredit maupun dompet elektronik yang kamu gunakan. Manfaatkan juga promo-promo belanja online yang sering ditawarkan e-commerce asalkan jumlah belanjanya tetap sesuai formula 50/30/20.
  8. Kalau udah berinvestasi saham, jangan lupa menetapkan sampai kapan kamu tetap memegangnya. Terus jangan lupa juga di angka berapa kamu bakal cut loss seandainya ada penurunan harga.
  9. Selalu cek tagihan kartu kredit yang kamu miliki. Dengan begitu, penggunaannya tetap terkontrol 30 persen dari penghasilan.
  10. Selalu membandingkan harga saat belanja, baik online ataupun offline. Begitu juga dengan memilih produk keuangan. Usahakan buat selalu membandingkannya.

Sampai sini udah tahu kan sekarang apa aja kebiasaan-kebiasaan baik yang sebaiknya kamu miliki buat menjaga keuangan tetap sehat? Semoga informasi barusa bermanfaat ya! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan