Bukan Hoax, Ini 6 Kebiasaan Miliarder Dunia yang Bikin Mereka Sukses

3 menit
miliarder dunia
Kebiasaan miliarder dunia yang bikin sukses. (Shutterstock)

Rafael Badziag, penulis buku berjudul “The Billion Dollar Secret: 20 Principles of Billionaire Wealth and Success”, menghabiskan lima tahun untuk riset dan mewawancarai banyak miliarder dari seluruh dunia. 

Badziag pun mencoba menganalisis berbagai faktor penunjang kesuksesan mereka. Tentunya, selain dari sebuah keberuntungan bisnis dan lainnya.

Singkat cerita, Badziag menemukan enam hal yang menjadi kebiasaan para miliarder dunia ini. Enam kebiasaan itu tentu bisa kamu aplikasikan di kehidupan sehari-hari, agar sukses seperti mereka.

Mau tahu lebih lanjut? Berikut ulasannya.

Baca juga: Anak Singkong Jadi Miliarder Berharta Rp 56 T, Begini Cara Kaya ala Chairul Tanjung!

1. Miliarder dunia rata-rata disiplin

miliarder dunia
Disiplin. (Pixabay)

Menurut buku tersebut, Badziag mengatakan bahwa para miliarder dunia yang pernah dia wawancara adalah orang-orang yang paling disiplin yang pernah dia temui. 

Mereka semua menghubungkan cara mereka mencapai tujuan-tujuannya dengan apa yang sudah mereka dapatkan. Ketika mereka merasa malas, mereka justru mencari tahu apa yang menjadi kelemahannya selama ini.

Bayangin aja, semales-malesnya mereka, mereka tetap aktif lho. Intinya disiplin tingkat dewa itulah yang harus kita tiru.

Buat kita yang masih mager-mageran, ya jangan harap bisa seperti mereka di masa depan.

Baca juga: Hartanya Mencapai Rp 14 Ribu Triliun, Ini 4 Miliarder Terkaya di Abad ke-19!

2. Punya aktivitas rutin

miliarder dunia
Punya aktivitas rutin. (Pixabay)

Miliarder dunia yang ditemui Badziag sejatinya adalah manusia biasa. Sebagai manusia, mereka tentunya punya rutinitas sendiri untuk bisa menghadapi hari.

Aktivitas rutin itu biasanya dilakukan di pagi hari, dan hubungannya erat dengan spiritualitas. Tujuannya adalah untuk membuat diri mereka makin produktif dan tenang dalam menghadapi tantangan yang ada di depan mata.

Baca juga: 15 Negara dengan Miliarder Terbanyak Sejagat, Termasuk Indonesia?

3. Sering introspeksi

miliarder dunia
Sering introspeksi. (Pixabay)

Introspeksi tentu gak mudah dilakukan oleh orang-orang seperti kita. Biasanya, kita melakukan hal ini ketika kita berbuat salah.

Namun para  miliarder justru menjadikan ini seperti halnya sebuah ritual rutin lho. 

Introspeksi bisa dilakukan berbarengan dengan meditasi atau ketika bersantai. Intinya, hal ini menjadi bagian dari gaya hidup mereka.

4. Membaca

miliarder dunia
Gemar membaca. (Pixabay)

Buku juga merupakan sahabat dekat para miliarder dunia. Badziag bilang, hampir seluruh miliarder yang dia wawancara menghabiskan waktu sehari-hari untuk membaca.

Buku, majalah, jurnal, atau bacaan lainnya tentu saja berguna buat mereka. 

Di antara para miliarder dunia yang pernah diwawancarai Badziag, mungkin cuma Petter Stordalen, miliarder properti yang hobinya baca buku horor. 

5. Menjaga kesehatan

miliarder dunia
Doyan olahraga. (Pixabay)

Memang sudah kodratnya, orang sehat tentu bakal produktif dalam mencari uang. Semua miliarder dunia yang diwawancarai Badziag sangat peduli dengan kesehatannya.

Sebagian besar dari mereka meluangkan waktu untuk nge-gym meski mereka sudah lanjut usia. Yang cukup mengejutkan adalah, beberapa di antara mereka ternyata pernah jadi atlet saat masih muda.

Hayo kamu rajin olahraga gak? 

6. Bangun pagi

miliarder dunia
Bangun pagi. (Pixabay)

Sebagian besar miliarder yang sukses juga merupakan seorang morning person alias orang yang selalu bangun pagi. Jam berapa sih para miliarder itu bangun? Rata-rata jam 05.30 lho.

Buat kamu yang ingin bisa bangun pagi dengan pikiran tenang dan tubuh bugar, ada baiknya untuk tidur lebih awal saja.

Buat apa sih begadang atau tidur pagi? Yang ada badan rusak semua, dan saat kerja kamu pun gak bakal produktif. 

Itulah enam kebiasaan para miliarder dunia seperti yang dituliskan di buku Badziag. Semoga kamu bisa mencontoh enam kebiasaan mereka ya. (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.