Mau Cepat Kaya Raya? Lakukan 6 Kebiasaan Sepele Ini Sekarang

3 menit
Kebiasaan sepele yang bakal bikin kamu kaya raya. (Shutterstock)
Kebiasaan sepele yang bakal bikin kamu kaya raya. (Shutterstock)

Siapa sih yang gak mau kaya raya dan #MerdekaFinansial? Punya uang saat dibutuhkan, gak kelimpungan saat ada pengeluaran dadakan, dan bisa hidup tanpa deg-degan ditagih utang.

Ada banyak cara buat jadi kaya raya, mulai dari investasi, bangun usaha sendiri, atau cari pekerjaan dengan gaji tinggi.

Tapi tahu gak buat jadi kaya raya juga bisa dimulai dari hal-hal kecil. Bahkan, hal-hal kecil ini gak sulit dilakukan, bebas risiko, dan bisa dikerjakan siapapun.

Kebiasaan kecil yang boleh dibilang sepele ini, jika terus dilakukan, bukan cuma menghemat banyak rupiah, tapi juga bisa mendatangkan pundi-pundi rezeki baru. Berikut ini daftarnya.

1. Selalu sedia air mineral di dalam tas

Biasakan bawa air mineral di tas. (Shutterstock)
Biasakan bawa air mineral di tas. (Shutterstock)

Pertama, kamu jadi akan terhindar dari dehidrasi. Bukan cuma berbahaya buat kesehatan, kondisi tubuh kurang cairan juga bisa mempengaruhi keputusan yang kamu ambil. Misalnya, jika kamu pergi belanja dalam keadaan haus, bukan gak mungkin kamu jadi membeli barang secara impulsif sehingga membahayakan isi dompet.

Dengan membiasakan bawa air mineral, kamu jadi gak perlu keluar uang buat beli minum di luar. Meski terlihat murah, jika diakumulasikan dalam satu atau beberapa bulan, jadi lumayan besar. Satu botol air mineral aja dibanderol Rp 5-10 ribu. Dalam sebulan, kamu bisa habiskan Rp 150-300 ribu cuma buat air putih. Itu belum ditambah pengeluaran dadakan efek dehidrasi tadi lho.

2. Membawa bekal ke kantor atau kampus

Bawa bekal ke kantor atau kampus. (Shutterstock)
Bawa bekal ke kantor atau kampus. (Shutterstock)

Bagi para calon istri atau ibu, bisa jadi sekalian latihan masak nih.  Dengan membawa bekal, bukan cuma bisa berhemat banyak rupiah tapi juga menjamin kebersihan dan asupan nutrisi makanan sehari-hari.

Perbedaan harga makanan yang dijual di restoran dengan biaya masak sendiri lumayan tinggi lho. Contohnya nih, satu porsi nasi di rumah makan dibanderol dengan harga  Rp 5-7 ribu. Sementara, dengan bujet yang sama, kamu udah bisa membeli setengah kilogram beras yang bisa dimasak jadi beberapa piring nasi.

3. Olahraga

Rutin olahraga. (Shutterstock)
Rutin olahraga. (Shutterstock)

Rutin olahraga bisa jadi cara yang ampuh buat menjaga kesehatan. Daya tahan tubuh akan semakin kuat sehingga kamu jadi gak mudah terserang penyakit. Alhasil, gak perlu keluar duit tambahan buat beli obat atau kunjungan ke dokter.

Di sisi lain, menurut penelitian, rutin berolahraga dapat meningkatkan kemampuan berpikir. Dengan begitu, secara gak langsung akan berdampak positif juga untuk kemajuan kariermu. Performance meningkat, gaji pun akan menyesuaikan. Benar gak?

4. Hanya bawa uang pas

Hanya bawa uang pas. (Shutterstock)
Hanya bawa uang pas. (Shutterstock)

Membawa uang dalam jumlah besar dapat memicumu untuk gampang membeli sesuatu tanpa pikir panjang. Sebaliknya, dengan membawa uang pas, kamu jadi bisa menahan diri untuk menyesuaikan pengeluaran dengan isi dompet.

5. Selalu bangun pagi

Selalu bangun pagi. (Shutterstock)
Selalu bangun pagi. (Shutterstock)

Idealnya, kamu telah bangun tidur tiga jam sebelum berangkat ke kantor. Dengan begitu, kamu jadi bisa menyiapkan banyak hal, termasuk bekal makan siang. Kamu pun masih punya cukup waktu untuk sarapan, jadi gak tergoda buat jajan dan bisa bekerja dengan konsentrasi maksimal.

6. Belajar minimal 30 menit per hari

Belajar minimal 30 menit. (Shutterstock)
Belajar minimal 30 menit. (Shutterstock)

Buat jadi kaya raya, diri sendiri juga perlu investasi. Salah satunya adalah dengan selalu meng-upgrade diri.

Setidaknya, sediakan 30 menit per hari untuk meningkatkan kemampuanmu. Buat belajar, gak perlu duduk diam di ruang kelas kan? Mulai dari baca buku sampai nonton YouTube pun bisa jadi sarana belajar yang menyenangkan.

Enam kebiasaan di atas gampang banget kan buat dilakukan? Jangan lupa, kaya raya bukan cuma soal berapa duit yang berhasil dikumpulkan. Tapi, juga bagaimana menjadikan uang yang kita miliki bermanfaat buat diri sendiri dan orang lain. Sepakat?

Buat kamu yang mau dapat Smartphone Samsung A6+ dan 20 Voucher Sodexo, yuk ikutan kontes #MerdekaFinansial MoneySmart.id di tautan berikut ini: bit.ly/Merdeka_Finansial

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.