Catat! Ini 5 Kebutuhan Bayi yang Bikin Pengeluaran Orangtua Tidak Sehat

4 menit
Kebutuhan Bayi Baru Lahir yang Membuat Keuangan Kritis (Shutterstock).
Kebutuhan Bayi Baru Lahir yang Membuat Keuangan Kritis (Shutterstock).

Bayi baru lahir membutuhkan kebutuhan yang tak sedikit. Tiap orang tua baru yang sedang menanti kelahiran anak pertama mereka, pasti akan sibuk menyiapkan kebutuhan tersebut. 

Mulai dari popok, botol susu, stroller hingga perlengkapan lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tak sedikit kocek yang harus kamu keluarkan. Malah kalau tak punya budget baby yang ideal, keuangan kalian pasti bakalan membludak. 

Untuk menyiasatinya, pasangan muda diharuskan mengubah gaya hidup setelah menikah. Mulai memikirkan biaya untuk pasangan dan anak di kemudian hari. Terlebih jika kamu diberikan rezeki lebih dengan kehamilan istri yang cukup cepat. 

Di awal kehamilan, ada baiknya segera mempersiapkan tabungan khusus untuk anak. Pasalnya, bukan cuma biaya persalinan saja yang membutuhkan banyak biaya, tetapi kebutuhan bayi baru lahir lainnya. Tetapi kalau kamu tidak pandai dalam mengelola keuangan dan memilah mana kebutuhan yang perlu dan tidak, ya tetap saja pemborosan. 

Nah, ini dia beberapa kebutuhan bayi baru lahir yang terkadang bikin keuanganmu tercabik-cabik melansir dari berbagai sumber:

Baca juga: Seharga Ratusan Juta Rupiah, Ini 5 Koleksi Tas Hermes Milik Luna Maya!

1. Perlengkapan dasar

Bayi baru lahir
Perlengkapan bayi (Shutterstock).

Perlengkapan dasar disini berupa baju, kain bedong, popok hingga kaus kaki. Menyambut kelahiran anak pertama, para orangtua baru seringkali berlebihan dalam membeli kebutuhan yang satu ini. 

Memang membeli baru tidak apa-apa, akan tetapi jumlahnya pun harus diperhitungkan. Jangan sampai terlalu banyak, atau lapar mata saat berbelanja menyebabkan banyak baju bayi tersebut yang justru malah tak terpakai. 

Kalau ada anggota keluarga yang mau memberikan pakaian bayi bekas anak mereka kenapa enggak diterima saja! Toh ini akan memperkecil pengeluaran kamu ke depannya nanti. Pasalnya, masih banyak pengeluaran menanti di depan mata.

Belum lagi jika kamu ingin si kecil memiliki boks bayi cukup besar agar bisa melatihnya tidur sendiri. Ada benarnya memang, tapi kalau gak perlu dan mendesak banget ya tidak usah. Atau kalau tetap ingin, coba cari di situs preloved. Disana biasanya menjual banyak boks bayi dengan harga cukup murah. Kalau mau lebih hemat lagi kamu bisa menyewanya. 

2. Perlengkapan mandi

Bayi baru lahir
Peralatan mandi bayi (Shutterstock).

Perlengkapan yang satu ini juga jika tidak kamu batasi bakalan membludak. Mulai dari sabun, shampo, minyak telon, lotion, cologne, dan krim anti ruam untuk bayi baru lahir tak bisa sembarangan merek. Untuk merek terkenal juga pasti dibanderol harga cukup mahal bukan. 

Daripada kamu membuang banyak uang disini, lebih baik cari produk berkualitas, beli kebutuhan dasar saja yang memang dibutuhkan. Kalau produk dalam negeri saja sudah bagus kenapa harus membeli merek impor kan? Percaya deh, kamu sendiri yang bakalan menyesal dan keteteran jika dari awal membiasakan hidup mewah pada si kecil. Kecuali ya kalau memang kamu punya pabrik uang ya. 

Baca juga: Begini Cara Mudah dan Praktis Hilangkan Goresan di Mobil, Gak Perlu ke Bengkel!

3. Perlengkapan makan

Bayi baru lahir
Perlengkapan makan bayi (Shutterstock).

Nah, ini juga masuk ke dalam kebutuhan bayi baru lahir yang cukup menguras dompet. Gimana enggak, untuk kursi makan bayi saja sudah dibanderol harga Rp 350 ribu, belum slow cooker seharga Rp 500 ribuan, juga satu set tempat makan dan minumnya. 

Belum lagi jika istrimu tidak bisa menghasilkan ASI yang cukup, si kecil pun harus dibantu dengan susu formula. Bukan hanya susunya saja yang mahal, tetapi botol, dot serta alat sterilnya pun gak murah lho!

Kalau kamu pintar dalam memilih, pasti bisa kok mendapatkan peralatan menyusui seperti botol, dot dan warmer dengan harga miring. Kalau memang botol susu dan dot diharuskan membeli baru, untuk penghangat dan sterilisasinya kamu bisa menyewanya. Jauh lebih hemat ketimbang membeli kesemuanya dalam bentuk baru. 

4. Perlengkapan traveling

Bayi baru lahir
Car seat (Shutterstock).

Orangtua mana yang gak pengin mengajak si kecil jalan-jalan. Gak mungkin dong kamu dan pasangan betah di rumah berlama-lama. Setelah istri sudah melewati masa nifas, keinginan untuk mengajak si kecil jalan-jalan pasti besar. 

Nah, untuk mengajak bayi baru lahir bepergian juga memerlukan peralatan yang gak murah. Seperti stroller dan carseat. Gak mungkin kan kamu menggendongnya seharian, juga saat di dalam kendaraan ada baiknya diletakkan ke carseat. 

Solusinya, kamu gak perlu beli. Cukup dengan menyewanya saja. Atau syukur-syukur ada kerabat yang memberikan dua benda tersebut sebagai kado melahirkan untuk bayimu kan. Tetapi kalau enggak ada, ya gak usah repot-repot beli, cukup buka situs sewa mainan anak di media sosial kamu bisa memiliki keduanya meskipun sementara. 

5. Asupan

Bayi baru lahir
Enfagrow Gentle Care (Shopee).

Susu terbaik bagi si Kecil tentunya adalah ASI. ASI kaya nutrisi dan mengandung antibodi yang berguna untuk pertahanan si Kecil. Namun jika si Kecil menunjukkan gejala seperti diare, kolik, konstipasi mungkin mengalami alergi atau pencernaan yang sensitif.

Alergi yang paling sering dialami si Kecil adalah alergi susu sapi. Penanganan alergi ini dilakukan dengan cara menghindari konsumsi bahan makanan penyebab alergi yang disebut dengan alergen. Jika si Kecil mengkonsumsi susu formula pastikan menggunakan formula dengan protein terhidrolisis. Seperti Enfagrow Gentle Care dengan teknologi PHP (Partially Hydrolyzed Protein) dengan protein yang dipecah 50 persen lebih halus sehingga lebih mudah dicerna. Juga membantu menjaga kesehatan saluran cerna si kecil. 

Selain aman untuk perut si kecil, Enfagrow dilengkapi nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang si kecil seperti Omega 3 dan 6, Kalsium, Zat Besi, Asam Folat, Vitamin B1, B6 dan B12.

Enfagrow Gentle Care memiliki ragam produk untuk memenuhi kebutuhan anak berusia 0-36 bulan dengan harga mulai Rp 200 ribuan. Info lebih lanjut bisa klik disini.

Nah itu tadi lima kebutuhan bayi baru lahir yang bikin kantong bolong jika gak disiasati dengan cerdas. Menjadi orangtua di zaman milenial seperti ini, kamu harusnya bisa lebih pintar dalam mengelola keuangan dong, bukan malah membuatnya semakin keruh. Selamat mencoba! (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be