6 Kebutuhan Sekunder yang Layak Kamu Beli dengan Harga Selangit

4 menit
kebutuhan sekunder
6 Kebutuhan Sekunder yang Layak Kamu Beli dengan Harga Selangit, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kebutuhan sekunder merupakan salah satu hal yang penting dalam hidup manusia selain  primer dan tersier. Walaupun bukan yang terpenting namun justru kebutuhan inilah paling sering bikin dompet jebol.

Kalau kamu sering mengalami kejadian kayak gini gak perlu takut atau bingung karena hal semacam ini lumrah terjadi oleh orang-orang terutama di kota metropolitan. Mungkin kamu salah satunya nih yang sering banget kehabisan uang lantaran buat memenuhi kebutuhan tersebut, betul gak?

Salah satu penyebabnya karena jenuh bekerja dan selalu menghadapi kemacetan jalan yang bikin stres.

Karena sebagian sifat kebutuhan sekunder yang menghibur maka banyak masyarakat memanfaatkannya di waktu senggang. Walaupun uang yang dikeluarkan terbilang cukup mahal dibandingkan kebutuhan primer.

Sebetulnya perilaku seperti itu gak ada salahnya kalau emang punya dampak yang positif terhadap kehidupan sehari-hari serta pekerjaan.

Daripada terus-terusan parno mengeluarkan uang banyak buat hal yang dirasa gak penting. Mendingan lihat aja nih langsung 6 kebutuhan sekunder yang layak dibeli dengan harga selangit berikut ini:

Baca juga: Biasa Dikoleksi Artis! Ini 5 Jenis Barang Mewah yang Diincar Orang buat Investasi

1. Traveling

kebutuhan sekunder
Traveling salah satu kebutuhan yang kadang kamu perlu tapi mahalan bikin kantong jebol, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mengutip dari Business Insider, kebutuhan sekunder pertama yang patut kamu beli dengan harga selangit adalah traveling.

Hiburan yang satu ini terbukti efektif banget buat menghilangkan kejenuhan bekerja dan stres. Apalagi kalau perginya bareng teman dekat atau anggota keluarga, makin terlupakan deh itu mimpi buruk terjebak macet sehari-hari.

Tetapi kadang kita suka bingung menentukan bujetnya berapa buat liburan ya, gak? Ada baiknya kamu jangan terlalu pelit sama kegiatan ini supaya dampaknya lebih berasa setelah liburan dan kembali bekerja di kantor.

Baca juga: 5 Jenis Asuransi yang Mesti Dimiliki Milenial Berdasarkan Urutan Kebutuhan Menurut Pakar

2. Vitamin dan obat

Vitamin dan obat-obatan merupakan kebutuhan yang perlu kamu beli tapi mahal banget, (Ilustrasi/Shutterstock).

Hal yang satu ini kadang masih dianggap sebelah mata oleh penduduk Indonesia. Padahal vitamin dan obat merupakan kebutuhan yang layak dibeli dengan harga mahal.

Alasan yang paling utama adalah bisa membantu menjaga kesehatan. Jika dibandingin sama biaya berobat atau yang lainnya tentu kedua barang konsumsi ini jauh lebih murah.

Terutama buat kamu yang sering makanan junk food dan jarang mengkonsumsi sayur serta buah.

Baca juga: Sesuaikan dengan Kebutuhanmu! Jenis Tabungan Jenius Ini Kasih Banyak Keuntungan

3. Tempat tidur

Tempat tidur merupakan kebutuhan juga nih bagi kebanyakan orang, (Ilustrasi/Shutterstock).

Di urutan selanjutnya ada tempat tidur yang menjadi kebutuhan sekunder ketiga yang layak dibeli dengan harga selangit.

Mungkin terdengar gak terlalu penting namun ranjang atau kasur yang nyaman ketika tidur bisa meningkatkan kualitas tidur hingga hidup kamu setiap harinya. Jadi kalau belakangan kamu sering mengalami leher sakit dan pegal itu pertanda harus membeli kasur yang baru tuh.

4. Kemeja, tas maupun aksesoris lainnya

Beli baju dan aksesoris lainnya merupakan salah satu kebutuhan yang gak bisa dihindari, (Ilustrasi/Shutterstock).

Pakaian emang udah menjadi salah satu kebutuhan primer manusia. Tetapi yang dimaksud disini adalah pakaian pergi seperti jas, kemeja ataupun kebaya.

Barang tersebut bisa menambah percaya diri kamu saat bertemu dengan orang lain termasuk klien. Asal belinya sesuai keperluan barang ini layak dibeli dengan harga yang mahal kok guna menunjang penampilan.

5. Ponsel pintar atau gadget

Membeli ponsel pintar maupun gadget salah satu kebutuhan juga nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak bisa dipungkiri ponsel pintar atau gadget udah menjadi barang yang wajib dibawa kemanapun orang pergi saat ini. Berbeda kalau melihat beberapa dekade lalu yang fungsinya masih sangat terbatas.

Belilah ponsel pintar sesuai kebutuhan karena banyak orang yang tergiur beli smartphone baru cuma karena keinginan semata. Kalau hal ini terjadi sayang aja uangnya sebenarnya bisa kamu gunakan buat investasi atau keperluan lainnya.

6. Kamera DSLR

Kamera DSLR salah satu kebutuhan yang kadang kamu mau gak mau beli juga ya kan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Yang terakhir ada kamera DSLR yang jadi kebutuhan sekunder keenam yang patut dibawa pulang dengan harga selangit.

Buat kamu yang hobi fotografer dan tahu seluk beluk dunia tersebut pasti pilihan pertama jatuh kepada kamera dengan harganya relatif mahal. Selain menghasilkan kualitas gambar yang top, belanja kamera DSLR yang bagus bisa menghindari kamu belanja lagi dalam tempo waktu yang berdekatan.

Nah, itu dia 6 kebutuhan sekunder yang layak dibeli dengan harga selangit. Gak semua orang memerlukan keenam hal di atas, tetapi kalau kamu salah satu yang pengin membelanjakan uang hasil gaji buat hal-hal di atas, sebaiknya ada cara bijak supaya bujet kamu gak bocor. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!