Gak Berkembang dan Berujung Gagal Berbisnis, Ini 6 Alasannya!

4 menit
Gak Berkembang dan Berujung Gagal Berbisnis, Ini 6 Alasannya!, (Ilustrasi/Shutterstock).

Menjalankan sebuah usaha emang gak lepas dari yang namanya tantangan. Gak heran banyak pelakunya mengalami gak berkembang dan berujung kegagalan bisnis. 

Kegagalan dalam berbisnis emang banyak disebabkan beberapa hal. Hal-hal seperti ini yang seharusnya diperhatikan dan oleh kamu sebagai pelakunya. 

Jangan sampai jenis usaha yang dilakukan mengalami gak berkembang dan akhirnya gulung tikar alias kegagalan bisnis. Kalau hal ini udah terjadi memiliki banyak dampak gak baik bagi pelaku maupun orang yang ikut terlibat dalam ranah usaha ini. 

Seperti dikutip dari Jurnal.id, Rabu, (21/8/2019), usaha yang gak berkembang dan mengalami kegagalan bisnis bisa disebabkan oleh 6 hal ini. Nah, buat kamu yang tengah menjalani sebuah bisnis ada baiknya nih memperhatikan hal-hal di bawah berikut ini. 

Baca juga: Milenials, 5 Ide Bisnis di Bawah Rp 1 Juta Ini Cocok Buat Kamu

1. Menjual barang dengan harga rendah

kegagalan bisnis
Menjual barang terlalu murah menjadi penyebab bisnis mu gak berkembang dan berujung gagal, (Ilustrasi/Shutterstock).

Strategi menjual barang dengan harga rendah terkadang dijadikan kuncian pelaku bisnis sukses nih. Ternyata gak juga lho! Menjual barang dengan harga rendah bisa menyebabkan bisnis mu gak berkembang. 

Kalau usaha udah gak berkembang mau gak mau yang namanya kegagalan bisnis dialami oleh pelaku nih. Pendekatan dengan menjual barang dengan harga rendah mungkin bakal menarik peminat, boleh aja asal jangan terlalu sering lho. 

Jika menjual barang dengan harga rendah, kamu mau gak mau mesti memikirkan usaha anda dengan upah yang layak agar tetap bertahan dan berkembang nih. 

Baca juga: Mau Bisnis Untung, Teknologi Wajib Dikuasai! Ini Alasannya

2. Terlalu nyaman dengan zona yang ada

kegagalan bisnis
Berdiam diri di zona nyaman ternyata gak bisa dipertahankan lho demi berjalanannya sebuah bisnis, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sebagai pebisnis emang dituntut agar selalu belajar dan terus belajar. Jangan sampai kamu sebagai pelaku bisnis terlalu nyaman dengan zona yang ada. 

Seiring berkembangnya zaman, jenis usaha maupun bisnis pun mau gak mau bakal berubah. Namanya tren bakal selalu ada dan kamu mesti siap buat memutar otak agar bisnis mu tetap berjalan sesuai alurnya. 

Jika cuma bertahan di zona yang nyaman dampaknya adalah menurunnya kinerja yang berdampak bisnis gak berjalan dengan baik. Kalau udah begini yang namanya kegagalan bakal merangkul usaha mu nih. 

Baca juga: Hebatnya Alibaba, Sampai-Sampai 8 Perusahaan Ini Berada di Bawah Kendalinya

3. Gak melihat perkembangan

kegagalan bisnis
Gak update dengan perkembangan bisa menjadi alasan mengapa bisnis gak berjalan dan berujung gagal, (Ilustrasi/Shutterstock).

Hal ini masih terkait dengan poin sebelumnya, jadi usahakan bisnis yang kamu lakukan gak stagnan begitu aja. Lakukan segala inovasi agar jenis usaha mu dilirik oleh banyak orang. 

jadi mau gak mau sebagai pebisnis kamu mesti melihat perkembangan zaman. Jangan sampai kamu cuma berkutat dan puas dengan yang ada. Kalau udah begini jenis usaha mu gak berkembang dan ujung-ujungnya gulung tikar dan label ‘gagal’ tersematkan. 

4. Komunkasi gak efektif

kegagalan bisnis
Komunikasi gak efektif menjadi alasan mengapa bisnis gak berkembang dan gagal, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sebagai pelaku bisnis kamu emang mesti memiliki kemampuan komunikasi yang efektif. Hal ini dilakukan agar pertumbuhan bisnis mu bergerak dan gak diam di tempat alias mandek. 

Kamu harus jelas menjelaskan visi, misi dan ide ranah bisnis yang sedang dilakoni lho. Tim kamu sangat membutuhkan informasi yang terkini sehingga kerjasama dalam membangun bisnis bakal mulus banget. 

5. Gak memiliki strategi pemasaran yang baik

kegagalan bisnis
Gak memiliki strategi pemasaran yang baik bisa bikin bisnis kamu gak berjalan dengan baik, (Ilustrasi/Shutterstock).

Seorang pebisnis yang memiliki strategi pemasaran yang oke gak menutup kemungkinan jenis usahanya bakal banyak dilirik oleh konsumen. Banyak juga pebisnis yang gak pernah memikirkan strategi pemasaran kuat dan pada akhirnya mandek dan gak berkembang. 

Sayang kalau kamu udah memiliki modal yang kuat tim solid tapi gak memiliki strategi pemasaran bisa-bisa bisnis gak berjalan. Berikan penawaran dan promosi semenarik mungkin agar produk mu bisa bersaing dengan baik.

6. Kerjasama dengan orang yang gak tepat

kegagalan bisnis
Jangan sampai kamu salah memilih rekanan dalam berbisnis. Hal ini bikin usaha mu gak berjalan dan berujung kegagalan lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah, ini perlu kamu perhatikan nih sebagai pebisnis. Saat menjalankan sebuah usaha ada baiknya kamu pintar-pintar dalam memilih rekanan bisnis. 

Jangan sampai kamu salah pilih orang, modal udah terkumpul dan tim lengkap malah mentah nantinya. Orang yang salah malah bikin bisnis mu berujung kegagalan. 

Pilihlah kandidat yang memiliki visi dan misi dengan kamu. Jangan sampai kamu memilih orang yang gak tepat buat jalannya usaha mu. 

Nah, itu dia keenam hal-hal yang harus diperhatikan oleh pebisnis agar kegagalan bisnis gak terjadi. Sayangkan kamu udah mengumpulkan modal buat berbisnis malah berujung gak berkembang dan gagal! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi yang mulai menyukai seputar dunia investasi, ekonomi dan bisnis. Lebih menyukai dan menghargai sebuah proses dalam mencapai sesuatu! Xoxo...