Bikin Keuangan Sehat, Ini Lho Kegunaan Kartu Kredit yang Jarang Disadari

3 menit
Kegunaan kartu kredit yang jarang disadari. (Shutterstock)
Kegunaan kartu kredit yang jarang disadari. (Shutterstock)

Ternyata cukup banyak yang punya persepsi keliru mengenai kartu kredit. Padahal, beberapa kegunaan kartu kredit itu punya andil dalam bikin keuangan jadi sehat lho.

Bisa dimaklumi kalau ada orang yang merasa tekor punya kartu kredit. Usut punya usut tekornya para pengguna kartu kredit tersebut karena sifat boros mereka dalam belanja. Ya, iyalah. Pakai kartu debit juga bakal tekor seandainya punya sifat boros.

Asalkan dipakai dengan benar, kartu kredit sebenarnya bisa beri banyak untung lho. Nah, dalam ulasan kartu kredit kali ini, Moneysmart mau kasih tahu kamu apa aja kegunaan kartu kredit yang kasih dampak positif buat keuangan. Yuk, disimak.

1. Bayar cicilan bisa tanpa bunga alias 0 persen

Salah satu kegunaan kartu kredit adalah manfaat cicilan nol persen. (Shutterstock)
Salah satu kegunaan kartu kredit adalah manfaat cicilan nol persen. (Shutterstock)

Kegunaan kartu kredit yang satu ini paling disukai banyak penggunanya. Gimana gak suka coba? Beli barang dengan cicilan kartu kredit gak dikenakan bunga sama sekali alias bunga 0 persen.

Enaknya lagi nih, cicilan kartu kredit yang 0 persen ini punya tenor pembayaran hingga 24 bulan. Mantap banget, kan? Terus nih, belanjamu bisa lebih hemat lagi karena adanya tambahan promo dari barang-barang yang kamu beli tersebut.

Namun, ketentuan bunga 0 persen ini bisa kamu nikmati selama kamu membayar cicilan tepat waktu alias gak pernah telat. Soalnya, telat sehari aja, kamu bakal dikenakan bunga kartu kredit sebesar 2,25 persen.

Selain itu, hindari pembayaran minimal kartu kredit. Sebab, hal itu juga bisa bikin ketentuan bunga 0 persen gak berlaku lagi.

2. Transaksi lebih hemat karena dapat promo

Transaksi lebih hemat karena ada promo merupakan kegunaan kartu kredit pula. (Shutterstock)
Transaksi lebih hemat karena ada promo merupakan kegunaan kartu kredit pula. (Shutterstock)

Asal dipakai dengan benar, kartu kredit itu bisa menghemat pengeluaranmu. Kenapa bisa gitu? Sebab kartu kredit selalu menawarkan banyak promo, mulai dari cashback, diskon, hingga reward.

Promo yang diberikan gak tanggung-tanggung lho. Kamu bisa mendapatkan promo semisal potongan harga atau diskon hingga 50 persen. Apalagi buat kamu yang suka bepergian dengan pesawat. Kamu bisa menukarkan reward kamu dengan tiket pesawat.

3. Dapat kemudahan ajukan pinjaman

Kegunaan kartu kredit lainnya adalah bantu permudah pemberian pinjaman. (Shutterstock)
Kegunaan kartu kredit lainnya adalah bantu permudah pemberian pinjaman. (Shutterstock)

Karena menggunakan kartu kredit, kamu dapat kemudahan dalam ajukan pinjaman. Asal tahu aja nih. Cukup banyak lho pinjaman bank atau KTA yang mencantumkan syarat mesti punya kartu kredit. Malahan aplikasi pinjaman diproses lebih cepat berkat kepemilikan kartu kredit.

Udah gitu, beberapa bank penerbit kartu kredit menyediakan pinjaman khusus pengguna kartu kredit, yaitu dana tunai. Program yang ditujukan bagi pengguna kartu kredit ini bisa kamu temukan di Bank Mandiri dengan program Mandiri Power Cash.

Kalau di Bank BRI, namanya Dana Tunai Kartu Kredit BRI. Sementara itu, kalau di Citibank namanya program Citibank Ready Credit, sedangkan dari Bank Mega, bisa pinjam lewat Mega Cash Line.

Nilai pinjaman yang diberikan dari program dana tunai kartu kredit gak tanggung-tanggung besarannya. Kamu bisa peroleh dana hingga Rp 200 juta. Bunga yang ditawarkan juga menarik lho. Kamu bisa dapat bunga pinjaman 0 persen buat tiga kali bayar cicilan. Enak banget, kan?

4. Menjaga kolektibilitas kredit

Kegunaan kartu kredit adalah menjaga kolektibilitas kredit. (Shutterstock)
Kegunaan kartu kredit adalah menjaga kolektibilitas kredit. (Shutterstock)

Menggunakan kartu kredit nyatanya bisa membantu kamu dalam menjaga kolektibilitas kredit. Inilah alasannya kenapa para pengguna kartu kredit lebih mudah ajukan pinjaman semisal KTA ketimbang orang-orang yang gak pakai kartu kredit.

Seperti yang udah Moneysmart ulas sebelumnya, kolektibilitas kredit harus selalu kualitas 1 kalau mau pengajuan pinjaman disetujui. Membayar cicilan kartu kredit tepat waktu alias gak pernah telat bikin kolektibilitas kredit terus berstatus kualitas 1.

Makanya kamu kudu waspada seandainya pembayaran cicilan kartu kredit sampai terlambat. Kamu bisa mengecek status kolektibilitas kredit di Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Di situ kamu bisa mendapatkan informasi mengenai histori kredit kamu.

Minat punya kartu kredit? Ini syarat-syaratnya

Setelah mengetahui kegunaan kartu kredit di atas, kamu jadi kepengin gak punya kartu kredit? Ternyata pengajuan kartu kredit itu mudah lho.

Beberapa syarat pengajuan kartu kredit berikut ini pastinya gak bakal sulit kamu penuhi. Apa aja?

  • Usia pemegang minimal 21 tahun, sedangkan buat kartu tambahan minimal 17 tahun.
  • Tunjukkan KTP buat warga negara Indonesia (WNI) atau tunjukkan paspor atau Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) buat Warga Negara Asing (WNA).
  • Tunjukkan slip gaji.
  • Tunjukkan NPWP.

Syarat-syaratnya simpel dan mudah, bukan? Buat kamu yang mengajukan, semoga sukses dan diterima ya!

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong