Kehabisan Tiket Kereta Api Mudik? Ini Info Tiket Tambahannya

Hari Raya Idul Fitri 2018 jatuh pada tanggal 15-16 Juni 2018 dan sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun, masyarakat Indonesia akan berbondong-bondong mudik alias pulang kampung.

Berbagai macam alat transportasi pun dipilih agar bisa berlebaran bersama sanak saudara di kota kelahiran dan kereta api paling banyak dipilih karena cepat dan harga tiketnya pun masih aman di kantong.

Sayangnya, mendapatkan tiket kereta api mudik gak semudah yang kamu bayangkan. Bahkan mereka standby di depan laptop atau handphone dengan koneksi internet stabil agar bisa mendapatkan tiket.

Terbukti saat PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuka pembelian tiket beberapa waktu, dalam sekejap tiket sudah habis untuk semua jenis kereta, mulai dari ekonomi hingga eksekutif.

Lalu gimana kalau kehabisan tiket kereta api? Kalau beli tiket pesawat harganya mahal banget. Gak perlu berkecil hati dulu dong, intip yuk informasi seputar tiket tambahannya di bawah ini:

Nah, berikut beberapa rute perjalanan untuk tiket tambahan serta kuota kursi yang tersedia:

  • Pasundan rute Kiaracondong-Surabaya Gubeng sebanyak 1368 kursi.
  • Mataramaja rute Pasar Senen-Kutoarjo sebanyak 1792 kursi.
  • Brantas rute Pasar Senen-Semarang-Poncol-Blitar sebanyak 1792 kursi.
  • Taksaka pagi rute Gambir-Yogyakarta sebanyak 1000 kursi.
  • Lodaya rute Bandung-Solo sebanyak 912 kursi.
  • Kutojaya Utara rute Pasar Senen-Kutoarjo sebanyak 1600 kursi.
  • Kutojaya Selata rute Kiaracondong-Kutoarjo sebanyak 1358 kursi.
  • Brantas rute Pasar Senen-Semarang Poncol-Blitar sebanyak 1792 kursi.

Buat kamu yang ingin mengetahui apakah ada penambahan tiket kereta api mudik untuk rute perjalananmu dan berapa kursi yang tersedia, kamu bisa menghubungi pusat informasinya di 121 atau mengunjungi website-nya di www.kai.id.

[Baca: Buat yang Mudik, Wajib Tahu dan Catat Nomor-Nomor Telepon Penting Ini!]

Tips dan trik mendapatkan tiket tambahan

Biar gak kehabisan tiket kereta api lagi, berikut tips dan trik yang bisa kamu lakukan. Komplet, mulai dari cara pemesanan hingga pemilihan metode pembayaran:

  1. Pastikan koneksi Internet kamu stabil, terutama saat tengah malam. Pasalnya, PT KAI akan meng-update jadwal kereta pada pukul 01.00 WIB.
  2. Pastikan kamu sudah bersiap berburu tiket kereta api 60 menit sebelum pembelian tiket dibuka. Disarankan agar kamu menunda pekerjaan lain dan fokus membeli tiket.
  3. Tentukan dari jauh-jauh hari tanggal keberangkatan, jenis kereta, serta rute perjalanannya. Jangan lupa juga memilih tanggal lain sebagai antisipasi jika tanggal yang kamu mau sudah sold out.
  4. Sekadar info, tanggal yang paling banyak diburu adalah tiga hari sebelum lebaran. Jadi sebaiknya kamu hindari membeli tiket di tanggal-tanggal tersebut.
  5. Siapkan data penumpang. Kalau perlu kamu sudah menulis di note smartphone kamu, jadi tinggal di copy paste saja. Dengan begitu, proses pemesanan tiket pun akan lebih mudah dan cepat.
  6. Meminta orang rumahmu untuk ikut membeli tiket, baik lewat aplikasi atau website. Hal itu bertujuan agar peluangmu mendapatkan tiket kereta api lebih besar.
  7. Jika situs tiba-tiba bad gateway, jangan menyerah! Kamu bisa mencobanya lagi.
  8. Jika saat berburu tiket ternyata kursi sudah habis, jangan langsung berkecil hati. Pasalnya di saat-saat tersebut akan ada banyak cancel order, karena Internet yang gak stabil atau website-nya yang tiba-tiba down karena terlalu banyak orang yang akses.
  9. Memilih metode pembayaran yang cepat, seperti menggunakan mobile atau internet banking.

[Baca: Aplikasi Mobile Banking Emang Membantu, Tapi Hati-hati Sama yang Palsu]

  1. Pembayaran juga bisa melalui ATM (menu transfer) maupun lewat minimart seperti Indomaret dan Alfamart. Tapi pastikan waktunya cukup karena waktu pembayaran hanya 50 menit.

Buat kamu yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut seputar tiket kereta api mudik lebaran 2018, kamu bisa menghubungi contact center-nya di 121 dan juga pantu sosial medianya di @keretaapikita untuk Twitter dan keretaapikita di Facebook.

[Baca: Agar Perjalanan Lancar, Siapkan Biaya-Biaya Ini Saat Mudik dengan Kendaraan Pribadi]

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560