Udah Tajir Sebelum Jadi Menteri, Seberapa Kaya Sosok Idrus Marham Ini?

3 menit
Idrus Marham saat mengenakan rompi tersangka KPK (TEMPO)

Idrus Marham yang selama ini dikenal aktif sebagai politikus Indonesia menjalani sidang vonis kasus suap hari ini. Mantan Menteri Sosial ini sebelumnya ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka.

Idrus Marham disangkakan terlibat kasus korupsi suap proyek PLTU Riau-1. Dalam kasus tersebut, politikus yang pernah jadi anggota DPR dari fraksi Golkar ini disebut menerima suap senilai Rp 2,25 miliar dari pengusaha Johanes Budisutrisno Kotjo.

Suap tersebut bertujuan agar Johanes Budisutrisno Kotjo yang punya saham di Blackgold Natural Resources Ltd (BNR) diberikan proyek di PLN. Idrus pun akhirnya divonis bersalah dengan hukuman 3 tahun penjara dan denda Rp 150 juta.

Lepas dari kasus yang membelitnya, menariknya nih Idrus Marham ini bukan tergolong orang yang hidupnya susah banget lho. Buktinya aja saat jadi anggota DPR periode 2009 – 2014, kekayaan yang dimilikinya telah mencapai Rp 9,5 miliar plus uang US$ 40 ribu.

Nah, apa aja sih kekayaan yang dimiliki Idrus Marham ini? Bersumber dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2011, inilah aset-aset yang bikin Idrus kaya raya.

Baca juga: Ini yang Perlu Dilakukan Milenial untuk Membangun Kekayaan dengan Cepat

1. Punya tanah dan bangunan yang nilainya mencapai Rp 7,9 miliar

Idrus Marham punya tanah dan bangunan yang nilainya mencapai Rp 7,9 miliar
Punya tanah dan bangunan yang nilainya mencapai Rp 7,9 miliar (Ilustrasi by Unsplash).

Rupanya Idrus Marham itu punya aset gak bergerak berupa tanah dan bangunan yang nilainya mencapai Rp 7.976.391.000 lho. Tanah dan bangunan yang dimilikinya tersebut tersebar di tujuh lokasi.

Seperti yang dilaporkan dalam LHKPN, tanah dan bangunan Idrus Marham berada di Kabupaten Bogor, Kota Jakarta Selatan, Kota Jakarta Pusat, Kota Jakarta Timur, dan Kota Makassar.

Tanah dan bangunan dengan nilai terbesar yang dimilikinya berada di Kota Jakarta Timur. Di lokasi tersebut luas tanah dan bangunannya sekitar 400 meter persegi dan 768 meter persegi. Nilainya disebut mencapai Rp 2.378.400.000.

Baca juga: Hati-Hati! 5 Kata Sepele Ini Bisa Menghambat Karier Kamu Lho!

2. Memiliki mobil mewah dari Toyota Vellfire hingga BMW X5

Idrus Marham, memiliki mobil mewah dari Toyota Vellfire hingga BMW X5
Memiliki mobil mewah dari Toyota Vellfire hingga BMW X5 (Unsplash).

Di LHKPN yang dilaporkan Idrus Marham, disebutkan ada empat mobil mewah yang dimilikinya. Mulai dari Toyota Harrier, Toyota Vellfire, Mercedes Benz C240, hingga BMW X5.

Nilai keseluruhan mobil-mobil mewah tersebut mencapai Rp 1.150.000.000 pada Desember 2004 dan Rp 800.000.000 pada Desember 2009. Mengapa berbeda? Sebab pada Desember 2009, Idrus gak menyebut nilai Mercedes Benz C240 dan BMW X5.

Dari semua kendaraan yang dimiliki Idrus, mobil yang paling mahal adalah BMW X5. Nilai mobil tersebut dikabarkan sekitar Rp 675.000.000.

Baca juga: Hati-Hati! 5 Kebiasaan Buruk Ini Menjadi Penyebab Munculnya Utang Lho

3. Berinvestasi di logam mulia dan batu mulia dengan nilai Rp 155 juta

Idrus Marham berinvestasi di logam mulia dan batu mulia dengan nilai Rp 155 juta
Berinvestasi di logam mulia dan batu mulia dengan nilai Rp 155 juta (Unsplash).

Kekayaan Idrus Marham juga berasal dari investasi yang dilakukannya. Idrus menginvestasikan kekayaannya dalam bentuk logam mulia dan batu mulia yang nilainya mencapai Rp 155 juta.

Tercatat Idrus mempunyai logam mulia tahun 2009 dengan nilai Rp 35 juta. Lalu ada batu mulia dari tahun 2009 yang nilainya sekitar Rp 70 juta. Ditambah lagi dengan batu mulia yang diperoleh dari 2001 senilai Rp 50 juta.

4. Menyimpan uang di giro dan setara kas lainnya senilai Rp 769 juta dan US$ 40 ribu

Idrus Marham menyimpan uang di giro dan setara kas lainnya senilai Rp 769 juta dan US$ 40 ribu
Menyimpan uang di giro dan setara kas lainnya senilai Rp 769 juta dan US$ 40 ribu (Unsplash).

Idrus Marham juga menyimpan kekayaannya di giro. Nilainya dilaporkan sekitar Rp 769.688.160. Kekayaannya yang dimiliki di giro ini berasal dari hasil sendiri.

Sementara uang senilai US$ 40.000 atau Rp 563.300.000 statusnya sebagai warisan sebagaimana yang dilaporkannya pada LHKPN.

Nah, itu tadi nilai-nilai aset kekayaan yang dimiliki Idrus Marham. Dihitung-hitung sih nilainya mencapai Rp 9.701.079.160. Namun, nilai tersebut berkurang karena adanya utang dalam bentuk pinjaman sebesar Rp 170 juta.

Belum diketahui pasti apakah utang tersebut udah lunas atau belum. Sebab dari LHKPN, belum ada pembaruan data dari Idrus Marham sendiri. Meskipun belum ada data terbaru, apakah politikus yang satu ini layak dikategorikan sebagai orang yang susah hidupnya? (Editor: Winda Destiana Putri).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!