Deretan Aset Bupati Irna Narulita yang Bikin Dirinya Punya Kekayaan Rp 37 Miliar

3 menit
irna narulita
Bupati Pandeglang Irna Narulita. (Instagram/@irnadimyati)

Berita adanya guru honorer di Kabupaten Pandeglang yang tinggal di toilet bikin banyak orang iba mendengarnya. Irna Narulita yang menjadi Bupati Pandeglang mengaku telah menegur Camat Cigeulis karena dinilai gak peka dengan persoalan tersebut.

Belakangan diketahui, gak cuma kondisi tempat tinggal yang memprihatinkan, tapi bayaran yang diterima guru honorer bernama Nining Suryani benar-benar menyedihkan lho. Guru Nining mengaku cuma dibayar Rp 350 ribu per tiga bulan. Kecil banget ya?

Guru Nining Suryani sendiri telah menjadi pengajar di SD Negeri Karyabuana 3 Pandeglang, Provinsi Banten sejak 2004. Seperti yang diberitakan Detik, Guru Nining menjual makanan ringan di sekolah tempatnya mengajar buat menambah pemasukan. 

Ramainya pemberitaan soal Guru Nining kemudian mendapat perhatian Pemerintah setempat. Kabar terbaru menyebutkan Guru Nining bakal mendapat bantuan perbaikan rumah. Informasi tersebut disampaikan langsung Bupati Irna Narulita kepada wartawan.

Walaupun Guru Nining mendapat bantuan berkat pemberitaan media, respons yang diberikan Bupati Pandeglang Irna Narulita patut diapresiasi. Kalau ingat yang lalu, dulunya Bupati Irna sempat menerima banyak kritikan gara-gara beli mobil dinas seharga Rp 1,9 miliar.

Pembelian mobil yang sangat mahal tersebut kemudian menjadi polemik hingga akhirnya Bupati Irna Narulita mengaku gak bakal menggunakan mobil tersebut. Buat dirinya, gak masalah gak pakai mobil dinas karena ia bisa menggunakan mobil pribadi miliknya.

Asal tahu aja nih, Bupati Irna Narulita yang pernah menjadi anggota DPR periode 2014 – 2016 punya kekayaan lebih dari Rp 37 miliar lho. Nilai kekayaan istri dari mantan Wakil Ketua MPR Achmad Dimyati Natakusumah tercantum dengan jelas di LHKPN 2017.

Pastinya kamu penasaran apa aja aset-aset milik Bupati Pandeglang ini sehingga bisa punya kekayaan sebesar itu. Nah, berikut ini adalah daftar aset Bupati Irna yang nilainya tembus Rp 37 miliar lebih.

Baca juga: 5 Mobil 4×4 Ini di Bawah Rp 500 Juta, Gak Semahal Milik Bupati Pandeglang

1. Kuasai banyak tanah senilai Rp 34 miliar lebih, paling banyak ada di Banten

irna narulita
Bupati Pandeglang Irna Narulita. (Instagram/@irnadimyati)

Dengan kepemilikan tanah yang banyak dan luas, boleh dibilang Bupati Irna Narulita cocok disebut tuan tanah. Nilai tanah yang dikuasainya sesuai dengan yang tercantum di LHKPN 2017 lebih dari Rp 34.409.585.000.

Sebagian besar tanahnya berlokasi di Kabupaten Pandeglang. Sementara itu, yang lainnya ada di Kota Serang, Kota Jakarta Barat, hingga Sleman.

Di Kabupaten Pandeglang, tanahnya yang paling mahal bernilai Rp 1.582.875.000 dengan luas 4.725 meter persegi. Di Kota Serang, tanahnya yang termahal bernilai Rp 7.840.000.000 dengan luas 3.920 meter persegi.

Di Jakarta Barat, Bupati Irna diketahui memiliki dua bidang tanah. Paling mahal adalah tanah yang luasnya 481 meter persegi dengan nilai Rp 989.000.000.

Baca juga: Lolos ke Senayan! Ini Fakta Dedy Mulyadi Eks Bupati Purwakarta Berharta Rp 5,7 M

2. Total nilai kendaraannya lebih dari Rp 1,56 miliar, salah satunya yang paling mahal Toyota Lexus LX570

irna narulita
Lexus LX570. (Lexus.com)

Bupati Irna Narulita mencantumkan tiga kendaraan miliknya di LHKPN. Total nilai kendaraan atas namanya tersebut mencapai Rp 1.564.000.000.

Dari ketiga kendaraan yang dimilikinya tersebut, mobil Toyota Lexus LX570 menjadi yang paling mahal. Nilai mobil keluaran tahun 2010 ini mencapai Rp 1,3 miliar.

Sementara kendaraan lainnya adalah mobil Mazda CX5 Minibus keluaran tahun 2013 dengan nilai Rp 260 juta. Lalu ada juga satu unit sepeda motor Honda keluaran tahun 2008 dengan nilai Rp 4 juta.

Baca juga: Perjuangan Hengky Kurniawan, dari Kernet, Artis, Sampai Jadi Wakil Bupati

3. Bupati Irna Narulita miliki harta bergerak lain senilai lebih dari Rp 354 juta dan kas dengan nilai lebih dari Rp 681 juta

irna narulita
Bupati Irna dalam sebuah kegiatan. (Instagram/@irnadimyati)

Aset lainnya yang dimiliki Bupati Pandeglang Irna Narulita tercatat dalam bentuk harga bergerak lainnya. Nilai asetnya tersebut mencapai Rp 354.180.000.

Ada juga kas dan setara kas yang menjadi aset milik Ibu Bupati. Nilai kas dan setara kas yang dimilikinya mencapai Rp 681.561.683.

Nah, itu tadi aset-aset yang bikin Bupati Pandeglang Irna Narulita tajir bukan main hingga mencapai Rp 37 miliar. 

Gak heran kenapa buat Ibu Bupati gak masalah pakai mobil pribadi sebagai mobil dinas. Soalnya ia punya dua mobil yang terbilang keren di kelasnya. Gimana menurutmu? (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!