Pasti Kaget! Segini Kekayaan Donald Trump, Istri, Anak, dan Menantunya

4 menit
Donald Trump dan keluarganya. (Shutterstock)
Donald Trump dan keluarganya. (Shutterstock)

Presiden Donald Trump gak henti-hentinya menuai kontroversi. Setelah beberapa waktu lalu mengadakan pertemuan dengan Presiden Korea Utara, Kim Jong Un, kini Trump jadi sorotan karena kebijakan pajak impor untuk Cina yang memicu gejolak ekonomi di banyak negara.

A post shared by Ivanka Trump (@ivankatrump) on

Sebelum menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat, Trump dikenal sebagai pengusaha properti ulung. Sepanjang kariernya, ia telah membangun sejumlah gedung perkantoran, hotel, lapangan golf, dan fasilitas lainnya di berbagai negara di dunia. Ia bahkan mendapat julukan raja properti. Kemampuannya berbisnis menurun dari sang ayah, Fred Trump, pengembang properti ternama di Amerika Serikat.

Selain sebagai pebisnis, Trump juga sering tampil di layar kaca sebagai pembaca acara. Salah satunya adalah The Apprentice, pada 2014 sampai 2015. Presiden kontroversial ini juga pengelola ajang kontes kecantikan Miss Universe dari tahun 1996 hingga tahun 2015. Trump tercatat sebagai orang terkaya ke-324 versi Forbes dengan kekayaan bersih sebesar US$3,1 miliar atau setara Rp 45,97 triliun.

Jiwa bisnis dari sang ayah gak cuma mengalir pada darah Trump, tapi juga anak-anaknya. Hampir tiap anggota keluarga Trump menjalani bisnis sendiri dengan nilai yang gak main-main, termasuk menantunya. Keluarga Trump bahkan dinilai sebagai salah satu keluarga terkaya.

Mau tahu gak berapa kekayaan masing-masing keluarga Trump? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Donald Trump

#USA 🇺🇸⚽️ #FIFAWorldCup

A post shared by President Donald J. Trump (@realdonaldtrump) on

Lulus dari Akademi Militer New York, Trump mulai melirik potensi bisnis properti yang udah lebih dulu digeluti sang ayah. Sambil menempuh pendidikan di University of Pennsylvania Jurusan Ekonomi konsentrasi Keuangan, ia bekerja di perusahaan ayahnya, Elizabeth Trump & Son. Lalu pada 1971, perusahaan tersebut sudah berada di bawah kepemimpinannya. Ia pun mengubah nama perusahaan menjadi The Trump Organization.

Sebagai pebisnis properti, Donald Trump memiliki aset real estate mencapai US$ 1,5 miliar atau setara Rp 22,2 triliun. Ia juga punya berbagai merek dagang menggunakan namanya yang diprediksi bernilai US$180 juta atau setara Rp 2,6 miliar. Tajir berkat properti, Donald Trump terjun ke bidang pertelevisian dengan menjadi produser dan pembawa acara.

Di dunia hiburan, Trump disebut-sebut sebagai pekerja pertelevisian dengan bayaran tertinggi. Tiap episode, ia bisa mengantongi hingga US$ 3 juta atau setara Rp 44,4 miliar.

Trump juga menjadi tokoh di balik Miss Universe, Miss USA, serta Miss Teen USA. Selain di bidang properti, bisnisnya merambah pada bidang kuliner seperti Trum Buffet, Trump Catering, dan Trump Ice Cream Parlor.

2. Melania Trump

Sebelum menjadi istri presiden Amerika Serikat, Melania merintis karier model sejak usia 5 tahun. Pada usia 18 tahun, Melania telah menjadi model busana di Milan dan Paris. Ia bertemu dengan Donald di sebuah pesta New York Fashion Week pada 1998.

Tertular semangat bisnis sang suami, Melania juga mengelola beberapa bisnis seperti Melania Timepieces & Jewelry dan Melania by Melania Trump. Ia pun menjabat sebagai CEO pada Melania Marks Accessories LLC.

Kini, merangkap sebagai ibu negara Amerika Serikat, nilai kekayaan Melania Trump ditaksir sebesar USD 50 juta atau setara Rp 696,97 miliar.

3. Jared Kushner

Who is excited for the 2026 FIFA WorldCup?? 🇺🇸🇲🇽🇨🇦

A post shared by Ivanka Trump (@ivankatrump) on

Jared Kushner adalah menantu Donald Trump sekaligus suami Ivanka Trump yang terkenal sebagai pebisnis sukses di AS. Ia juga diangkat sang Presiden sebagai penasihat senior presiden di Gedung Putih.

Pria berusia 35 tahun ini sebelumnya gak pernah terjun sekalipun ke dunia politik. Kiprahnya menjadi bagian dari kabinet Trump baru ia alami setelah menikahi Ivanka Trump.

Seperti sang mertua, Jared Kushner juga terlahir di keluarga pengusaha real estate. Sejak muda ia menggantikan posisi sang ayah di perusahaan keluarga. Perusahaan tersebut memiliki sebagian saham di lebih dari 60 gedung di New York.

Dilansir dari Forbes, jika digabungkan, kekayaan keluarga Jared Kushner mencapai $1,8 miliar atau setara dengan Rp 26,6 triliun. Sementara dilansir dari Liputan6, kekayaan Jared sendiri mencapai USD 740 juta atau setara Rp 10,31 triliun.

4. Ivanka Trump

Sebelas dua belas dengan sang suami, Ivanka juga didaulat sebagai penasihat senior dalam kabinet kepresidenan Donald Trump. Ia juga menjabat sebagai konsultan dan manajer properti pada sejumlah perusahaan milik sang ayah.

Dari sanalah, ceruk hartanya semakin tebal setiap hari. Meski Ivanka mengaku tidak mendapat bayaran sebagai penasihat ayahnya sebagai presiden, ia tetap mendapat penghasilan dari perusahaan besar sang ayah.

Setidaknya ada tiga perusahaan yang jadi sumber penghasilannya. Pertama berasal dari perusahaan TTT Consulting sebesar USD 800 ribu (setara Rp 11,8 miliar). Selain itu, dari perusahaan  TTT Venture, Ivanka mendapatkan bayaran sebesar USD 600 ribu (setara Rp 8,8 miliar). Terakhir, dari perusahaan Trump International Realty Ivanka meraup penghasilan sebesar USD 100 ribu (setara Rp 1,4 miliar).

Dengan begitu, total penghasilan Ivanka Trump  mencapai USD 1.500 ribu atau setara Rp 22,2 miliar per bulan.

5. Eric Trump

Meski tidak sepopuler Ivanka sang kakak, Eric Trump diketahui memiliki kekayaan senilai $ 300 juta atau setara Rp 4,4 triliun.

Saat ini, ia menjabat sebagai executive vice president di Trump Organization. Di sana, ia bertugas mengelola akuisisi proyek pengembangan dan konstruksi di berbagai belahan dunia.

Gak cuma itu, Eric Trump juga mengawasi akuisisi bisnis di Trump International Ireland dan beberapa bisnis keluarga lainnya.

6. Donald Trump Junior

Sebagai anak sulung, gak perlu heran kalau karier dan kekayaan Donald Trump Jr. gak jauh-jauh dari sang ayah. Lulus dari University of Pennsylvania, Trump Jr. mengikuti jejak ayahnya sebagai seorang pengusaha.

Namun, ia sempat mencoba bekerja sebagai bartender sebelum bergabung di  kerajaan properti The Trump Organization.

Trump Jr. menjabat sebagai Executive Vice President bersama adiknya, Eric Trump. Ia mengawasi sejumlah proyek di berbagai wilayah terutama New York City, Chicago, dan Las Vegas.  

Dilansir dari Celebrity Net Worth, kekayaannya sama dengan sang adik yaitu sebesar $ 300 juta atau setara atau setara Rp 4,4 triliun.

7. Tiffany Trump

🍂🍁🍂

A post shared by Tiffany Ariana Trump (@tiffanytrump) on

Meski masih berstatus mahasiswa, putri bungsu Trump ini sudah memiliki kekayaan sebesar USD 10 juta atau setara Rp 139,4 miliar. Kekayaan tersebut berasal dari kariernya sebagai penyanyi dan selebriti.

Saat ini ia menjalani kuliah hukum di Georgetown Law School. Ia pun turun langsung membantu sang ayah dalam kampanye pemilihan presiden AS pada 2016 lalu.

Terlepas dari segala kontroversi yang diciptakan Trump dan keluarganya, kiprah keluarga Trump di dunia properti bisa dijadikan inspirasi nih. Trump mampu mendorong dan memastikan anak-anaknya terlibat dalam perusahaan keluarga. Jadi, harta mereka gak akan menguap ke mana-mana. Bagaimana menurutmu?

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.