Harta Berkurang Hampir Rp 1 M, Segini Aset Kekayaan ‘Oneng’ Rieke Diah Pitaloka

3 menit
rieke diah pitaloka

Nama Rieke Diah Pitaloka mulai dikenal banyak orang sejak bermain dalam sinetron komedi “Bajaj Bajuri” yang saat itu tayang di salah satu stasiun televisi swasta, setiap hari.

Dalam sitkom tersebut, Rieke memerankan tokoh Oneng yaitu istri Bajuri yang diperankan Mat Solar. Karakternya yang lugu dan polos menjadi daya tarik sendiri di hati masyarakat.

Tak hanya berkecimpung di dunia seni peran, Rieke juga dikenal sebagai pembawa acara beberapa talkshow. Salah satunya, “Good Morning”.

Gak hanya itu aja, wanita berusia 45 tahun tersebut menjajal peruntungannya sebagai penulis buku. Rieke diketahui sudah mengeluarkan dua buah buku yang berjudul Renungan Kloset dan Kekerasan Negara Menular Ke Masyarakat.

Meski memiliki karier yang cemerlang di dunia hiburan, ibu tiga orang anak ini memutuskan untuk terjun ke dunia politik.

Saat aktif di kegiatan politik, pemilik nama lengkap Rieke Diah Pitaloka Intan Purnamasari ini menjabat sebagai wakil sekretaris jenderal DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pimpinan Muhaimin Iskandar. 

Namun, dia kemudian mengundurkan diri dan bergabung ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) pimpinan Megawati Soekarnoputri.

Kariernya di dunia politik terus meningkat hingga terpilih menjadi anggota DPR periode 2009-2014 untuk Daerah Pemilihan Jawa Barat II dan fokus di bidang kesehatan serta kesejahteraan masyarakat.

Dia juga termasuk salah satu anggota Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Pada pemilu 2019, Rieke kembali mencalonkan diri dan berhasil mendapatkan suara sebanyak 169.729 dan diprediksi akan kembali duduk di kursi DPR.

Segudang karier yang berhasil diperoleh wanita kelahiran Garut, Jawa Barat, 8 Januari 1974 ini tentu saja membuatnya memiliki banyak pundi-pundi rupiah.

Seperti yang dikutip dari laman Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2014 yang diterbitkan pada 21 November 2017, Rieke memiliki total kekayaan mencapai Rp 1,8 miliar.

Jumlah kekayaannya tersebut justru menurun hampir Rp 1 miliar dari pelaporannya di tahun 2012 yang hartanya mencapai Rp 2,7 miliar.

Lalu, apa saja aset kekayaan yang dimiliki Si ‘Oneng’ Rieke Diah Pitaloka? Berikut, di antaranya:

Tanah dan bangunan

Rieke Diah Pitaloka
Rieke Diah Pitaloka (Instagram/@riekediahp)

Dalam laporan tersebut, diketahui kalau Rieke memiliki 13 aset berharga berupa tanah dan bangunan yang tersebar di beberapa daerah dengan nilai Rp 1,65 miliar.

Baca juga: Artis Terkaya Berharta Rp 36 Miliar, Ini Rincian Kekayaan Deddy Mizwar

Jika dilihat dari hasil pelaporan, tidak ada tanah dan bangunan yang bernilai fantastis. Seperti:

  • Tanah dan bangunan seluas 240 m2 dan 200 m2 di Depok sebesar Rp 300 juta.
  • Tanah dan bangunan seluas 236 m2 dan 115 m2 di Depok sebesar Rp 204 juta.
  • Tanah dan bangunan seluas 271 m2 dan 300 m2 di Depok sebesar Rp 469 juta.

Kendaraan

rieke diah pitaloka
Rieke Diah Pitaloka (Instagram/@riekediahp)

Peraih penghargaan Piala Citra sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik di Festival Film Indonesia 2006 dalam film “Berbagi Suami” ini juga memiliki sederet kendaraan yang jumlahnya mencapai Rp 415 juta.

Dalam laporan tersebut, Rieke memiliki mobil merek Hyundai seharga Rp 153 juta serta dua buah mobil Toyota Avanza yang harga masing-masingnya sebesar Rp 130 juta.

Harta bergerak lainnya

rieke diah pitaloka
Rieke Diah Pitaloka (Instagram/@riekediahp)

Masih dalam LHKPN, wanita lulusan Universitas Indonesia itu juga diketahui memiliki aset harta bergerak lainya dengan total Rp 135 juta. Berikut rinciannya:

  • Logam mulia perolehan dari tahun 1995 hingga 2011, sebesar Rp 121 juta.
  • Logam mulia dari hibah, sebesar Rp 4 juta.
  • Benda bergerak lainnya sebesar Rp 10 juta.

Giro atau setara kas

rieke diah pitaloka
Rieke Diah Pitaloka (Instagram/@riekediahp)

Rieke Diah Pitaloka juga melaporkan, dia memiliki harta lainnya dalam bentuk giro atau setara kas dengan nominal mencapai Rp 383 juta.

Itulah aset-aset berharga yang dimiliki Si ‘Oneng’ yang jika ditotalkan mencapai Rp 2,58 miliar. Namun, total kekayaan tersebut belum dikurangi dengan utang yang dimiliki berupa pinjaman barang dengan nilai Rp 746 juta dan kartu kredit sebesar Rp 6 juta.

Jadi, jika dikurangi secara total, maka jumlah keseluruhan kekayaan Rieke Diah Pitaloka hanya sebesar 1,8 miliar. Jumlah tersebut justru menurun di bandingkan tahun 2012 yang saat itu diketahui memiliki kekayaan mencapai Rp 2,7 miliar.

Meski begitu, belum diketahui berapa total kekayaan yang dimiliki mantan istri Donny Gahral Adian itu. Pasalnya, dia masih tercatat sebagai anggota dewan periode 2014-2019. (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.