Kelilingi Kota Tua Jakarta dengan Modal Rp 55 Ribu, Bisa ke 6 Spot Instagrammable Ini

4 menit
Liburan hemat ke Kota Tua. (Shutterstock)
Liburan hemat ke Kota Tua. (Shutterstock)

Pengin banget liburan biar bisa foto-foto cantik? Namun, tentu akan sulit kalau kamu memutuskan buat berhemat untuk bujet liburan tahun ini. Wah, sepertinya kamu harus memasukkan Kota Tua sebagai destinasi kamu.

Liburan gak harus jauh-jauh, kan? Bahkan, kamu bisa dapat banyak koleksi foto buat laman Instagram kamu dari spot di dekat kamu. Kamu yang tinggalnya di Jakarta sepertinya bisa memilih Kota Tua sebagai destinasi kamu selanjutnya.

Pasalnya, bujet buat ke Kota Tua gak mahal. Bahkan dengan modal Rp 55 ribu aja, kamu udah bisa menikmati enam spot berikut plus makan pula lho!

Penasaran? Yuk, simak spot mana aja yang bisa kamu sambangi saat di Kota Tua dan berapa pengeluarannya.

Baca juga: Tak Cuma Pantai yang Indah, Banten Punya Segudang Destinasi Menarik Lain

1. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah di Kota Tua. (Shutterstock)
Museum Fatahillah di Kota Tua. (Shutterstock)

Kamu yang pernah ke Kota Tua pasti tahu dong Museum Fatahillah. Yap! Museum Sejarah Jakarta ini lebih sering disebut sebagai Museum Fatahillah.

Museum ini sendiri dari depan udah kece banget deh. Dibangun dengan desain klasik khas Eropa, saat kamu menginjakkan kaki di Kota Tua dijamin kamu pengin langsung foto.

Yang pasti, di museum tersebut kamu bisa temukan banyak sejarah mengenai kota Jakarta. Gak cuma itu aja lho! Di beberapa kesempatan, bakal ada aktivitas menarik seperti nonton bareng film jadul alias jaman dulu, pentas seni, dan ada pula perpustakaan dengan koleksi buku yang menarik.

Museum ini cukup luas, ada baiknya kamu datang sedari pagi biar bisa menikmatinya. Sebab, Museum Fatahillah sendiri buka dari hari Selasa sampai Minggu jam 8 pagi dengan tiket masuk Rp 5 ribu aja.

Baca juga: Gak Mau Liburan Akhir Tahun Bermimpi Buruk? Hindari Tempat-Tempat Wisata Ini

2. Museum Wayang

Museum Wayang di Kota Tua. (Shutterstock)
Museum Wayang di Kota Tua. (Shutterstock)

Museum ini berada di bagian kiri Museum Fatahillah. Bangunannya agak nyempil dikit dan gak terlalu tampak luas dari depan.

Seperti namanya, museum ini menampilkan berbagai jenis wayang dari seluruh Indonesia, juga mancanegara. Kira-kira ada 4.000 koleksi wayang di sana. Oh ya, sering kali setiap minggu kedua atau ketiga setiap bulan bakal ada pagelaran wayang, lho!

Museum ini sama seperti Museum Fatahillah yang gak buka di hari Senin. Jadi, kamu bisa datang di hari Selasa sampai Minggu dengan tiket masuk Rp 5 ribu juga.

Baca juga: Destinasi Ramah Keluarga di Australia Barat Selain Perth

3. Sewa sepeda

Sewa sepeda di Kota Tua. (Shutterstock)
Sewa sepeda di Kota Tua. (Shutterstock)

Gak lengkap rasanya berkeliling Kota Tua tanpa sewa sepeda. Sepeda ontel yang udah jadi ciri khas kawasan ini bakal menambah semarak foto kamu deh.

Ada banyak penyedia jasa sewa sepeda ontel di sana dengan harga yang sama satu dengan yang lainnya. Yang bikin spesialnya lagi adalah sewa sepeda ontel di sana, kamu bakal dipinjamkan topi warna-warni pula. Makin kayak noni Belanda deh.

Buat sewa sepeda, kamu perlu rogoh kocek agak gede nih. Biayanya adalah Rp 20 ribu per 30 menit. Gak apa-apalah, sekalian membantu perekenomian orang-orang yang bekerja di kawasan tersebut juga, kan.

4. Foto dengan cosplay

Foto bareng cosplayer di Kota Tua. (Shutterstock)
Foto bareng cosplayer di Kota Tua. (Shutterstock)

Ada banyak cosplayer yang bakal kamu temukan di Kota Tua. Mulai dari karakter yang Indonesia banget sampai yang gak nyambung sama sekali dengan sejarah Indonesia.

Misalnya aja, kamu bisa bertemu dengan manusia patung yang menirukan Soekarno. Kemudian, kamu juga bisa lihat gimana cantiknya noni Belanda. Lalu, ada boneka hingga badut.

Kamu bisa ajak mereka berfoto, lho! Buat berfoto dengan mereka sebenarnya gak ada angka pasti buat kamu berikan. Bisa mulai dari Rp 5 ribu atau lebih besar, bergantung pada bujet kamu.

5. Toko Merah

Toko Merah di kawasan Kota Tua. (Shutterstock)
Toko Merah di kawasan Kota Tua. (Shutterstock)

Toko Merah udah gak berada di kawasan lapangan Kota Tua tetapi masih dekat banget buat dijangkau. Bangunan itu sendiri kini gak dibuka sih. Akan tetapi, penampakan luarnya benar-benar unik banget sehingga cocok buat lokasi foto.

Bangunan yang berada di Jalan Lada ini memiliki sejarah cukup panjang. Buat berfoto di depan bangunan tersebut, kamu gak perlu bayar apa-apa.

6. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia di Kota Tua. (Shutterstock)
Museum Bank Indonesia di Kota Tua. (Shutterstock)

Masih berada di kawasan Kota Tua Jakarta, ada satu museum lagi yang bisa kamu sambangi. Cukup sediakan sedikit tenaga buat jalan ke sana.

Museum Bank Indonesia berada di Jalan Pintu Besar Utara nomor 3. Di sana kamu bisa lihat sejarah Bank Indonesia sesuai dengan namanya. Yang bikin museum ini keren adalah informasi tersebut disajikan menggunakan teknologi modern seperti diorama, display elektronik, dan lainnya.

Museum ini buka dari hari Selasa sampai Minggu dengan tiket masuk Rp 5 ribu aja.

Bila ditotalkan, enam spot di atas menghabiskan dana Rp 40 aja, lho! Sisa Rp 15 ribu bisa kamu gunakan buat mencoba penganan khas Betawi, kerak telor. Gak lengkap rasanya bila ke Kota Tua tanpa mencicipi kerak telor.

Selanjutnya, kamu bisa berkeliling sepuasnya di Kota Tua Jakarta. Sebab, ada banyak spot menarik yang bakal butuh seharian deh buat menikmatinya.

Gak bingung lagi kan mau liburan hemat kemana? Lirik aja Kota Tua Jakarta. (Editor: Ruben Setiawan)

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan