Konsumen Sudah Sadar Sembako Pasti Naik Jelang Puasa dan Lebaran

1 menit
Konsumen di Indonesia sudah berancang-ancang menghadapi kenaikan harga menjelang puasa dan lebaran. Situasi ini dianggap sudah jamak terjadi menjelang hari raya umat Islam tersebut saban tahunnya.
Fakta itu terungkap dari Survei Konsumen Bank Indonesia pada Mei 2014. Survei itu menunjukkan bahwa konsumen memperkirakan kenaikan harga masih berlanjut pada 3 bulan mendatang pasca bulan puasa dan Hari Raya Idul Fitri (Agustus 2014).
Selain itu, tekanan kenaikan harga pada 6 bulan mendatang (November 2014) diperkirakan juga masih tinggi didorong oleh kekhawatiran terhadap ketersediaan pasokan barang konsumsi dan penurunan subsidi Pemerintah.
Meski begitu, survei itu memperlihatkan keyakinan konsumen yang kembali menguat dibandingkan bulan sebelumnya. Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Mei 2014 tercatat 116,9, meningkat dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 113,9.

Konsumen Suka Cita Meski Harga Naik

Peningkatan tersebut didorong oleh menguatnya optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dan kondisi ekonomi 6 bulan mendatang. Secara tahunan, IKK Mei 2014 juga lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (112,8).
http://www.bi.go.id/id/ruang-media/info-terbaru/Pages/Survey-Konsumen-0514.aspx
Lebaran sendiri menjadi momen spesial bagi umat Islam di Indonesia. Sehingga meskipun harga sembako menjulang, mereka tetap membeli demi merayakan hari lebaran dengan penuh suka cita.
Kenaikan harga sembako sendiri sudah dianggap wajar setiap mau lebaran karena memang kebutuhan yang meningkat, sementara supply terbatas.
Akseleran
Akseleran

Akseleran adalah peer-to-peer lending platform di Indonesia yang menghubungkan UKM yang membutuhkan pinjaman untuk mengembangkan usaha dengan crowd investor yang memiliki dana lebih untuk mendanai pinjaman tersebut.