Kenali Jenis Asuransi Kesehatan Dan Metodenya Biar Ga Bingung Waktu Klaim

4 menit

Mungkin kamu sudah tahu ya, bahwa mengajukan klaim asuransi kesehatan itu jauh berbeda dengan membeli produk asuransi. Ga percaya? Coba saja kamu posting di media-media online dengan topik “Mencari asuransi kesehatan terbaik”. Kira-kira sejam kemudian, posting kamu tadi sudah dikerubuti agen asuransi dari berbagai perusahaan, bak gula ditemukan semut.

 

[Baca : Sebelum Membeli Asuransi Kesehatan, Tanyakan 10 Hal Ini]

 

Ok, satu hal yang perlu dicamkan adalah klaim asuransi kesehatan itu ga susah, asalkan sesuai dengan polisnya. Makanya, jadilah konsumen yang bijak, selalu cermati apa yang kamu tandatangani.

 

Salah satu poin paling penting yang harus kamu pahami dari polis asuransi kesehatanmu itu adalah metode klaimnya. Metode klaim  umumnya dibagi menjadi dua jenis asuransi kesehatan :

  • Cashless
  • Reimbursement

 

Dua metode tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Meski begitu tujuannya sama-sama untuk melimpahkan tagihan kesehatanmu ke perusahaan asuransimu.

 

Yuk kita bahas kedua metode itu lebih lanjut.

 

Cashless 

rtpa9

 

 

Metode cashless adalah metode dimana kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk melakukan klaim asuransi. Caranya? Ketimbang bingung, yuk kita lihat contoh yang sudah melakukan klaim asuransi dengan metode cashless.

 

Rizal, 25, mengalami kecelakaan motor yang menyebabkan tangannya patah. Maka malam itu juga, Rizal masuk ke rumah sakit yang memiliki program kerjasama dengan penyedia asuransinya.

 

Dengan asuransi cashless, Rizal hanya perlu mendaftar dengan melengkapi data diri dan menggesekkan kartu asuransinya di mesin yang disediakan. Setelah itu, Rizal bisa bernafas lega karena tidak perlu khawatir keluar uang banyak untuk perawatannya.

 

Enak ya? Eits, ada beberapa hal yang harus kamu pahami sebelum bisa membuat klaim asuransi semulus Rizal. Kita bahas ya masing-masing kekurangan dan kelebihannya.

 

(+) Tidak Perlu Keluar Uang

Metode cashless menghilangkan keharusan bagi pemegang polis untuk memiliki uang tunai yang dibutuhkan dalam keadaan darurat kesehatan seperti ini. Karena klaim dilakukan langsung di depan, maka tagihan rumah sakit sudah ditanggung oleh asuransi dari awal.

 

(+) Bisa Langsung Masuk

Bila kamu masuk rumah sakit yang sudah memiliki program kerjasama dengan penyedia asuransi, kamu bisa langsung masuk tanpa harus repot-repot melengkapi berbagai macam formulir. Tinggal melengkapi data diri, gesek kartu asuransi, dan langsung melenggang masuk.

 

Kecuali kamu mengalami kecelakaan yang mengganggu fungsi kaki, maka kamu akan masuk dengan kursi roda. Tidak bisa melenggang.

 

Tapi meskipun terdengar seperti metode paling mudah, cashless juga memiliki kekurangannya sendiri. Seperti..

 

(-) Pilihan Rumah Sakit Yang Terbatas

Bila kamu membaca dengan teliti keuntungan cashless diatas, kamu akan langsung sadar kekurangannya. Ya, tidak semua rumah sakit menyediakan fasilitas klaim asuransi cashless. Dan tidak semua yang menyediakan penyedia asuransi cashless memiliki program kerjasama dengan rumah sakit yang akan kamu tempati.

 

Reimbursement

prepagas-1

 

 

Ini adalah metode yang ada jauh sebelum sistem cashless diperkenalkan. Dengan metode tradisional ini, kamu tetap harus menanggung sendiri seluruh tagihan rumah sakitmu. Nantinya, kamu tinggal mengajukan klaim ke penyedia asuransimu dengan menyertakan seluruh bukti pembayaran tagihan.

 

Untuk contoh, ayo kita ajak Rizal kecelakaan lagi. Memang kasihan Rizal, tapi ini adalah harga yang harus dia bayar demi pemahaman semua pembaca.

 

Kali ini, dia masuk ke rumah sakit yang tidak menyediakan fitur cashless. Dengan begitu, otomatis sebelumnya Rizal harus sudah memiliki sejumlah uang darurat yang bisa Ia gunakan untuk situasi seperti ini. Dia masuk dan keluar seperti pasien pada umumnya. Ini berarti dia harus membayar tagihan rumah sakit dari koceknya sendiri terlebih dahulu.

 

Kemudian, Rizal akan menghubungi penyedia asuransinya untuk mengajukan klaim dengan menyertakan semua bukti tagihan yang dia bayar di rumah sakit. Bila diterima oleh asuransi, maka seluruh uang Rizal akan diganti.

 

Sepertinya bukan pilihan yang sulit bila dibandingkan dengan cashless yang begitu mudah. Tetapi, metode reimbursement memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, seperti..

 

(+) Tidak Terbatas Pada Rumah Sakit Tertentu

Karena fokus dari metode reimbursement adalah penggantian uang pasien yang sudah dibayarkan ke rumah sakit, maka metode ini tidak terbatas pada rumah sakit tertentu. Rizal bisa berobat di mana saja asal nantinya dia bisa menunjukkan tanda bukti pembayaran tagihan rumah sakit.

 

(-) Harus Menyediakan Biaya Darurat

Tidak seperti metode cashless, reimbursement bergantung pada kemampuan si pasien untuk membayar terlebih dahulu semua tagihan rumah sakitnya. Otomatis harus punya cadangan uang yang nantinya akan digunakan untuk membayar. Tanpa uang tersebut, pemegang asuransi ga akan bisa sampai di tahap klaim asuransi karena sudah tertahan di tagihan yang tidak mampu dibayar.

 

(-) Proses Yang Lebih Panjang

Bila dengan metode cashless tagihan otomatis ditanggung oleh asuransi tanpa proses panjang, maka reimbursement sebaliknya. Karena di awal sudah dibayar oleh pasien, maka Ia perlu mencantumkan informasi yang sangat lengkap mengenai kronologis dan tagihan yang sudah dibayar.

 

Kemudian klaim tersebut akan dicek secara menyeluruh oleh asuransi sebelum disetujui untuk diganti. Ada kemungkinan klaim asuransi gagal disetujui bila pihak asuransi menemukan kejanggalan dalam klaim.

 

706888220p

 

 

Baik dengan cashless maupun reimbursement, ada satu hal yang bisa kamu lakukan untuk memperlancar proses klaim. Pelaporan klaim yang dilakukan secepat mungkin setelah kejadian tentunya akan mempermudah proses, karena barang bukti yang dibutuhkan oleh asuransi pun masih ‘segar’.

 

[Baca : Klaim Asuransi Tak Sulit Kok, Asal Perhatikan Tips Ini!]

 

Dan jangan lupa, apapun metode yang kamu gunakan, sesuaikan dengan polis asuransi. Jangan sampai kamu mengajukan klaim yang lebih dari apa yang ditanggung dalam polis asuransimu.

 

Kalau yang ditanggung asuransi hanya biaya rawat inap alias kamar, jangan minta biaya obat diganti. Nanti malah ruwet dan ujung-ujungnya klaim ga jadi dipenuhi.

 

Apapun metode yang kamu gunakan, prioritasmu adalah kesehatanmu. Pilihlah rumah sakit dan layanan yang memberikan perawatan terbaik dan sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.

 

 

 

Image credit:

  • https://www.rakshatpa.com/images/rtpa9.png
  • http://pagina95.com/wp-content/uploads/2012/02/prepagas-1.jpg
  • http://photo.kontan.co.id/photo/2011/11/21/706888220p.jpg
MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.