Kerajaan Bisnis Ustadz Arifin Ilham, dari Air Minum Sampai Madu!

3 menit
Ustadz Arifin Ilham
Ustadz Arifin Ilham dan kerajaan bisnisnya (Instagram)

Ustadz Arifin Ilham telah meninggal dunia di salah satu rumah sakit di Penang, Malaysia, Rabu (22/5/2019) malam. Selain meninggalkan keluarganya, Ustadz Arifin Ilham juga memiliki kerajaan bisnis dengan merek Azzikra.

Sebelum menghembuskan napas terakhirnya, pemilik nama lengkap Muhammad Arifin Ilham itu telah lama terbaring sakit karena kanker nasofaring stadium 4.

Namun, almarhum pernah dinyatakan sembuh dan harus menjalani kemoterapi selama dua bulan. Hingga kondisinya drop lagi dan dibawa ke salah satu rumah sakit di Penang, Malaysia, dan meninggal dunia di sana.

Arifin Ilham merupakan ustadz kondang yang kesehariannya disibukkan dengan dakwah dan zikir di berbagai tempat.

Ayah Muhammad Alvin Faiz itu juga punya program zikir sendiri di salah satu stasiun televisi nasional.

Selain zikir, pria yang meninggal dunia di usia 49 tahun itu juga memiliki beberapa bisnis yang sebagian keuntungannya digunakan untuk membiayai aktivitas dakwahnya.

Apa saja bisnis yang digeluti almarhum Ustadz Arifin Ilham? Yuk, simak rangkumannya dari berbagai sumber berikut:

Latar belakang pendidikan di pesantren

Ustadz Arifin Ilham
Ustadz Arifin Ilham

Pria kelahiran Banjarmasin, 8 Juni 1969 itu sebelum menjadi pendakwah ternyata di masa remajanya terkenal sebagai anak nakal yang sering berkelahi dengan teman-temannya.

Siapa sangka, sekarang almarhum merupakan salah satu pendakwah ternama di Indonesia yang memiliki banyak jamaah.

Ketika kelas 2 SMP tepatnya pada tahun 1983, Arifin remaja dipindahkan orangtuanya ke Jakarta untuk menempuh pendidikan pesantren cukup modern. Pasalnya, orangtua Arifin menilai pesantren yang ada di Banjarmasin tidak ada yang modern yang sesuai harapan.

Bersama sang adik, Siti Hajar, pria yang dua kali hampir dijemput maut itu datang ke Jakarta.

Di Jakarta, Arifin beberapa kali pindah pesantren hingga menemukan sebuah pondok yang dirasa nyaman dan betah untuk memperdalam ilmu agama. Arifin mondok di Pesantren Assyafi’iyah di kawasan Matraman, Jakarta Selatan.

Baca juga: Meninggal Dunia, Ustadz Arifin Ilham Sudah Siapkan Wasiat

Dakwah dan majelis Az-Zikra

Ustadz Arifin Ilham
Ustadz Arifin Ilham berdakwah dan memiiki majelis Az-Zikra (Instagram)

Setelah memperdalam ilmu agama di pesantren, Arifin melanjutkan kuliahnya di Universitas Nasional Jakarta jurusan Hubungan Internasional. Di sinilah bakat Arifin semakin berkembang. Mulai dari jago pidato, ceramah dan ilmu agama.

Pada tahun 1997, Arifin mengenalkan sebuah majelis taklim bernama Az-Zikra di Depok. Namun, pada 2009, dia memindahkan majelis itu ke kawasan Sentul, Kabupaten Bogor. Selain itu, almarhum bersama keluarganya juga menetap di sana.

Baca juga: Capai Rp 100 Juta per Bulan! Ini Rincian Biaya-Biaya Pengobatan Kanker

Bisnis air minum

Ustadz Arifin Ilham
Ustadz Arifin Ilham memiliki bisnis air minum (Instagram)

D bawah majelis taklim Az-Zikra, Arifin mengembangkan bisnisnya. Salah satunya, air minum dalam kemasan dengan merek Azzikra yaitu air alkaline ionized water atau air yang dihasilkan melalui proses ionisasi dengan sistem ultrafiltrasi memakai ultraviolet.

Proses ionisasi ini juga membuat pH air menjadi alkali sehingga disebut sangat baik untuk kesehatan. Air ini diklaim bisa mengatasi penyakit maag, asam urat, hingga mengeluarkan toksin.

Selain bisa dibeli di lokasi majelis Az-Zikra, air minum ini juga bisa diperoleh di marketplace. Banyak orang yang menjual minuman ini secara online. Harga per botolnya dibanderol Rp10.000.

Bahkan air Azzikra ini menjadi langganan istana. Beberapa kali dalam rapat kabinet di Istana, air kemasan Azzikra selalu tersedia.

Saat Presiden Jokowi blusukan di Bogor, dia beberapa kali selalu menggenggam air minum Azzikra. Bahkan, saat menjamu Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pun ada air Azzikra di atas meja.

Kembangkan bisnis madu

Ustadz Arifin Ilham
Ustadz Arifin Ilham mengembangkan bisnis madu (Instagram)

Selain bisnis air mineral, Arifin Ilham juga sejak 2015 mengembangkan bisnis madu yang saat ini sudah banyak agennya. Sejumlah ustadz kondang lainnya menjadi agen bisnis madu Azzikra ini.

Arifin Ilham mengungkapkan, menjadi ustadz bukan mencari rezeki dari aktivitasnya berdakwah. Dia lebih memilih mengembangkan usahanya itu agar terhindar dari permintaan tarif saat berdakwah.

Madu Azzikra tersebut dibanderol mulai dari Rp75.000 dan bisa didapatkan di majelis Azzikra dan via online.

Arifin mengatakan, meski bisnis madu Azzikra ini punya agen, namun bisnis tersebut bukan multilevel marketing atau MLM.

Itulah kerajaan bisnis yang dikembangkan almarhum Ustadz Arifin Ilham. Semoga amal ibadah almarhum diterima di sisi-NYA, amin.

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan