Mau Liburan Sambil Kerja Saat di Bali? Manfaatkan 5 Coworking Space Ini

5 menit
Kerja di Bali di coworking Dojo Bali (Instagram/@dojobali)

Kerja di Bali menjadi impian masyarakat perkotaan. Pasalnya, Bali memiliki suasana yang tenang dan nyaman sebagai salah satu tempat menuangkan produktivitas.

Kerja di Pulau Dewata serasa liburan setiap hari. Pusing sedikit, tinggal pergi ke pantai, karena dekat.

Atau, kalau lapar bisa langsung ke kafe-kafe yang menawarkan makanan khas di sana. Dijamin betah deh berlama-lama, meski pekerjaan terus menghampiri.

Buat kamu para freelancer atau pengusaha startup skala kecil yang pengin merasakan sensasi kerja di Bali, bisa banget kok! Banyak kafe-kafe yang bisa kamu manfaatkan sebagai tempat bekerja. Jadi bisa kerja sambil kulineran, atau sekadar ngopi-ngopi cantik.

Tapi, kalau di kafe mungkin waktumu terbatas. Belum lagi, kamu harus membayar pesanan yang tentunya harganya gak murah.

Solusinya, buat kamu yang mau kerja di Bali dengan bujet murah, manfaatkan coworking space yang tersedia.

Berikut, beberapa rangkuman coworking space yang bisa kamu sewa per hari atau bahkan per bulan:

1. Hubud

Hubud (Instagram/@hubudbali)
Hubud (Instagram/@hubudbali)

Dari namanya pasti kalian sudah tahu letaknya di mana. Coworking space satu ini tertelak di Ubud yang terkenal dengan ketenangannya.

Hubud didirikan tiga orang ekspatriat Steve Munroe, Peter Wall, dan John Alderson. Ide ini tercetus karena ketiganya melihat Bali sebagai pulau yang sangat cocok untuk liburan sekaligus bekerja.

Hubud bisa dibilang sebagai coworking space pertama di Bali yang didirikan pada tahun 2013 silam.

Memiliki desain yang unik dan diselaraskan suasana di Ubud, pihak pengelola menggunakan bambu sebagai material utama bangunan.

Tanpa menghilangkan suasana asri khas Ubud, Hubud mengusung desain area terbuka, sehingga udara segar pun sangat terasa.

Dilengkapi dengan Wi-Fi supercepat, area meeting, kantin, dan loker superaman, Hubud beroperasi selama 24 jam.

Biaya menyewa coworking space yang berlokasi di Jalan Monkey Forest, Ubud, Gianyar, Bali ini berkisar Rp 220 ribu per 24 jam.

Tapi, kalau kamu mau menyewa selama satu bulan dengan fasilitas yang super lengkap seperti IT services kamu harus merogoh kocek Rp 2,9 juta.

2. Dojo Bali

Dojo Bali (Instagram/@dojobali)
Dojo Bali (Instagram/@dojobali)

Terletak hanya berada sekitar satu menit berjalan kaki dari Echo Beach Canggu, Bali, Dojo merupakan alternatif bagi para pekerja nomaden untuk mencari suasana bekerja yang baru dan mampu membangkitkan produktivitas.

Bagaimana tidak, kalau kamu ke sini, kamu bakalan merasa nyaman banget deh! Dijamin meski beban kerja menumpuk, tapi pikiran tetap enjoy.

Dilihat dari lama resmi Dojo, coworking space satu ini memliki konsep ruangan yang terbuka dan didominasi dengan furnitur berbahan dasar kayu. Desain tersebut membuat suasana di Dojo semakin asri dan natural, berbeda sekali dengan suasana di perkotaan.

Tersedia juga kolam renang kecil yang bisa kamu nikmati sebagai salah satu fasilitas. Kalau bosan menghadap laptop berjam-jam, bisa langsung nyemplung aja, dijamin badan jadi segar dan siap melanjutkan pekerjaan lagi.

Sama halnya seperti coworking space lain, Dojo juga dilengkapi dengan Wi-Fi berkecepatan 300Mbps.

Untuk bisa menikmati pengalaman bekerja yang superdamai di sini, kamu perlu merogoh kocek Rp 220 ribu per 24 jam. Kamu juga bisa berlangganan per bulannya unlimited dengan membayar Rp 2.900.000.

Di sini juga tersedia kafe yang menawarkan beragam menu sehat. Kalau kamu lapar, gak usah bingung-bingung keluar Dojo, pesan saja langsung dan menanti menu makanan diantar ke mejamu.

3. Kembali

Kembali (Instagram/@kembalihub)
Kembali (Instagram/@kembalihub)

Kembali menawarkan coworking space yang bernuansa Bali banget, meski kamu benar-benar sudah berada di Pulau Dewata.

Dari pintu masuk saja, kalian akan disambut beberapa desain mural di tembok yang menggambarkan kesenian Bali seperti gambar penari kecak misalnya.

Terletak di kawasan Seminyak, Kembali beroperasi penuh selama 24 jam bagi para member-nya.

Bangunanya sangat besar dan luas dengan tiga lantai. Dindingnya didominasi kaca, sehingga memungkinkan cahaya sinar matahari masuk menerangi ruangan.

Ada juga ruang outdoor yang bisa kamu manfaatkan jika bosan bekerja di dalam ruangan. Semakin rindang dengan pohon-pohon yang bediri tegak di samping-sampingnya.

Dijamin ide-idemu yang terpendam bakal keluar semua kalau kerja dengan suasana adem, teduh, dan tenang seperti di sini.

Kalau mau bekerja di sini, kamu bisa kok membayar untuk per jam per hari atau per bulan, tergantung dari kebutuhanmu.

Per jamnya, biaya yang dipatok Rp 20 ribu, sementara per hari alias 24 jam Rp 100 ribu. Kalau dirasa kamu butuh tempat lama selama satu bulan biayanya Rp 1,5 juta.

4. Outpost

Selain Hubud, Outpost (www.outpost-asia.com)

coworking space lain yang ada di wilayah Ubud adalah Outpost. Outpost memiliki area lumayan luas dengan kapasitas lebih dari 50 orang.

Ruang kerjanya pun tersedia dalam beragam pilihan, salah satu yang favorit adalah ruangan terbuka yang menghadap langsung ke lembah hijau khas Ubud. Dijamin kalau kamu bekerja di sini jadi semakin produktif dan gak bosan.

Tersedia juga ruang seminar dan ruang rapat yang bisa kamu sewa sewaktu-waktu untuk beragam event seperti diskusi, atau pertemuan bisnis lainnya.

Gak cuma menyediakan ruang kerja saja, mereka juga menyediakan kamar yang bisa kamu manfaatkan untuk menginap, dengan fasilitas lengkap seperti Wi-Fi dan kolam renang.

Outpost gak cuman ada di Ubud, mereka punya cabang di Canggu, dan negara tetangga, Kamboja. Untuk menikmati bekerja dengan suasana tenang ala Ubud di Outpost, kamu harus merogoh kocek sebesar Rp 220 ribu per hari.

Dengan biaya segitu, fasilitas yang bisa kamu dapatkan adalah Wi-Fi super cepat, dan akses kolam renang. Ada juga kafe yang menjajakan beragam makanan dan minuman untuk menemani hari-hari kerjamu.

Lokasi Outpost berada tepat di Jalan Raya Nyuh Kuning Mas, Ubud, Gianyar, Bali.

5. Tropical Nomad

Tropical Nomad (Instagram/@tropicalnomadcanggu)
Tropical Nomad (Instagram/@tropicalnomadcanggu)

Kerja di Bali bukan hanya sekadar mimpi. Mengerjakan segudang tanggung jawab sambil menikmati suasana tropis, terik matahari khas pinggir pantai bisa kamu nikmati di Tropical Nomad.

Coworking space yang satu ini letaknya ada di Canggu, Kuta Utara. Suasana di negara tropis pun terasa berkat interior yang didominasi warna putih nan minimalis.

Fasilitasnya lengkap, ada mesin fotokopi, scanner, dan tentunya Wi-Fi berkecepatan tinggi. Biar makin enjoy, kamu juga bisa memesan secangkir kopi yang tersedia di kafe.

Harganya untuk per 24 jam, kamu hanya perlu membayar Rp 180 ribu dengan fasilitas Wi-Fi, ruang privasi untuk video conference, serta mesin print.

Kalau kamu merencanakan untuk bertahan lebih lama, atau mau menyewa selama satu bulan unlimited kamu perlu merogoh kocek Rp 2.700.000.

Itulah lima rekomendasi coworking space yang ada di Bali yang bisa kamu manfaatin. Bagi kamu yang sudah terbiasa bekerja di Jakarta, kerja di Bali merupakan salah satu cara untuk menghilangkan kepenatan, namun tetap produktif.

Keuntungan lain yang bisa kamu peroleh adalah, bisa memperluas jaringan. Di sana, kamu pasti bakalan bertemu dengan orang-orang dari berbagai negara, jadi bisa meningkatkan skill sosialisasi kamu deh! (Editor: Chaerunnisa)

 

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan