Selain Gajinya Miliaran Rupiah, Ini 8 Alasan Kerja di Google Jadi Pilihan Terbaik

4 menit
Kerja di Google adalah impian setiap orang (Shutterstock).

Banyak orang di dunia ini yang berharap bisa kerja di Google. Alasannya, gaji yang diberikan perusahaan teknologi ternama di dunia ini sangat besar buat ukuran orang Indonesia.

Seperti yang diberitakan Kompas, rata-rata gaji yang diterima karyawan yang kerja di Google per tahunnya bisa mencapai US$ 121 ribu atau Rp 1,72 miliar. Itu berarti rata-rata gaji yang diterima karyawan Google per bulannya mencapai Rp 144 jutaan lho. Besar banget ya?

Gak mengherankan kalau banyak orang yang pengin kerja di Google karena tawaran tersebut. Ini masih ditambah dengan tunjangan yang diterima karyawan, peluang mengembangkan karier, hingga kesempatan memberi kontribusi buat banyak orang.

Udah gitu Google dikenal sebagai perusahaan yang mendorong karyawannya menghabiskan banyak waktu buat mengejar ide-ide inovatif yang kepengin mereka wujudkan. Bisa dibilang hampir semua yang diharapkan karyawan bisa ditemukan di Google.

Selain karena gaji dan keuntungan-keuntungan yang udah disebutkan tadi, ada beberapa alasan kenapa kerja di Google menjadi pilihan yang terbaik. Apa aja alasan-alasan tersebut? Simak yuk dalam ulasan berikut ini seperti yang dikutip dari Investopedia.

Baca juga: Selain Diplomat, 7 Prospek Kerja Lulusan Hubungan Internasional Ini Bisa Kamu Pilih

1. Setiap karyawan menerima layanan kesehatan yang memadai

Kerja di Google
Mendapatkan layanan kesehatan yang memadai (Shutterstock).

Sebagai perusahaan teknologi yang terbesar di dunia, Google gak tanggung-tanggung dalam memberi layanan kesehatan buat karyawannya. Agar karyawannya tetap sehat dan bahagia, Google menyediakan dokter, perawat, hingga fasilitas-fasilitas kesehatan lainnya.

Terus setiap karyawan dilindungi asuransi dan bantuan darurat ketika berlibur atau berpergian terkait urusan pekerjaan.

2. Google memberlakukan cuti orang tua

Kerja di Google
Seorang ayah tengah bermain dengan anaknya (Shutterstock).

Setiap karyawan Google yang berstatus sebagai orang tua atau baru menjadi orang tua berhak atas cuti orang tua. Jumlah cuti ini sebanyak 18 minggu buat pegawainya yang berstatus ayah. Sementara pegawainya berstatus ibu mendapat 22 minggu cuti.

Google diketahui begitu peduli dengan karyawannya yang menjadi orang tua. Karena itu, Google menawarkan opsi daycare atau penitipan anak.

Baca juga: Awalnya Kerja di Majalah dan Karyawan Biasa, Wanda Hara Kini Stylist Papan Atas

3. Adanya tunjangan kematian bagi keluarga karyawan

Kerja di Google
Adanya tunjangan kematian untuk keluarga karyawan (Shutterstock).

Kepedulian Google juga ditunjukkan dengan adanya tunjangan kematian yang diberikan kepada keluarga karyawan. Seandainya ada karyawan Google yang meninggal, keluarganya bakal menerima cek sebesar 50 persen dari gaji karyawan tersebut setiap tahun selama 10 tahun.

Selain itu, Google juga memberi US$ 1.000 atau Rp 14 jutaan kepada anak-anak yang ditinggalkan orang tuanya. Uang tersebut terus diberikan hingga anak-anak mencapai usia 19 – 23 tahun.

4. Perhatian pada pendidikan yang dikenyam karyawannya

Kerja di Google
Memperhatikan pendidikan karyawannya (Shutterstock).

Perhatian Google pada pendidikan yang dikenyam karyawannya ditunjukkan dengan adanya Global Education Leave program atau program Cuti Pendidikan Global.

Berkat cuti ini, karyawan Google dimungkinkan buat melanjutkan pendidikan. Enaknya lagi semua pendidikan ditanggung Google.

Baca juga: Udah Gak Zaman Cuma Kerja Keras! Saatnya Kerja Cerdas dengan 6 Langkah Ini

5. Prospek karier ke depannya jadi lebih cerah berkat kerja di Google

Kerja di Google
Prospek karier jelas setelah bekerja di Google (Shutterstock).

Reputasi yang telah diterima Google sebagai perusahaan teknologi internasional turut memengaruhi karier karyawannya ke depannya. Kalau ada karyawan yang memutuskan keluar dari Google, bisa dipastikan peluangnya bakal besar buat mendapat pekerjaan baru.

6. Karyawan berpeluang besar jadi kreatif dan inovatif

Kerja di Google
Berpeluang menjadi karyawan yang kreatif (Shutterstock).

Cuma kandidat yang terbaik dan tercerdas yang berpeluang diterima kerja di Google. Karena itulah, seseorang yang berkarier di Google berpeluang makin kreatif dan inovatif. Sebab mereka dikelilingi orang-orang cerdas lainnya.

7. Google tawarkan karyawannya lingkungan kerja yang paling inovatif

Kerja di Google
Google tawarkan karyawannya lingkungan kerja yang paling inovatif (Shutterstock).

Enaknya kerja di Google adalah lingkungan kerjanya yang inovatif. Google sangat mendukung inovasi-inovasi yang muncul dari karyawannya.

Makanya Google mendorong karyawannya buat menghabiskan 20 persen waktunya buat melahirkan ide-ide inovatif yang mereka sukai. Asal tahu aja nih, Google News, Google Alerts, dan Google Maps Street View lahir dari prinsip ini.

Baca juga: Gaji Pas-pasan, 4 Pekerjaan Sampingan Ini Bisa Dongkrak Kesejahteraan Buruh

8. Google membiarkan karyawannya membawa hewan peliharaannya ke tempat kerja

Kerja di Google
Boleh membawa hewan peliharaan (Shutterstock).

Kebijakan ini pastinya sangat disukai para karyawan yang punya hobi memelihara hewan. Demi menjaga semangat kerja karyawannya, Google membolehkan karyawannya buat membawa hewan peliharaan mereka ke tempat kerja.

Itulah kedelapan alasan kenapa kerja di Google menjadi pilihan yang terbaik. Namun, perlu di garisbawahi diterima kerja di Google bukanlah perkara gampang. Kalau gak pintar banget, jangan coba-coba deh. (Editor: Winda Destiana Putri).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!