Pengin Bekerja di Luar Negeri? Perhatikan 5 Hal Ini agar Bisa Survive

4 menit
kerja di luar negeri
Pengin Bekerja di Luar Negeri? Perhatikan 5 Hal Ini agar Bisa Survive, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kerja di luar negeri bisa menjadi mimpi sebagian orang yang lagi mencari peruntungan dan sukses di sana. Beberapa alasannya karena upah gaji yang terbilang lebih tinggi dibandingkan di sini dan kualitas hidup sangat menjamin. Tapi apakah mimpi tersebut bukan tanpa tantangan sedikitpun? Yuk kita simak ulasannya.

Mencari pekerjaan yang tepat buat diri kita tentu gak semudah membalikkan telapak tangan. Semua itu butuh proses dan waktu yang gak sebentar buat mewujudkannya. Namun gak sedikit fresh graduate atau yang udah berpengalaman mencari jalan pintas dengan mengadu nasib di negeri orang.

Semua jalan yang kita pilih pasti memiliki konsekuensi masing-masing, termasuk mencari pekerjaan di luar negeri. Gaya hidup yang berbeda, jauh dari orang terdekat dan biaya hidup lebih mahal terkadang lupa buat jadi pertimbangan.

Mending kalau belum sampai di negara tujuan, kalau udah keburu tanda tangan kontrak dan sampai di sana masalahnya bisa tambah rumit ya kan?

Daripada berlama-lama lagi langsung aja nih kita kasih 5 hal yang mesti diperhatikan ketika kamu memutuskan buat mengadu nasib di luar negeri agar tetap bisa survive berikut ini.

Baca juga: 4 Profesi Seru dan Paling Menjanjikan untuk Kamu Generasi Milenial

1. Kerja di negera orang butuh adaptasi lingkungan yang baik

kerja di luar negeri
Saat memutuskan buat bekerja di negara orang, kamu mau gak mau mesti beradaptasi nih, (Ilustrasi/Pixabay).

Sebagai makhluk sosial kebutuhan kita yang paling utama ialah berkomunikasi dengan orang lain. Setiap pribadi memiliki kemampuan beradaptasi yang cepat maupun lambat, tergantung karakter dan watak kita masing-masing.

Diluar aspek materiil, kemampuan buat beradaptasi dengan lingkungan terutama rekan kerja dan klien bisa menjadi kunci utama. Apakah kamu bisa bertahan atau gak buat sebuah penyesuaian.

Bukan hanya di lingkungan kerja tapi juga di tempat kamu tinggal nanti. Semua hal itu bakal mempengaruhi produktivitas kerja kamu.

Buat yang memiliki kepribadian introvert mungkin agak sedikit memakan waktu buat beradaptasi. Tapi jangan takut, karena dengan sendirinya nanti kamu bakal terbiasa berkenalan dengan orang baru.

Baca juga: Hati-Hati! 5 Gaya Kepemimpinan Ini Berbahaya Buat Kemajuan Perusahaan

2. Komitmen penuh atas bidang pekerjaan yang dijalani

Kerja di luar negeri
Memiliki komitmen saat bekerja di negara orang itu sangat penting lho, (Ilustrasi/Pixabay).

Sedikit berbeda kalau kita memilih pekerjaan di kota asal, memilih kerja di luar negeri melalui pertimbangan yang matang. Karena jika kita cuma sekedar coba-coba karena gajinya gede dijamin bakal jadi masalah kedepannya.

Sebab gak gampang mencari pekerjaan lain di negara orang. Udah susah mencari lowongan, belum lagi kalau keterima di kota lain dan kamu mesti mengurus izin bekerja ke instansi terkait. Jadi butuh waktu lebih kan? Intinya kamu harus memiliki berkomitmen pada keputusan yang telah diambil.

Baca juga: Udah Gak Zaman Cuma Kerja Keras! Saatnya Kerja Cerdas dengan 6 Langkah Ini

3. Pilih lokasi yang tepat

Kerja di luar negeri
Pilih lokasi yang tepat ya saat memutuskan buat bekerja jauh dari negara mu, (Ilustrasi/Pixabay).

Latar belakang seseorang pengin kerja di luar negeri bisa terjadi karena kekagumannya terhadap negara tertentu. Contohnya mungkin kayak ke Jepang karena dari kecil selalu menonton kartun atau anime asal Negeri Bunga Sakura tersebut.

Selain karena hal itu kamu juga perlu memikirkan jauh dekatnya suatu negara tujuan karena ongkos transportasi pesawat yang gak murah. Bila terlalu jauh sialnya kamu jadi jarang pulang ke rumah pada momen hari raya atau tahun baru.

Waktu berkumpul bersama keluarga dan teman dekatpun yang jadi korbannya. 

4. Hitung biaya hidup negara tujuan

kerja di luar negeri
Perhatikan biaya hidup di sana ya saat memutuskan kerja di negara orang, (Ilustrasi/Pixabay).

Jangan cuma gaji aja yang kamu perhitungkan, tapi biaya hidup juga sangat krusial dalam menunjang kehidupan kamu di sana. Kan percuma kalau ternyata biaya hidupnya mahal, gaji bisa abis karena memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sebaiknya sebelum memulai kerja di luar negeri cari informasi di internet atau media sosial tentang berapa sih perkiraan biaya hidup dalam sebulan di suatu negara. Sekarang gak susah kok mencari info mengenai hal kayak gitu

5. Mengetahui prospek perusahaan kedepannya

Kerja di luar negeri
Sebelum memutuskan buat pergi dari negara kamu buat bekerja di negeri orang, kamu mesti pertimbangkan prospek perusahaan, (Ilustrasi/Pixabay).

Hal terakhir yang gak kalah penting buat dipertimbangkan kerja di luar negeri adalah mengetahui prospek perusahaan kamu tempati nanti. Ini sangat berguna buat menghindari Pemutusan Hubungan Kerja yang mungkin aja sewaktu-waktu terjadi.

Kamu bisa menelusuri sejarah perusahaan tersebut berdiri dan rekam jejaknya seperti apa di bidang yang dijalani selama ini. Apakah korporasinya selalu menguntungkan atau tidak. Dan kedepannya industri yang menjadi andalan masih bisa diandalkan buat masyarakat.

Walaupun gak ada jaminan pasti namun paling gak kamu mencoba meminimalisir risiko tersebut.

Nah, itu dia 5 tips bagi kamu yang pengin kerja di luar negeri agar tetap bisa bertahan dalam perbedaan budaya. Buat kamu yang suka tantangan, mencari rezeki di negera lain bisa menjadi pilihan selama memperhatikan hal-hal yang telah dibahas tadi. Tetap semangat! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1