6 Profesi Ini Nyaris Gak Pernah Kerja di Pagi Hari, Apa Aja Sih?

3 menit
Kerja Malam Dilakoni para Pekerja Disk Jockey (Shutterstock).
Kerja Malam Dilakoni para Pekerja Disk Jockey (Shutterstock).

Buat sebagian orang, kerja malam tentu gak produktif karena malam adalah waktunya istirahat dari aktivitas yang melelahkan. Tapi nyatanya, jam kerja ini masih cukup efektif kok buat mereka yang sulit bangun pagi.

Sejatinya, kapanpun jam kerjanya, tujuannya tetap sama yaitu cari nafkah. Setuju gak?

Sebelumnya, MoneySmart pernah membahas seputar deretan pekerjaan yang umum dipilih bagi mereka yang gak bisa bangun pagi. Tapi jangan salah, beberapa pekerjaan yang sebelumnya dibahas, masih ada shift paginya. 

Beberapa profesi yang dijelaskan di bawah ini, justru bakal memaksa orang untuk kerja di malam hari lho. Mau gak mau, suka gak suka, ya sudah pasti kerjanya gak bakal pernah di siang hari. 

Kalaupun ada di pagi hari, pasti jarang banget. Atau mungkin hampir gak pernah. Mau tahu apa saja? Yuk baca ulasannya.

1. Bartender

Kerja Malam
Bartender (Shutterstock).

Peracik minuman di bar ini sudah pasti bakal sering kerja malam, lantaran bar atau lounge memang ramai di malam hari. 

Akan tetapi, jadi bartender bukan cuma harus modal kuat begadang lho. Mereka juga harus memiliki pengetahuan umum seputar teknik pouring (penuangan), teknik stirring (pengadukan), dan teknik shaking (kocok minuman).

Dan bartender itu sendiri ada sekolahnya lho, sama seperti barista (peracik kopi). Tertarik mencoba?

2. Teknisi studio rekaman

Kerja Malam
Studio rekaman (Pixabay).

Nah profesi ini juga bakal dituntut untuk kerja malam lho. 

Dari semalam suntuk, operator studio harus bekerja untuk membantu klien yang ingin membuat rekaman. Mereka juga harus sabar ketika menatap grafik rekaman di monitor.

Kenapa harus malam hari? Karena klien-klien mereka yaitu anak band, umumnya memulai proses rekaman di malam hari hingga pagi.

Musik memang identik dengan dunia malam. Mereka yang “cuma hobi” ngeband pun, hanya ada waktu di malam hari atau usai ngantor untuk latihan dan rekaman.

Memang sangat melelahkan sih, dan yang bisa mengemban tugas ini hanya mereka yang suka musik. 

3. Musisi kafe

Kerja Malam
Musisi (Pixabay).

Nah profesi ini adalah rekannya teknisi studio rekaman. Berhubung kerjaannya adalah ngamen di kafe, maka hampir mustahil bagi mereka untuk manggung siang hari.

Kafe atau lounge-lounge yang ada di Jakarta umumnya menampilkan live music di malam hari bukan? 

Jadi kalau memang gak kuat begadang, mending jangan pilih profesi ini ya. Jadi owner studio band saja jika kamu ada modal.

4. DJ

Kerja Malam
DJ (Shuterstock)

Judulnya saja sudah DJ alias disc jockey dan kerjanya sudah pasti di klub-klub malam untuk menghibur orang-orang yang lagi party.

Kalau kamu ingin jadi DJ tapi gak mau kerja malam, mendingan buat lagu saja dan sebar di Soundcloud, Youtube, dan lainnya.

Promokan dirimu juga via media sosial. Tapi kalau nanti sudah tenar, pastinya bakal disuruh manggung di malam hari juga sih.

5. Nelayan

Kerja Malam
Nelayan (Pixabay).

Para pencari ikan ini harus mengandalkan angin untuk melaut, nah oleh karena itulah mereka lebih sering pergi ke laut di malam hari. 

Tapi profesi yang satu ini tentunya lebih ideal bagi mereka yang tinggal di dekat pesisir pantai lho ya. Kalau yang di perkotaan jelas gak bisa.

6. Petugas konstruksi perbaikan jalan

Kerja Malam
Petugas konstruksi jalan (Pixabay).

Petugas konstruksi itu macam-macam, ada yang shift pagi dan ada juga yang kerjanya di malam hari. 

Khusus bagi mereka yang menangani reparasi jalanan, rata-rata harus bekerja di malam hari. Mengapa demikian, karena tentunya jika di pagi atau siang hari mereka bekerja, lalu lintas bakal terganggu.

Tapi gak jarang juga sih proyek-proyek tersebut dikerjakan di pagi atau siang hari. Terutama kalau sudah menyangkut pembangunan infrastruktur.

Itulah enam profesi yang menuntut seseorang harus kerja malam tiap hari. Mungkin beberapa di antara kamu ada yang bertanya mengapa petugas, customer care, dan wartawan news gak masuk di sini.

Jawabannya mudah, tiga profesi itu kerjanya dengan menggunakan shift. Dan dalam satu minggu, mereka semua punya shift pagi yang sebanding dengan shift malam.

Kalau enam mata pencaharian di atas, bisa dipastikan seminggu full kerja malam lho. Kira-kira adakah dari kamu yang mengemban salah satu profesi ini? (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.