Gak Cuma dari Dunia Seni, Deretan Artis Ini Makin Tajir Lewat Kerja Sampingan Lho!

4 menit
Justin Timberlake (Shutterstock).

Kalau kamu mendengar nama artis mancanegara, pasti kamu sudah membayangkan betapa tajirnya mereka. Semua kesuksesannya diraih dari bakat yang mereka miliki melalui seni tarik suara maupun seni peran. Tapi ternyata, banyak lho artis yang memiliki kerja sampingan.

Sudah tajir dari seni, mereka tambah tajir dari kerja sampingan. Emang gak ada salahnya sih, siapa tahu penghasilan mereka dari dunia seni masih kurang. Atau mungkin kerja sampingan itu buat modal mereka di hari tua nanti. Jadi lebih tenang deh menyambut masa pensiun.

Kerjaannya pun beragam, ada yang mendirikan usaha sendiri, jadi desainer produk fashion, atau bahkan mendirikan startup. Semua dijalankan berbarengan dengan padatnya aktivitas mereka di dunia seni.

Kamu penasaran? Siapa saja artis mancanegara yang punya kerja sampingan? Yuk simak deretannya dikutip dari more.com.

Baca juga: Mengenal Sosok Nilam Sari, Wanita Tangguh Dibalik Suksesnya Kebab Baba Rafi

1. Mark Wahlberg

Mark Wahlberg (Instagram).

Kepiawaian akting bintang film TED ini gak perlu diragukan lagi. Beragam penghargaan telah ia sabet, salah satunya MTV Movie Award. Tapi siapa sangka kalau Mark punya kerjaan sampingan, sebagai bos restoran alias pengusaha.

Ia dan saudaranya membuka sebuah restoran dan bar yang diberi nama Wahlburgers. Dibuka pada tahun 2011 di Massachuset. Dari namanya kamu pasti sudah tahu kan produk andalannya apa. Ya, restoran ini memiliki sajian khas burger, yang disesuaikan dengan pasar orang Amerika yang memang doyan makan burger.

Dikutip dari laman resmi Wahlburgers, restoran ini telah mengalami banyak kemajuan. Kini mereka telah membuka cabang di 19 negara bagian Amerika Serikat dan beberapa di antaranya menggunakan food truck khas berwarna hitam hijau.

2. Jessica Alba

Jessica Alba (Instagram).

Jessica Alba memiliki bisnis produk-produk rumah tangga yang biasa digunakan sehari-hari. Seperti sabun, deterjen, dan cairan pembersih lantai, hingga popok. Tapi bukan sembarangan produk, produk buatannya ini ternyata sangat ramah bayi.

Ide bisnisnya ini muncul di tahun 2011, kala itu selebriti yang juga mempunyai dua orang anak ini sangat mengkhawatirkan produk-produk rumah tangga yang bisa menyebabkan alergi pada anaknya. Oleh karena itu, ia membangun sebuah bisnis The Honest Company yang berfokus pada produk ramah anak.

Di tengah rutinitasnya sebagai pekerja seni, kerjaannya ini ternyata terus ia lakoni dengan tekun. Terbukti pada tahun 2015 lalu, The Honest Company mendapatkan keuntungan penjualan mencapai US$ 150 juta atau sekitar Rp 2 triliunan dan perusahaan tersebut kini telah bernilai US$ 1 miliar.

Waw jadi dijamin deh, kerjaan sampingan Alba selain jadi bintang layar kaca ini bisa menjamin masa depannya jika pensiun nanti.

Produk The Honest Company bisa didapatkan melalui online dan di beberapa pusat ritel seperti Whole Foods.

Baca juga: Belajar Kesuksesan Berbisnis dari Sosok Rika Hardjosuwarno, Pemilik Kembang Kencur

3. Beyonce

Beyonce (Instagram).

Siapa yang gak tau penyanyi top internasional yang satu ini. Selain berhasil menjual 160 juta kopi karyanya, Beyonce ternyata juga sukses kerja sampingan berjualan pakaian.

Ya, penyanyi asal Amerika Serikat ini sukses berjualan pakaian olahraga yang diberi brand Ivy Park. Ivy Park didirikan pada tahun 2016, berkat kerja sama antara sang diva dengan Topshop. Produk andalannya ada legging, sport bra, jaket, dan hoodie.

Ivy Park kini memiliki banyak toko dan outlet di Eropa dan Amerika Serikat, di Indonesia sendiri kamu bisa menemukannya di website Zalora.

4. Jay-Z

Jay-Z (Shutterstock).

Gak mau kalah nih sama istrinya yang punya kerja sampingan dagang fashion olahraga, Jay-Z yang dikenal sebagai rapper andal ini juga punya kerja sampingan. Gak cuman komat-kamit nyanyi cepet di panggung-panggung, Dia ternyata juga punya brand sendiri yaitu Klub 4040.

Klub yang berdiri sejak tahun 2003 di distrik Manhattan ini merupakan sebuah bisnis miliknya yang mewadahi beragam industri kreatif. Ada label rekaman, layanan streaming, pakaian, hingga event organizer, serba ada deh.

Wah penghasilan Beyonce sama Jay-Z kalau hanya mengandalkan pendapatan dari kerja sampingan kayaknya juga gak habis-habis, aman lah masa depannya kalau pensiun di karier bermusik.

Baca juga: 6 Bedak Tabur Murah yang Cocok Untuk Kantong Mahasiswa, Bikin Kamu Makin Cantik

5. Justin Timberlake

Justin Timberlake (Instagram).

Mantan anggota Boyband NSYNC ini dikenal memiliki banyak kerja sampingan. Tahun 2011 contohnya ia pernah menginvestasikan hartanya di MySpace hingga diangkat sebagai creative director.

Kemudian kini ia gak cuman sibuk ngurus MySpace dan nyanyi dari satu panggung ke panggung, negara ke negara, benua ke benua, Ia juga punya kerja sampingan sebagai pemilik restoran di New York. Nama restorannya Southern Hospitality, menu andalannya steak BBQ.

Saat ini, kerja sampingan yang dilakoninya ini sudah punya 4 cabang di Amerika Serikat.

Hebat ya artis-artis ini! Meskipun disibukkan dengan dunia seni, mereka tetap mau kerja sampingan. Selain itu, walaupun udah tajir, tapi mereka tetap berambisi untuk mencari pundi-pundi tambahan dari beragam kerjaan.

Bisa juga nih dijadiin motivasi buat kamu-kamu yang udah sukses sebagai karyawan, coba deh ikuti jejak mereka terjun ke kerja sampingan. Siapa tahu ya duit kamu jadi tambah banyak. Lumayan buat pegangan di masa tua. (Editor: Winda Destiana Putri).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan