Lebaran Gak Mudik? Yuk Cari Tambahan Lewat 5 Kerja Sampingan Ini

4 menit
kerja sampingan
Kerja sampingan saat Lebaran. (Shutterstock)

Momen lebaran ternyata juga bisa mengundang pundi-pundi tambahan bagi pelaku kerja sampingan. Asal pintar membaca situasi dan kesempatan, ada banyak pekerjaan yang bisa kamu lakukan.

Kalau kamu nganggur, gak pulang ke kampung halaman, dan sudah mendapatkan libur lebaran dari kantor, gak ada salahnya untuk mengisi hari-harimu dengan kegiatan bermanfaat. Misalnya adalah dengan mengambil sampingan yang menghasilkan tambahan uang. Daripada hari liburmu cuma diisi tidur-tiduran doang kan sayang banget.

Berikut ini kita kasih rekomendasi lima kerja sampingan yang pas buat kamu yang lagi butuh duit tambahan jelang lebaran.

Baca juga: 18 Usaha Sampingan dengan Modal Rp 2 Jutaan Ini Dijamin Menguntungkan

1. Kerja sampingan sopir

kerja sampingan
Nyupirin tetangga yang mau mudik? kenapa nggak? (Pexels)

Mungkin bukan hanya mobil sewaan saja yang bakal kebanjiran orderan saat jelang lebaran, sopir pribadi juga bakal kebanjiran job lho. Yang bikin kerjaan sampingan ini laris manis adalah karena kondisi jalanan rute mudik yang sudah terkenal banget macetnya. Kemacetan tersebut gak tanggung-tanggung. Bahkan gak jarang membuat pemudik terjebak hingga belasan jam. Tentunya siapa saja gak mau dong menghadapi kondisi seperti itu.

Nah karena alasan itulah beberapa orang yang memiliki mobil pribadi memilih untuk menyewa jasa sopir bayaran. Sopir bayaran biasanya dibayarnya per jam atau per hari, dengan besaran yang sudah disepakati antara dua pihak, rata-rata sih Rp 300 ribuan per hari. Soal makanan juga biasanya sudah diberikan langsung oleh si pengguna jasa.

Tapi, ada risiko yang akan kamu alami saat mengambil kerja sampingan jadi sopir bayaran. Kamu jadi gak bisa melaksanakan lebaran bersama keluarga. Pikirkan baik-baik deh, mau dapat uang tambahan atau lebaran bersama keluarga?

Baca juga: Pengin Uang Tambahan, Ini Kerja Sampingan yang Bisa Kamu Kerjakan di Rumah

2. Jaga rumah

kerja sampingan
Jagain rumah tetangga yang mudik. (Pexels)

Jelang Ramadan, atau H-7 lebaran, biasanya warga sudah mulai mudik, dan mau gak mau meninggalkan rumah kosong tanpa penjagaan. Kalau yang punya pembantu, pasti juga sebagian besar pembantunya balik ke kampung.

Buat yang panikan pasti takut deh ninggalin rumah kosong, takut dimalingin, takut kotor, takut kebanjiran, dan lain-lain. Untuk mengurangi kecemasan tersebut penjual jasa jaga rumah sangat laris manis. Mereka siap dibayar untuk menjaga rumah selama pemiliknya mudik lebaran.

Kalau kamu menganggur saat hari lebaran dan gak mudik, gak ada salahnya untuk mengambil kerja sampingan sebagai jasa menjaga rumah. Agar mendapatkan kepercayaan, tawarkan saja mulai dari tetangga sebelah rumahmu. Biasanya hubungan antar tetangga sudah sangat erat layaknya keluarga, jadi baik kamu maupun pemilik rumah gak ada yang was-was.

Baca juga: Banyak yang Diet Habis Lebaran, Yuk Coba Bisnis 5 Jajanan Sehat Ini!

3. Titip hewan peliharaan

kerja sampingan
Dikit-dikit harus paham cara rawat hewan juga. (Pexels)

Kerja sampingan yang laris saat lebaran satu lagi adalah jasa penitipan hewan. Dengan adanya jasa ini, para pemudik yang memiliki peliharaan dapat dengan tenang memikirkan peliharaan mereka.

Para pemudik rata-rata ogah membawa hewan peliharaannya saat mudik dengan berbagai alasan. Rata-rata hewan peliharan yang dibawa saat mudik paling rentan risiko stres. Hewan yang sudah stres, akan lebih cepat kelelahan dan akhirnya jatuh sakit. Kalau sudah sakit kan, si pemilik repot lagi untuk membawanya ke RS dan harus mengeluarkan uang tambahan lagi. Jadi mereka bakal lebih memilih untuk menitipkan hewan peliharaannya.

Kalau kamu memutuskan untuk membuka jasa penitipan hewan, jangan lupa persiapkan lahan yang cukup luas dan ruangan yang nyaman untuk tempat si hewan beristirahat. Dijamin deh kamu bakal kebanjiran job di H-7 sampai H+4.

Soal tarif, tergantung kamu membuat kesepakatannya dengan pemilik hewan. Tapi, jangan sampai tarif yang kamu buat melebihi dari pasaran. Rata-rata sih tarif per malamnya biasanya mulai dari Rp 75.000 sampai dengan Rp 100.000, itu diluar makan dan jasa perawatannya.  

4. Jualan kue lebaran

kerja sampingan
Jualan kue lebaran. (Shutterstock)

Saat jelang lebaran, beragam kue-kue kering akan mulai bertebaran di pasaran. Banyak warga yang memborong sebagai jamuan untuk para tamu yang datang berkunjung ke rumahnya. Nah memanfaatkan momen suci ini, kalau kamu nganggur dan sudah mulai liburan, gak ada salahnya untuk menjajaki kerja sampingan menjajakan kue lebaran.

Kalau memiliki keahlian membuat kue, kamu bisa membuatnya sendiri dan kemudian dijajakan ke teman-teman terdekat. Tapi tenang aja buat kamu yang gak punya keahlian, bisa beli di pasar dengan harga murah, terus kamu jual lagi deh dengan harga yang lebih tinggi.

Lumayan lah buat nambah-nambahin penghasilanmu di Bulan Ramadan.

5. Infal

kerja sampingan
Meski capek, yang penting dapat duit. Ya gak? (Shutterstock)

Momen lebaran merupakan momen yang pas untuk semua perantau balik ke kampung halamannya, bersilaturahmi dengan keluarga besar setelah lama tak bertemu. Hal ini juga banyak dilakukan oleh para pembantu rumah tangga. Mereka biasanya mulai mudik ketika H-7 sampai H+7. Nah saat mereka pulang, para pemilik rumah pun akan keteteran membersihkan rumah, mencuci baju, atau menyetrika pakaian.

Saat kondisi super ribet, jasa infal lah yang paling dicari. Kalau kamu nganggur dan sudah memasuki masa libur lebaran, gak ada salahnya untuk mengambil kesempatan ini. Bayarannya juga cukup lumayan, mulai dari Rp 250 ribu – Rp 500 ribuan per harinya. Tarif biasanya disesuaikan dengan pekerjaan yang dibebankan.

Itulah jenis-jenis kerja sampingan yang bisa kamu jalani jelang, saat hingga sesaat usai Lebaran tahun ini. Mana yang kira-kira bisa kamu jalanin? (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.