8 Kebiasaan Ini Bisa Mengacaukan Kerjaanmu Jika Dilakukan di Pagi Hari

4 menit
Jam kerja
8 kesalahan di awal jam kerja yang biasa dilakukan pekerja (Shutterstock)

Apa yang kamu kerjakan di awal jam kerja biasanya akan memengaruhi produktivitasmu selama delapan jam ke depan. Misalnya, datang terlambat atau sudah mendapat omelan bos padahal baru duduk di meja, pasti mood kamu bakal berantakan tuh seharian.

Menurut penelitian seperti dikutip dari Entrepreneur, 10 menit pertama di awal kerja itu sangat memengaruhi kinerjamu.

Kalau kamu bisa memanfaatkannya dengan tepat, tentu gak bakal ada masalah di delapan jam ke depan, tapi kalau kamu isi dengan hal-hal atau kebiasaan yang salah, bakal mengganggu kinerjamu seharian.

Saat kinerja terganggu, konsekuensinya kerjaanmu berpotensi gak selesai tepat waktu, gak maksimal, bahkan bisa gak kelar.

Dampaknya, penilaian kinerjamu jadi buruk di mata bos. Jadi usahakan pergunakan di awal jam-jam kerjamu sebaik-baiknya.

Sebenarnya, banyak yang menggunakan awal jam kerja untuk kegiatan yang menurut mereka biasa saja, tapi kenyataannya justru dapat mengganggu produktivitas kerja. Apa saja?

1. Gak menyapa teman sekantor di awal jam kerja

Jam kerja
Gak menyapa teman sekantor di awal jam kerja (Shutterstock)

Jangan menyepelekan sapaan di awal jam kerja ya, karena ini bakal memengaruhi interaksi kamu di kantor. Banyak orang yang baru sampai kantor langsung nyelonong aja di mejanya, nah mungkin buat dia sih biasa-biasa saja, tapi orang lain bisa saja mengartikannya beda.

Takutnya, mereka menganggap kalau kamu orang yang tertutup, atau kamu sedang banyak masalah, jadi mereka bakal malas mengajak kamu ngobrol.

Alangkah baiknya sebelum duduk dan bekerja, sapa dulu rekan-rekan lainnya. Bangun suasana yang positif di awal biar auramu seharian juga positif.

Baca juga: Mengapa Banyak Orang Mencari Pekerjaan Baru di Januari? Ini Alasannya

2. Minum kopi terlalu pagi

Jam kerja
Minum kopi terlalu pagi di jam kerja (Shutterstock)

Ternyata minum kopi itu ada jam-jam terbaiknya lho. Bukan saat jam bangun tidur, tapi jam 10 pagi.

Karena jam 08.00 dan 09.00 pagi itu umumnya hormon stres kortisol yang mengatur energi akan memuncak, dan akan menurun pada jam 09.30 pagi.

Saat produksi kortisol menurun inilah kamu memerlukan kafein untuk tetap bisa menghasilkan energi selama seharian penuh.

3. Mengerjakan tugas termudah di awal

Jam kerja
Mengerjakan tugas termudah di awal di jam kerja (Shutterstock)

Energi yang kita miliki mungkin akan terus terkuras seiring dengan berjalannya waktu.

Seandainya kamu mengerjakan tugas-tugas mudah di awal jam kerja, nantinya tentu kamu bakalan kehabisan energi ketika mengerjakan tugas yang penting dan sulit. Alhasil, pekerjaan penting tersebut gak bisa dikerjakan dengan maksimal atau tepat waktu.

Mulai sekarang, coba prioritaskan dulu tugas-tugas sulit dan penting sesegera mungkin saat energi dan pikiran masih fresh.

4. Multitasking di awal

Jam kerja
Multitasking di awal jam kerja (Shutterstock)

Energi saat pagi hari memang masih prima, tapi bukan berarti kamu harus mengawali dengan mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus juga, misal membalas email dan membuat laporan.

Memang sih, multitasking bisa menghemat waktumu, namun kenyataannya sangat gak efektif buat energi. Lebih baik fokus mengerjakan satu pekerjaan, biar cepat selesai dan mengefisiensikan energi.

5. Memikirkan hal negatif

jam kerja
Memikirkan hal negatif di jam kerja (Shutterstock)

Setiap orang pasti punya masalah, entah itu yang berhubungan dengan pribadi atau kerjaan. Misalnya saja berantem sama pacar, terus sampai tempat kerja masih galau, kepikiran terus.

Duh, buang jauh-jauh deh pikiran negatif di awal jam kerja. Pikiran negatif bisa mengganggu produktivitas kerja seharian, yang tentunya kamu jadi gak maksimal melaksanakan tugas-tugas yang diberikan.

6. Datang terlambat

jam kerja
Datang terlambat di jam kerja (Shutterstock)

Ini hal paling vital di dunia kerja, yaitu datang terlambat. Perilaku gak disiplin bikin penilaian terhadapmu buruk di mata bos. Kamu bakalan dianggap pekerja yang gak teliti dan menyepelekan pekerjaan.

Telat sesekali dengan alasan yang jelas mungkin masih bisa ditolerir, tapi kalau keseringan, hati-hati saja penilaian kinerjamu jelek.

7. Rapat di pagi hari

jam kerja
Rapat pagi hari di jam kerja (Shutterstock)

Rapat merupakan momen di mana masing-masing pekerja berdiskusi mencurahkan ide dan gagasanya yang terkait dengan bisnis. Memikirkan ide ternyata sangat menguras tenaga dan pikiran lho.

Jadi, bayangkan saja kalau kamu mengadakan rapat di pagi hari dengan bos-bos, pasti otak kamu bakalan ngebul duluan sebelum siap kerja.

8. Gak melihat rencana kerja

jam kerja
Gak melihat rencana kerja di jam kerja (Shutterstock)

Sehari sebelum kerja atau pada malam harinya, pasti kamu sudah memiliki bayangan atau jadwal kegiatan yang mau kamu kerjakan besok harinya.

Meski sudah siapkan jadwal, kadang masih banyak yang gak mengikuti jadwal tersebut, alasannya sih karena banyak tugas mendadak.

Lebih baik mencoba buka rencana prioritasmu di awal jam kerja, supaya hari-harimu jadi lebih teratur.

Itulah delapan kesalahan yang biasa dilakukan oleh para pekerja di awal jam kerja. Di jam-jam pertama itu sangat memengaruhi keseharian kerjamu.

Kalau mau sukses, lebih baik hindari hal-hal di atas, kecuali ada keadaan-keadaan darurat ya. Kan gak mungkin juga kalau bos minta meeting pagi hari, tapi kamu tolak. (Editor: Chaerunnisa)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.