5 Kesalahan Pengusaha Pemula yang Bisa Bikin Gulung Tikar

3 menit
Kesalahan pengusaha pemula yang bisa bikin gulung tikar.

Siapa pun bisa jadi pengusaha, tapi gak semua orang bisa mempertahankan itu hingga memberi profit menjanjikan.

Emang sih melakukan kesalahan bukan hal aneh dalam dunia bisnis. Di sisi lain kesalahan juga ada unsur positifnya. Dia bisa jadi pelajaran berharga.

Tapi kita gak mesti menunggu salah atau gagal berkali-kali baru belajar, kan? Oleh sebab itu, cara terbaik adalah belajar dari kesalahan para pengusaha lain.

Ini 5 kesalahan para pengusaha pemula yang sebaiknya gak kamu lakukan.

1. Bekerja sama dengan orang yang salah

Bisnis bisa berjalan mulus dan pengusaha bisa meraup untuk maksimal bukan cuma karena mengusung gagasan yang brilian. Diperlukan orang-orang yang tepat buat mengubah gagasan tersebut jadi kesuksesan. Oleh sebab itu, memilih rekan bisnis gak bisa sembarangan.

Biar gak salah, pastikan partner bisnis punya visi dan misi yang sama. Lakukan background checking buat memastikan lebih lanjut.

Selain itu, pastikan rekan kerja memiliki kompetensi yang dibutuhkan, bukan sekadar kenal, kebetulan punya modal, dan pengin berbisnis bersama.

2. Gak memperluas jaringan

Punya jaringan yang luas dapat membuka kesempatan buat bertemu investor maupun rekan kerja yang potensial.  

Selain bertemu dengan orang-orang yang tepat, dengan membangun jaringan kamu juga mendapatkan gagasan serta cara pandang baru yang bisa membantu perkembangan bisnis.

Sebaliknya, tanpa memperluas jaringan, bisnis jadi sulit berkembang hingga bisa aja jalan di tempat.

3. Investasi besar-besaran tanpa benar-benar paham

Merasa usaha yang dijalankan memberi profit yang lumayan, pelaku usaha mulai berinvestasi secara besar-besaran. Niatnya tentu biar untung yang didapat bisa berkali-kali lipat.

Investasi yang dilakukan pun bermacam-macam. Mulai dari membeli alat atau teknologi baru hingga investasi SDM alias merekrut banyak pekerja.

Hal ini bisa jadi strategi sukses jika dilakukan dengan tepat. Tapi bisa jadi kesalahan fatal jika gak dihitung secara matang.

Kamu harus menganalisa dulu prospek bisnisnya. Cari tahu apakah penggunaan teknologi berharga tinggi emang benar-benar diperlukan dalam waktu panjang atau cuma berakhir mubazir dan sekadar menambah utang modal.

4. Mengerjakan segalanya sendirian

Biasanya kesalahan pengusaha baru yang satu ini terjadi pada bisnis kecil-kecilan. Mulai dari operasional hingga keuangan dijalankan sendirian. Padahal belum tentu kemampuan yang dimiliki memadai buat hal-hal tersebut. Alhasil, bisnis jadi sulit berkembang.

Hindari ini. Upayakan gandeng rekan kerja yang bisa mengerjakan apa yang gak bisa kamu lakukan.

Mendelegasikan pekerjaan juga bisa menghemat banyak waktu yang kamu punya sehingga bisa memaksimalkan strategi bisnis yang diperlukan.

5. Pengelolaan uang sembarangan

Kesalahan fatal yang paling sering terjadi pada pengusaha pemula adalah soal pengelolaan uang.

Beberapa contoh kesalahan itu adalah: uang perusahaan dicampur dengan uang pribadi, gak ada pembukuan yang tercatat dengan rapi dan jelas, dan sebagainya.

Akibarnya, pengusaha jadi gak menyadari kerugian yang dialami sampai benar-benar jadi pailit.

Pada akhirnya, mendirikan perusahaan yang sukses emang bukan hal yang mudah, tapi gak sesulit yang dibayangkan juta.

Dalam prosesnya, seorang pengusaha bakal terus belajar dan mengasah kemampuan berbisnis. Jangan cepat berpuas diri dan terus berinovasi jadi kunci biar usaha gak mentok. Dan yang terpenting, jangan sampai melakukan lima kesalahan di atas.

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.