4 Dosa Finansial yang Kerap Dilakukan Wanita Bikin Keuangan Amburadul!

3 menit
Mengelola keuangan
Mengelola keuangan

Mengelola keuangan menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar uangmu gak ludes begitu saja tanpa jejak.

Sayangnya, masih banyak orang tidak dapat mengelola uangnya dengan bijak karena berbagai alasan yang ujung-ujungnya bikin hidup susah hingga tua.

Gimana gak sengsara, toh uangnya udah keburu habis untuk hal-hal yang gak berguna. Jadi, sudah pasti gak punya simpanan uang di tabungan, apalagi investasi.

Sebenarnya sih gak ada salahnya juga kalau kamu pengin membeli barang yang diinginkan, apalagi kalau kamu udah suka banget. Asalkan gak membelinya setiap saat, kalau sesekali sih tentu gak jadi masalah.

Belanja boleh saja, asal kamu juga menyisihkan uang untuk ditabung dan investasi. Kamu bisa banget mengelola keuangan dengan mengikuti teori 50/20/30.

50 persen penghasilanmu untuk kebutuhan sehari-hari, 20 persennya buat tabungan dan investasi dan 30 persennya lagi untuk gaya hidupseperti belanja atau nongkrong di kafe sama para sahabat.

Sayangnya, masih banyak orang yang kerap melakukan dosa finansial dan membuat keuangannya jadi amburadul. Terutama, buat para wanita yang kerap tak tahan godaan.

Berikut, empat dosa finansial yang kerap dilakukan wanita dan bikin keuangan mereka jadi amburadul. Apa saja? Simak di sini:

Gak tahan godaan diskon dan barang lucu

Mengelola keuangan
Mengelola keuangan

Wanita memang identik tidak tahan dengan godaan diskon yang dipajang besar di etalase toko. Karena terpancing tulisan itu, banyak wanita yang membeli barang gak penting. Alasannya, “mumpung lagi diskon”. Padahal mah itu barang juga gak terpakai.

Gak cuma itu aja, para wanita juga kerap membeli barang dengan alasan “lucu”. Bahkan, soal nominal gak jadi masalah, meski tidak tahu kegunaan barang itu. Asalkan udah suka, yaudah langsung beli.

Kalau seperti itu terus, ya siap-siap aja kamu harus kerja keras sampai tua cuma buat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Emang mau seperti itu?

Baca juga: 15 Kebiasaan Mengatur Keuangan Pribadi yang Bisa Bikin Masa Depan Cerah

Tidak punya anggaran keuangan

Mengelola keuangan
Mengelola keuangan

Meski tak semua wanita seperti itu, ada sebagian wanita yang malas membuat anggaran keuangan. Jadi, uangnya gak terarah tuh larinya ke mana saja.

Itu dikarenakan dia tidak terlalu peduli dengan kondisi finansialnya di masa depan. Padahal, banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapat dengan membuat anggaran keuangan.

Gak cuma mengetahui secara detail pengeluaranmu, kamu juga bisa menjaga kestabilan keuangan agar selalu berada di jalur yang aman. Dengan begitu, tentu saja freedom money akan bisa kamu raih.

Kebanyakan utang

Mengelola keuangan
Mengelola keuangan

Percaya atau tidak, banyak sekali orang yang nyebur ke lubang utang karena tak bisa menggunakan kartu kredit dengan bijak, terutama buat para wanita.

Seperti yang disebutkan di atas, mereka kerap tak tahan dengan godaan diskon dan barang lucu. Jadi, sebentar-sebentar gesek kartu kredit.

Tahu-tahu kaget lihat tagihan kartu kredit yang bahkan nominalnya lebih besar ketimbang gajimu. Ujung-ujungnya, kamu cuma bisa bayar minimum payment dan berakhir dengan tumpukan utang yang bikin hidup sengsara sampai tua.

Karena itu, lebih bijaklah dalam menggunakan kartu kredit karena bisa menjadi sumber malapetaka buat keuanganmu dan usahakan untuk tinggal berutang buat hal yang tidak penting.

Khilaf jajan

Mengelola keuangan
Mengelola keuangan

Hayo, siapa di antara kamu yang suka khilaf kalau jajan? Ada tukang bakso lewat, pengin beli. Jajan ke mini market, mulai dari cokelat hingga biskuit diambil. Ya, memang sih wanita itu identik doyan nyemil.

Saking sukanya jajan, banyak dari mereka yang gak sadar kalau pengeluaran bulanannya jadi meledak drastis.

Itu tentu saja sangat pengaruh terhadap uang bulananmu yang tanpa disadari udah tiris bahkan di tanggal yang masih jauh dari gajian.

Itulah empat dosa finansial yang tanpa sadar kerap dilakukan wanita dan membuat kondisinya jadi amburadul. Biar gak terus-terusan seperti itu dan bikin sengsara saat tua, lebih baik mulai kelola keuanganmu dengan bijak mulai sekarang ya. (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.