Beroda 3, Begini Penampakan Harley Davidson Milik Ketua DPR RI

3 menit
Bambang Soesatyo (IG bambang.soesatyo)

Motor Harley Davidson digandrungi gak hanya di kalangan artis, pengusaha, atau bos perusahaan besar, politisi seperti Ketua DPR RI Bambang Soesatyo juga suka. Terbukti, dia memiliki koleksi motor Harley Davidson beroda tiga.

Gak heran sih kalau Bambang memiliki motor gede (moge) keluaran Amerika ini. Pasalnya, Bambang juga memiliki koleksi mobil mewah yang banyak banget. Selain mobil mewah, dia juga punya mobil listrik Tesla yang dirancang Elon Musk. Wow!

Memang bukan hal aneh kalau politisi suka dengan moge Harley Davidson. Sekelas presiden juga pada suka, apalagi ketua DPR.

Mantan Presiden RI Soeharto,Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY), hingga BJ Habibie saja punya Harley Davidson. Meski Jokowi gak punya Harley, tapi beliau punya motor custom bergaya chopper yang gak jauh beda sama Harley dari sisi desain.

Penasaran sama Harley Davidson milik Bambang Soesatyo (Bamsoet)? Yuk kita cari tahu di bawah ini, dan cek juga harganya.

1. Harley Davidson Tri Glide Ultra Classic

Moge Bamsoet (IG bambang.soesatyo)
Moge Bamsoet (IG bambang.soesatyo)

Menurut laporan di KPK, Bamsoet dikabarkan punya satu motor Harley tahun 1993 yang harganya Rp 250 juta. Kalau di-kepoin dari Instagramnya, ternyata motor itu adalah Harley Davidson Tri Glide Ultra Classic yang rodanya ada tiga.

Motor Harley Davidson menggendong mesin Milwaukee-Eight V-Twin yang kapasitasnya mencapai 1.746 cc. Wajar saja mesinnya gede, rodanya juga lebih dari dua.

Motor jenis touring ini pas banget buat perjalanan jarak jauh. Torsi maksimal motor ini pun ada di angka 153 nm pada 3.250 RPM.

Sama seperti mobil, motor ini juga dilengkapi oleh banyak sarana hiburan. Sebut saja seperti Boombox, dan sebagainya.

Kabarnya, motor ini cuma bisa diisi dengan bahan bakar RON 95. Itu tandanya, mau gak mau ya pakai Pertamax Turbo saja atau Shell V-Power, atau Performance 95 milik Total.

2. Punya dua motor Harley Davidson

Moge Bamsoet (IG)
Moge Bamsoet (IG bambang.soesatyo)

Bamsoet justru dikabarkan punya dua motor Harley Davidson, begitu seperti diberitakan Detik. Dua motor itu adalah, Harley Davidson Ultra Classic dan Road King.

Membahas soal Ultra Classic, jelas sekali hal itu akan mengacu pada dua varian yaitu Electra Glide Ultra Classic atau Tri Glide seperti yang disebutkan di atas. Mungkin saja pada saat itu Bamsoet lupa menyebut kata Tri Glide, jadi yang dikuti media hanya Ultra Classic saja.

Sedangkan Road-King milik beliau memang gak pernah muncul di akun Instagramnya. Bamsoet juga gak pernah terlihat difoto menunggangi motor tersebut.

Bisa jadi motor Harley yang ini baru, dan belum dimasukkan ke dalam Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara yang dirilis KPK.

Road-King juga mengusung konsep klasik yang telah diberi sentuhan modern. Varian Road King pertama meluncur tahun 1960-an dengan lampu berkonsep Hiawatha dan Nacelle.

Mesinnya pun sama seperti Tri Glide, Milwaukee-Eight 107 dengan kapasitas 1.745 cc. Performanya juga gak jauh-jauh beda dengan Tri Glide karena torsi maksimalnya 150 nm di 3.250 RPM.

Harganya mahal banget, untuk yang buatan 2007 saja masih laku Rp 390 juta! Dan sampai sekarang, gak ada info detail juga soal kepemilikan Bamsoet atas Road Kingnya. Buatan tahun berapa, dan sebagainya.

Itulah motor-motor Harley Davidson milik Ketua DPR RI yang harganya ngeri. Berkat kegemarannya itu, Bamsoet akhirnya didapuk menjadi Dewan Pembina Motor Besar Indonesia alias MBI.

MBI adalah klub pemilik moge yang di dalamnya ada pemilik motor Harley Davidson, Indian, Ducati, BMW, KTM, dan sebagainya.

Hobi Bamsoet pada dunia otomotif bukanlah hal baru. Lebih dari 10 tahun dia sudah menggemari mobil sport.

Sementara itu, untuk roda dua, dia justru sudah mencintai hobi ini sejak SMA. Namun, saat SMA, Bamsoet naik motor bebek, bukan moge ya.

Bamsoet pernah mengungkapkan, dia gak bakal menambah koleksi motornya. Karena dua saja sudah jarang dipakai karena sibuk. Dan ngerawat motor Harley jelas gak murah.

Memang sih motor gede tersebut seringkali menjadi simbol sukses seorang pria mapan. Belum lagi, motor ini juga sangat nyaman dikendarai.

Buat kamu yang ingin membeli moge juga tapi belum ada dananya. Nah, coba dihitung cukupkah gajimu buat beli motor yang digeber Jokowi di Asian Games? Cek di sini!

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.