Gak Cuma Menhan Madagaskar, 5 Pejabat Negara Ini Juga Keturunan Indonesia

4 menit
keturunan indonesia
Justin Tredau keturunan Indonesia yang sukses jadi pejabat tinggi di negara lain (Instagram/@justinpjtrudeau)

Richard Rakotonirina merupakan keturunan Indonesia yang menduduki posisi Menteri Pertahanan Madagaskar. Selain Rakotonirina, dua nama pejabat tinggi negara lainnya juga berdarah Indonesia.

Kali ini, MoneySmart bakal mengupas lebih jauh tentang kisah perjalanan karier para pejabat di negara lain yang berdarah Indonesia.

Kira-kira, ada berapa banyak ya orang keturunan Indonesia yang sukses jadi pejabat di luar sana? Yuk, simak ulasannya di bawah ini:

1. Soewarto Moestadja

keturunan Indonesia
Soewarto Moestadja keturunan Indonesia yang sukses jadi pejabat tinggi di negara lain (Wikipedia)

Politisi asal Suriname ini punya nama khas Jowo. Dia merupakan seorang pria asal Kebumen, Jawa Tengah, yang berasal dari keluarga buruh.

Setelah tamat SMA, Soewarto pindah ke Belanda untuk mempelajari antropologi budaya di Universitas Amsterdam. Singkat cerita, di tahun 1983 hingga 1985 dia dilibatkan dalam serangkaian proyek di Suriname dan malah jadi warga di sana.

Di dunia politik, wong Kebumen ini ternyata juga sempat jadi wartawan dan bekerja di Kementerian Sosial dan Perumahan Rakyat. Alhasil, pada tahun 1996, dia malah diangkat jadi Menteri Sosial dan Perumahan Rakyat oleh Presiden Jules Wijdenbosch.

Selain aktif di dunia politik, pria ini juga mendirikan Televisi Mustika. Dia pun menjadi salah satu pemilik stasiun televisi tersebut.

Karier politiknya memang terbilang mulus. Dia pun akhirnya menjadi Mendagri pada tahun 2010. 

Baca juga: Mengenal Richard Rakotonirina, Menhan Madagaskar Keturunan Indonesia

2. Willy Soemita

keturunan indonesia
Willy Soemita keturunan Indonesia yang sukses jadi pejabat tinggi di negara lain (Wikipedia)

Sama seperti Soearto Moestadja, Willy merupakan orang Indonesia yang akhirnya menjabat sebagai menteri di Suriname. Dia merupakan seniornya Soewarto.

Willy adalah putra dari Iding Soemita, buruh asal Tasik yang datang ke Suriname untuk bekerja. Iding yang aktif di organisasi kerap mendukung kampanye putranya untuk menjadi salah satu pejabat keturunan Jawa di sana.

Akhirnya, Willy berhasil menduduki kursi Kepala Dinas Departemen Perekonomian hingga jadi Menteri Pertanian, Perikanan, dan Peternakan. Namun sayangnya, Willy sempat tersandung korupsi. Dia pun dipenjara selama satu tahun pada 1977.

Setelah terjadi peristiwa pemulihan demokrasi, Willy dibebaskan dan kembali ke ranah politik pada tahun 1988. Dia pun sukses menduduki posisi Menteri Sosial dan Perumahan Rakyat sebelum akhirnya dilengserkan lewat Kudeta Telepon.

Meski dilengserkan, pria kelahiran 1983 itu ternyata berhasil kembali ke dunia politik dan kembali ke posisi Menteri Sosial dan Perumahan Rakyat untuk periode 1991-1996. Wew, kayaknya penuh drama politik ya hidupnya!

3. Ahmad Zahid Hamidi

keturunan indonesia
Ahmad Zahid Hamidi keturunan Indonesia yang sukses jadi pejabat tinggi di negara lain (Wikipedia)

Mantan Menteri Pertahanan Malaysia ini juga merupakan seorang keturunan Indonesia. Ayahnya, Raden Hamidi Abdul Fatah, berasal dari Kulon Progo yang pindah ke Malaysia pada tahun 1932. Sementara itu ibunya, Tuminah Abdul Jalil, berasal dari Ponorogo.

Mantan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti juga ternyata masih punya hubungan keluarga dengan Ahmad Zahid Hamidi. 

Pria kelahiran Bagan Datoh 1953 silam ini, merupakan politisi dari Partai UMNO. Di tahun 1990-an, dia masih tergabung dalam gerakan muda bersama para aktivis lainnya.

Namun, tepat pada tahun 2008 dia sudah bertanding di pemilu. Pada 9 April 2009, dia pun diangkat sebagai Menhan ketika Negeri Jiran ini dipimpin Najib Razak.

4. Yusof Ishak

keturunan indonesia
Yushof Ishak keturunan Indonesia yang sukses jadi pejabat tinggi di negara lain (Wikipedia)

Kamu tahu siapa dia? Dia adalah presiden pertama di Singapura. Mendiang Yusof Ishak merupakan seorang keturunan Indonesia. Ayahnya asli Minangkabau, dan ibunya berdarah Melayu. Pria ini merupakan anak pertama dari sembilan bersaudara.

Tepat pada Desember 1959, dia diangkat sebagai Kepala Negara Singapura. Sementara itu pada 9 Agustus 1959, saat Singapura keluar dari Federasi Malaysia, status Yusof diubah jadi presiden. Sementara itu, perdana menterinya adalah Lee Kuan Yew.

Wajah Yusof Ishak pun diabadikan dalam pecahan uang kertas di Singapura.

5. Justin Trudeau

keturunan indonesia
Justin Tredau keturunan Indonesia yang sukses jadi pejabat tinggi di negara lain (Wikipedia)

Perdana Menteri Kanada ini bukan cuma sempat dinobatkan sebagai muda. Tapi, dia juga sempat masuk ke jajaran orang terganteng sedunia urutan kedua versi Wonderslist. 

Trudeau merupakan keturunan Indonesia dari ibundanya. Nenek buyut ibu Trudeau, Cornelia Louisa Indvelt, lahir di Padang pada tahun 1808. 

Dia adalah anak dari warga Belanda yang tinggal di Padang yang beristrikan orang Nias. Sayangnya, identitas ibu Indvelt belum diketahui secara pasti.

Trudeau adalah putra dari mantan Perdana Menteri Pierre Trudeau dan Margaret Trudeau. Orangtua Trudeau berpisah saat dia masih berusia lima tahun.

Karier politiknya dimulai pada 2008 saat terpilih sebagai anggota DPR Kanada. Sepeninggal sang ayah, Trudeau makin aktif di Partai Liberal Kanada.

Dia pun kerap melancarkan kritik terhadap kebijakan konservatif pemerintah hingga tahun 2015. Hingga saat ini, dia berhasil duduk jadi kepala pemerintahan di Kanada.

Itulah lima orang keturunan Indonesia yang sukses jadi pejabat pemerintahan di negara lain selain Richard Rakotonirina. Gak nyangka kan, ternyata ada banyak. Dan tentunya di Suriname menjadi negara dengan diaspora Indonesia terbanyak.

Bisa jadi, kamu adalah salah satunya di masa depan. (Editor: Chaerunnisa)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.