Ancam Rekor Avatar, Avengers: Endgame Untung Rp 22,8 Triliun di Pekan Pertama

3 menit
avengers endgame
Para pemeran film Avengers: Endgame. (Shutterstock)

Seminggu lebih setelah Avengers: Endgame rilis perdana di Tanah Air, film besutan Anthony dan Joe Russo itu meraup keuntungan mencapai US$ 1,6 miliar atau setara Rp 22,8 triliun. Pencapaian tersebut udah diprediksi oleh banyak pengamat Hollywood melihat antusiasme masyarakat dunia yang sangat luar biasa. Kamu salah satunya?

Film Marvel Cinematic Universe ke-22 ini emang udah ditunggu oleh banyak fans komik Marvel yang telah menyaksikan aksi Ironman dan kawan-kawannya di Avengers: Infinity War. Bahkan, slot film ini di beberapa bioskop udah ter-booking penuh hingga sepekan setelah peluncuran.

Walaupun banyak spoiler yang bertebaran di media sosial menceritakan akhir kisah Endgame tetapi gak menyurutkan minat masyarakat buat datang ke bioskop. Gak tinggal diam, para bintang Avengers pun merilis video singkat untuk mengimbau yang udah nonton supaya jangan spoiler ke siapapun dan dimanapun.

Kampanye tersebut terbilang cukup efektif melihat dari pendapatan yang berhasil diraih oleh Avengeres: Endgame di minggu pertamanya seperti yang dilansir oleh Hollywood Reporter.

Baca juga: Bintang Avengers Terkaya, Termasuk Robert Downey Jr?

Udah melewati pendapatan The Avengers dan Avengers Age of Ultron

Para pemeran Avengers: Endgame. (Instagram/@avengers)
Para pemeran Avengers. (Instagram/@avengers)

Walaupun baru berumur 1 minggu, tapi pendapatan film ini udah melewati 2 seri sebelumnya yang udah berumur 7 tahun dan 4 tahun lho. Contohnya seperti The Avengers yang rilis tahun 2012 yang berhasil mencatatkan keuntungan sampai Rp 21,5 triliun melalui penjualan tiket bioskop, DVD, Blu-Ray dan hak siar televisi di seluruh dunia.

Diikuti oleh film Avengers Age of Ultron yang tayang pada April 2015 lalu dengan total uang yang didapat mencapai Rp 19,9 triliun melalui berbagai macam media yang terjual.

Bukan cuma seri dari seluruh seri Avengers, bahkan juga melewati seluruh film Marvel Cinematic Universe lainnya. Misalnya saja Black Panther yang berhasil mendapatkan Rp 19 triliun, Iron Man 3 sebesar Rp 17,2 triliun dan Captain America Civil War yang meraup pendapatan Rp 17,3 triliun.

Baca juga: Toyota Prius hingga Audi R8, Ini Deretan Mobil Pemeran Avengers: Endgame

Avengers Endgame berpotensi mengalahkan rekor Box Office film Avatar

avengers endgame
Avatar. (Shutterstock)

Pada tahun 2009 kamu pasti ingat film ikonik Avatar yang disutradarai oleh James Cameron. Sampai hari ini film tersebut masih memegang rekor dengan keuntungan terbesar sepanjang masa dengan angka US$ 2,8 miliar atau senilai Rp 40 triliun.

Rekor tersebut berpotensi disusul oleh Avengers Endgame yang di minggu pertamanya aja udah mencapai angka 50 persen lebih dari total pendapatan Avatar selama ini. Sangat besar kemungkinan untuk mereka menjadi film pertama dalam sejarah yang menembus angka US$ 3 miliar atau sebesar Rp 42,8 triliun.

Keberhasilan itu terbilang setimpal dengan biaya yang udah dikeluarkan oleh Disney dan Marvel. Gak tanggung-tanggung, ongkos pembuatan film ini sampai US$ 600 juta atau Rp 8,4 triliunan. Hal ini menjadikannya sebagai film layar lebar dengan biaya produksi paling mahal seantero galaksi.

Baca juga: Avengers: Endgame Pecahkan Rekor, Ini Deretan Film MCU dengan Bujet Termahal

Penyumbang terbesar Endgame berasal dari China dan Amerika Serikat

avengers endgame
Poster Avengers. (Shutterstock)

Sumber pendapatan paling besar yang didapatkan oleh Avengers: Endgame di minggu pertamanya berasal dari negeri Tirai Bambu dengan angka US$ 459 juta atau setara Rp 6,5 triliun. Di posisi kedua ada Amerika Serikat yang berhasil mengumpulkan pendapatan sampai US$ 350 juta atau Rp 5 triliun.

Selain kedua negara tersebut ada Inggris, Korea Selatan, Meksiko dan India yang ikut menyumbangkan keuntungan total mencapai Rp 3 triliun.

Nah itu dia keuntungan yang berhasil diraup oleh Avengers: Endgame sampai satu minggu setelah perilisannya. Menurut kamu pantas gak film itu menjadi film yang paling sukses sepanjang masa? (Editor: Ruben Setiawan)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1