Nia Ramadhani Menikah di Usia 19 Tahun, Ternyata ini 5 Keuntungan Nikah Muda

3 menit
Keuntungan Nikah Muda yang Kerap Disepelekan Orang (Shutterstock).
Keuntungan Nikah Muda yang Kerap Disepelekan Orang (Shutterstock).

Banyak orang yang memutuskan untuk nikah muda dengan berbagai alasan. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang usianya masih di bawah 20 tahun.

Kalau dipikir-pikir, di usia segitu biasanya mereka belum memiliki pekerjaan yang aman. Tapi sudah nekat untuk membangun rumah tangga dengan orang tercinta.

Ternyata fenomena nikah muda juga dialami oleh para selebriti Tanah Air lho. Ya, meskipun gak perlu pusing mikirin uang, tapi kebanyakan karier mereka di dunia hiburan sedang berada di puncak.

Gak perlu jauh-jauh, contohnya aja artis cantik Nia Ramadhani yang menikah di usianya yang masih sangat muda yaitu 19 tahun dengan pengusaha Ardi Bakrie pada tahun 2010.

Makanya gak heran kalau Nia dijuluki sebagai mama muda yang cantik. Gimana gak, di usianya yang masih 29 tahun, pemilik nama lengkap Prianti Nur Ramadhani itu sudah memiliki tiga orang anak.

Nah, buat kamu yang ingin nikah muda gak perlu ragu, karena berikut ini adalah beberapa keuntungan finansial yang bisa kamu dapatkan saat menikah di usia belia.

1. Serius berkarir

Nikah muda
Serius berkarier (Shutterstock).

Saat usia muda, umumnya memang belum memiliki karier yang aman karena biasanya kamu baru lulus kuliah. Tapi dengan begitu, pasangan yang sudah menikah akan jauh lebih serius memaksimalkan kemampuan mereka dalam segi karier.

Ya karena memang bertujuan demi rumah tangganya ke depan. Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tapi mereka yang sudah menikah juga akan fokus untuk membeli rumah, kendaraan dan lainnya.

2. Pangkas uang malam mingguan

Nikah muda
Kencan di dalam rumah (Shutterstock).

Saat sudah menikah, kamu tentu udah gak perlu keluar bujet malam mingguan buat jalan-jalan ke mall. Kamu bisa quality time bersama pasanganmu di rumah. Memasak bersama hingga nonton film.

Jadi, kamu gak perlu ada kewajiban mengeluarkan uang buat nge-date di akhir pekan. Hal itu tentu saja akan memangkas bujet malam minggu yang dulu tanpa kamu sadari cukup besar jumlahnya.

3. Bantuan finansial

Nikah muda
Mendapat bantuan finansial (Shutterstock).

Keuntungan nikah muda juga tentu ada bantuan finansial. Pasalnya kamu dan pasangan sama-sama bekerja, dengan begitu akan membantu kondisi finansial bersama.

Contohnya saja nih, saat suami sedang mengalami kekurangan untuk sesuatu yang urgent, maka istri dapat membantu keuangan suami alias back up. Begitu juga sebaliknya.

Selain itu, manajemen keuangan juga bisa dilakukan bersama, sehingga kamu dan pasangan akan memiliki tanggung jawab pada urusan finansial.

4. Masih produktif saat anak sudah dewasa

Nikah muda
Masih produktif (Shutterstock).

Enaknya nikah muda juga kamu masih produktif mencari uang saat anak-anak kamu sudah beranjak dewasa.

Lihat saja Nia Ramadhani yang di usianya 29 tahun sudah punya anak tiga dan masih sangat sehat untuk mencari uang dan mengejar karier.

Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir anak-anakmu kekurangan biaya untuk hidup sehari-hari dan juga menempuh pendidikan.

5. Lebih rajin menabung

Nikah muda
Rajin menabung (Shutterstock).

Keuntungan finansial lainnya dari nikah muda adalah kamu jadi lebih rajin menabung dan tentu akan dilakukan secara konsisten alias disiplin.

Jadi bisa dibilang kalau pernikahan sebenarnya juga akan membawa kamu jadi lebih dewasa, terutama soal mengelola keuangan. Salah satunya adalah menyisihkan uang untuk ditabung dan tidak membuang uang untuk hal yang tak berguna.

Pasalnya, akan ada banyak kebutuhan saat kamu sudah berumah tangga yang otomatis akan membuat  kamu dan pasangan menjadi lebih rajin menabung.

Jika mengikuti teori 50/20/30. Maka setidaknya, kamu harus mengalokasikan penghasilanmu sebanyak 20 persen setiap bulan. Jika dilakukan dengan konsisten, tentu akan berdampak positif untuk kondisi finansial kalian di kemudian hari.

Itu dia lima keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika nikah muda. Dengan begitu, udah gak ragu lagi kan buat mengarungi rumah tangga dengan orang  terkasih? (Editor: Winda Destiana Putri).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.