Jika Mendapatkan Rp 30 Miliar, Ini yang Bisa Dilakukan Khabib Nurmagomedov

4 menit
Khabib Nurmagomedov
Jika Mendapatkan Rp 30 Miliar, Ini yang Bisa Dilakukan Khabib Nurmagomedov, (Instagram).

Buat kamu para pendukung Khabib Nurmagomedov, petarung MMA asal Dagestan, Rusia, ini bakal kembali ke Oktagon pada (7/9). Dia bakal menerima tantangan dari Dustin Poirier yang ingin merebut sabuk jawara kelas ringan Ultimate Fighting Championship (UFC).

Menurut pernyataan dari manajer Khabib, Ali Abdel Aziz, kontrak baru yang ditandatangani Khabib dengan UFC menjadikan dirinya dengan julukan The Eagle ini sebagai petarung dengan bayaran termahal UFC.

Sayangnya, jumlah nominal itu sama sekali gak disebutkan. Namun jika mengacu pada pertandingan terakhir Khabib VS McGregor di UFC 229 (6/10/18), The Eagle saat itu dijanjikan mendapat US$ 2 juta atau Rp 30 miliaran berdasarkan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar tahun lalu. 

Namun bayaran itu memang dipotong lantaran muncul insiden baku hantam yang melibatkan tim Khabib dan Conor McGregor pascapetarungan mereka. 

Sejauh ini, informasi mengenai kekayaan Khabib memang sulit ditelusuri. Situs Celebrity Net Worth memprediksikan kalau Khabib Nurmagomedov mengantongi kekayaan US$ 1 juta atau Rp 14 miliaran.

Kira-kira nih, seandainya dalam pertarungan ini dia dapat Rp 30 miliar. Maka dengan uang sebesar itu Khabib bisa melakukan hal ini.

Baca juga: Kerajaan Bisnis Atlet Terkaya Sejagad, dari Stripclub Hingga Wiski

1. Nambah koleksi mobil

Khabib Nurmagomedov
Kalau dirinya menang dan mendapatkan uang puluhan miliar, ia bisa nambah koleksi mobil lho, (Instagram).

Beberapa mobil yang kabarnya pernah dimiliki Khabib adalah Lada Priora, Mercedes-Benz W124, Mercedes-Benz AMG GT, Ferrari California, BMW 6 Series, dan Land Cruiser J200.

Dengan uang sebesar Rp 30 miliaran, bukan hal yang sulit bagi Khabib buat membeli mobil seperti Rolls Royce Phantom atau Ghost atau supercar seperti Bugatti Veyron harganya Rp 33 miliar.

Melihat dari keseharian Khabib, kayaknya petarung Rusia yang satu ini memang kurang suka pamer mobil di Instagram seperti atlet-atlet tajir lainnya. Tapi ya gak ada yang tahu juga kalau tiba-tiba dirinya memilih membeli mobil mewah usai pertandingannya nanti. 

Atau bisa jadi juga dirinya menerima hadiah mobil, mengingat sekarang dirinya menjadi brand ambassadornya Toyota. 

Baca juga: Wuih! Petarung UFC Conor McGregor Beli Kapal Pesiar Seharga Rp 55 Miliar

2. Membeli pulau pribadi di Kanada atau Nikaragua

Khabib Nurmagomedov
Membeli pulau pribadi di Kanada atau Nikaragua, (privateislandsonline.com).

Ada dua pulau pribadi yang saat ini dijual dengan harga US$ 1,5 juta di situs Private Island Online. Satu pulau terletak di wilayah Ontario, Kanada. Pulau pribadi lainnya yang bisa ia beli bernama Zopango letaknya di Nikaragua. 

Seandainya Khabib membeli pulau ini risikonya ya uang yang ia miliki sebesar Rp 30 miliaran tersebut langsung nyaris habis. 

Berhubung letak pulau ini di luar negeri, maka Khabib pasti bakal berurusan dengan berbagai aturan dari pemerintah setempat. 

Baca juga: Kembali Jadi Jawara UFC, Ini 4 Fakta Daniel Cormier yang Bergaji Rp 7,6 M

3. 10 buah Jam tangan Richard Mille

Khabib Nurmagomedov
Richard Mille  juga bisa ia miliki nih kalau menang pertandingan dan mendapatkan uang puluhan miliaran, (Instagram).

Conor McGregor dan Floyd Mayweather mungkin adalah dua orang atlet tajir yang hobi mengoleksi jam tangan mewah. Khabib malah jarang terlihat mengenakan aksesoris yang satu ini.

Bicara soal harga, Richard Mille memang cukup mahal dan harganya saja bisa miliaran rupiah. 

Tapi kayaknya kalau Rp 30 miliar dibuat beli jam tangan mah sayang banget ya. Walaupun jam tangan ini memang bisa diuangkan lagi beberapa tahun mendatang. 

4. Beberapa perusahaan Tbk di Indonesia

Khabib Nurmagomedov
Beberapa perusahaan TBK juga bisa ia miliki lho, (Instagram).

Punya uang sebanyak Rp 30 miliaran? Jelas aja Khabib Nurmagomedov mampu membeli perusahaan Tbk yang listing di bursa efek.

Gak sedikit kok perusahaan yang market capnya sebesar itu. Sebut saja seperti PT Tanah Laut Tbk (INDX), PT Primarindo Asia Infrastructure Tbk (BIMA), PT Northcliff Citranusa Indonesia Tbk (SKYB), PT Century Textile Industry Tbk (CNTX), dan berbagai perusahaan lain.

Tapi dengan membeli perusahaan jelas gak boleh sembarangan lho, Khabib juga harus menganalisa perusahaan-perusahaan itu. Kira-kira seperti apa potensinya di masa depan dan berapa besar laba perusahaannya. 

Kalau memang dirinya gak mau dengan perusahaan-perusahaan tersebut, ia bisa kok membeli saham perusahaan besar. Hanya saja kepemilikannya gak mayoritas.

5. Berangkatkan haji 700 orang Rusia dengan ONH plus 

Khabib Nurmagomedov
Berangkatkan haji 700 orang Rusia dengan ONH plus, (Instagram).

Dengan uang sebesar Rp 30 miliar, Khabib mampu banget nih berangkatkan 700 orang Rusia buat haji lho. Emang berapa ya paket ongkos naik Haji di Negeri Beruang Merah ini?

Menurut informasi di situs Russia Beyond, paket ONH termurah di Rusia pada tahun 2016 mencapai US$ 1.800 untuk per orangnya. Nah, buat paket mewahnya aja bisa mencapai US$ 2.800.

Anggap aja, harga paket ONH plus di sana untuk satu orang sekarang US$ 3.000 alias Rp 42,5 juta. Maka 700 orang bisa berangkat jika Khabib mau membiayai. 

Itulah kiranya yang bisa dilakukan Khabib Nurmagomedov, seandainya nanti dirinya menang dan mendapatkan bayaran Rp 30 miliaran. Kira-kira bakal menang gak nih lawan Dustin Poirier? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.