Menang dan Dibayar Rp 84 Miliar, Apa yang Bakal Dilakukan Khabib Nurmagomedov?

3 menit
khabib nurmagomedov
Khabib Nurmagomedov dan Dustin Poirier. (Instagram)

Venue Du Arena di Abu Dhabi, 7 September 2019, jadi saksi duel Khabib Nurmagomedov melawan Dustin Poirier. Nurmagomedov berhasil memaksa The Diamond, tap out dengan teknik rear naked choke. Alhasil, pria asal Rusia ini pun sukses mempertahankan sabuk juara Kelas Ringan Ultimate Fighting Championship.

Pertarungan Khabib vs Poirier di Abu Dhabi diwarnai dengan atraksi grappling yang cukup memukau. Jelas saja, sebab Khabib punya disiplin beladiri Sambo yang erat dengan teknik pertarungan bawah, sementara itu Poirier juga merupakan seorang penyandang sabuk hitam Brazilian Jiujitsu. 

Sebelumnya, media telah ramai memberitakan pernyataan manajer Khabib, Ali Abdelazis yang mengatakan bahwa petarung dengan julukan The Eagle ini, telah menjadi petarung termahal di UFC. Dan pernyataan itu pun didukung oleh ayah Khabib, Abdulmanap Nurmagomedov. 

Abdulmanap mengatakan bahwa bayaran Khabib usai mengalahkan Poirier adalah tiga kali lebih besar dari honor sebelumnya. 

Kira-kira berapa ya bayaran yang diterima petarung dengan rekor 28 kali menang dan tak terkalahkan ini? Lalu, setelah ini dia mau ngapain? Yuk cari tahu di bawah sini.

Baca juga: Jika Mendapatkan Rp 30 Miliar, Ini yang Bisa Dilakukan Khabib Nurmagomedov

1. Bayaran 3 kali lebih besar

khabib nurmagomedov
Khabib Nurmagomedov dalam duel kontra Poirier. (Instagram/@mmajunkiedotcom)

Dalam pertandingan Khabib Nurmagomedov VS Conor McGregor di UFC 229 (2018), Khabib menerima honor US$ 2 juta atau 30 miliaran. Jika memang dia bakal dapat tiga kali lebih besar, berarti honor yang dia terima mencapai US$ 2 juta x 3 = US$ 6 juta alias Rp 84 miliar!

Abdulmanap sendiri mengatakan, bayaran senilai Rp 30 miliar yang diterima tahun lalu memang cukup kecil. Sementara itu Khabib sendiri sudah cukup sukses menghibur para fans penggila beladiri campuran (MMA), dan menjadi idola baru di dunia olahraga.

Gokil deh, uang sebesar itu mungkin bisa dibelikan rumah mewah di Menteng, Jakarta Pusat. 

Baca juga: Bakal Hadapi Khabib Nurmagomedov, Inilah Petarung dengan Bayaran Rp 4 Miliar

2. Ada bonus Rp 703 juta

khabib nurmagomedov
Semua yang berlaga dapat bonus. (Instagram/@mmajunkiedotcom)

USA Today memberitakan bahwa gak cuma uang Rp 84 miliar yang bakal diterima oleh Khabib. The Eagle bahkan menerima bonus sebesar US$ 50 ribu atau setara dengan Rp 703 juta!

Bonus itu diterima karena penampilan Khabib Nurmagomedov di Du Arena, Abu Dhabi dinilai sangat baik.

Gak cuma Khabib kok yang mendapatkan bonus ini. Ottman Azaitar, Belal Muhammad, dan Muslim Salikhov juga mendapatkan bonus yang sama.

Baca juga: Didenda Rp 7 M tapi Tetap Juara, Yuk Simak Quote Inspiratif Khabib Nurmagomedov

3. Khabib Nurmagomedov akan bantu misi sosial Dustin Poirier

khabib nurmagomedov
Habis duel kembali bersahabat di luar oktagon. (Instagram/@mmajunkiedotcom)

Pertarungan Khabib vs Poirier memang penuh respek, gak seperti ketika Khabib melawan McGregor tahun lalu. Di akhir pertandingan, dua petarung ini bahkan bertukar t-shirt lho.

Menurut Khabib, MMA adalah olahraga yang menuntut atletnya untuk saling menghormati.

Ketika sabuk itu sudah melingkar di pinggangnya, Khabib menegaskan bahwa dirinya akan mendukung kegiatan sosial yang dilakukan Poirier. Dia akan menjual seluruh t-shirt bertulisan Dustin Poirier yang dipersembahkan oleh Reebok. 

Hasil dari jualan t-shirt itu pun akan disetor ke badan amal milik Dustin Poirier.

Wah, inspiratif banget ya. Kalau kayak gini kan enak ngelihatnya, jadi pada adem setelah gebuk-gebukan di oktagon.

Intinya, di oktagon mereka boleh berantem dan berusaha saling bunuh. Tapi di luar oktagon, mereka tetap bersahabat.

4. Tony Ferguson atau Conor McGregor?

khabib nurmagomedov
McGregor sudah melayangkan tantangan. (Instagram/@mmajunkiedotcom)

Setelah mempertahankan sabuk juara Kelas Ringan UFC, siapa lagi yang akan menantang petarung asal Negeri Beruang Merah ini?

Presiden UFC, Dana White, menegaskan bahwa Tony Ferguson akan menjadi lawan Khabib selanjutnya. Itupun jika dia setuju untuk maju dan ketika Khabib juga sudah siap.

Namun seandainya petarung dengan julukan El Cucuy itu menolak, mau gak mau ya Conor McGregor yang akan maju. Pasti seru nih, menyaksikan rematch-nya Khabib vs Conor.

Belum lama setelah UFC mendeklarasikan kemenangan Khabib, McGregor langsung berkicau di akun Twitternya. Dia menantang Khabib dalam rematch.

Usai mengalahkan Poirier, Ferguson secara resmi memang berada di peringkat kedua. Sementara itu, The Notorious Conor McGregor ada di peringkat ketiga. Kita lihat saja ke depannya nih, siapa yang bakal melawan Khabib. 

Itulah tadi ulasan mengenai kabar terbaru Khabib Nurmagomedov. Sekarang, pastinya dia mau istirahat dan liburan dulu lah ya. Sesekali gak apa-apa deh piknik, yang penting setelah istirahat bisa langsung fit dan kembali ke oktagon. (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.