Gubernur Jatim Khofifah Dikenal Merakyat dan Sederhana, Ini 7 Buktinya!

3 menit
Khofifah (Instagram/@khofifah.ip)

Nama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memang terus menjadi sorotan masyarakat karena dikenal sebagai sosok yang merakyat, dan sangat sederhana.

Sebelum menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur, Khofifah pernah menjadi Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat di Bidang Industri, Perdagangan dan Pembangunan semasa kepemimpinan Almarhum Bacharuddin Jusuf Habibie dan Abdurrahman Wahid pada 1 Oktober 1999 hingga 26 Oktober 1999.

Setelah itu, Khofifah dinobatkan menjadi Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan Indonesia ke-5 dengan masa jabatan 26 Oktober 1999 hingga 23 Juli 2001.

Kemudian, di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Muhammad Jusuf Kalla, Khofifah menjabat sebagai Menteri Sosial Indonesia ke-27 selama empat tahun. Yaitu, dari 27 Oktober 2014 sampai 17 Januari 2018.

Kini bersama sang Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak, suami artis cantik Arumi Bachsin, wanita 54 tahun itu menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur sejak 13 Februati 2019. 

Pada Pilgub Jawa Timur 2018, Khofifah dan Emil Dardak berhasil mendapatkan suara hingga 10.465.218.

Jadi memang bisa dibilang, karier politik wanita kelahiran Surabaya, 19 Mei 1965 ini patut diacungi jempol. Pasalnya, sosok Khofifah dikenal sangat bersahaja dan dekat dengan rakyat.

Bahkan, orang nomor satu di Jawa Timur itu tak sungkan terjun langsung mengunjungi dan menyapa warganya. Mulai dari mendatangi panti asuhan yatim piatu, hingga membeli makanan di pinggir jalan.

Gak percaya? Berikut, tujuh buktinya seperti dirangkum MoneySmart lewat akun Instagramnya:

Makan di kantin Kementerian Sosial, Salemba

Khofifah
Khofifah (Instagram/@khofifah.ip)

Mengenakan kemeja putih yang senada dengan warna hijabnya, mantan Menteri Sosial itu tak sungkan menyantap makan siang di kantin bersama karyawan lain.

Gak cuma itu aja, wanita lulusan Universitas Indonesia tersebut tampak makan ikan, tempe dan tahu goreng dengan hanya menggunakan tangan.

Baca juga: Jajan Cilok Pinggir Jalan Hingga Belanja ke Pasar, Ini Bukti Jokowi Presiden Sederhana!

Mengunjungi panti asuhan yatim piatu

khofifah
Khofifah (Instagram/@khofifah.ip)

Mengunjungi Kota Sidoarjo, Khofifah mampir ke sebuah panti asuhan yatim piatu yang berada di wilayah tersebut. Ibu empat anak itupun tampak asyik bersenda gurau dengan anak panti.

Minum jamu tradisional

khofifah
Khofifah (Instagram/@khofifah.ip)

Tak bisa dipungkiri, perkembangan zaman yang semakin maju memang membuat beberapa makanan atau minuman tradisional mulai terlupakan. Salah satunya, jamu tradisional.

Lewat akun Instagramnya, Ibu Khofifah tak hanya menyebutkan minuman jamu kesukaannya, tapi juga mengajak generasi milenial melestarikan kembali minuman zaman dulu ini.

Beli makanan pinggir jalan

khofifah
Khofifah (Instagram/@khofifah.ip)

Dengan pakaian yang sangat sederhana, ibu empat anak itu juga gak malu membeli makanan pinggir jalan yang bahkan penuh dengan asap. Salut ya!

Mengendarai sepeda motor

khofifah
Khofifah (Instagram/@khofifah.ip)

Sebagai seorang petinggi kota, tentu bukan hal sulit untuk Khofifah duduk manis di sebuah mobil mewah. 

Nyatanya, dia pernah tertangkap kamera sedang mengendarai sepeda motor, bahkan membonceng Arumi Bachsin.

Datang ke pasar tradisional

khofifah
Khofifah (Instagram/@khofifah.ip)

Wanita yang diketahui sering menjadi pembicara forum internasional ini juga seringkali berkunjung ke pasar tradisional. Salah satunya, saat datang ke daerah Lamongan, Jawa Timur.

Tak lupa, dia juga mengajak semua orang untuk mengonsumsi ikan karena memiliki gizi yang banyak, terutama bagi ibu hamil dan anak-anak.

Menggunakan transportasi umum

khofifah
Khofifah (Instagram/@khofifah.ip)

Sejak MRT Jakarta beroperasi, masyarakat Indonesia memang terlihat sangat antusias menjalal transportasi umum ini yang satu ini, tak terkecuali Khofifah. Memakai baju batik dan hijab oranye, wanita berhijab itu tampak nyaman duduk di tengah warga yang lain.

Itulah tujuh potret yang menjadi bukti kesederhanaan Gubernur Jawa Timur, Khofifah yang menjadi salah satu faktor beliau disukai banyak orang. Gimana dengan kamu? (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.