Tobat sebagai Dukun, Ki Joko Bodo Ubah Rumah Rp 25 M Jadi Masjid! Begini Penampakannya

4 menit
Ki Joko Bodo
Ki Joko Bodo mengubah rumahnya jadi masjid (Instagram/@psikodinamikaconsulting)

Ki Joko Bodo tengah menjadi topik hangat perbincangan usai mewakafkan rumahnya untuk masjid. Rumah yang dulu dijadikan mantan paranormal itu sebagai tempat perdukunan, kini diubah menjadi masjid wakaf untuk kaum muslimin.

Rumah yang terletak tak jauh dari Museum Kesaktian Pancasila, Lubang Buaya, Jakarta Timur itu kental dengan aura mistis.

“Rumahku sudah aku wakafkan untuk masjid yang di sana, yang buat praktik (dukun) dulu itu,” kata Ki Joko Bodo dalam tayangan Selebrita Pagi.

Mengubah hidupnya yang dulu kental dunia mistik jadi lebih religius, pemilik nama Agus Yulianto itu tak hanya mewakafkan rumahnya jadi tempat beribadah bagi umat muslim.

Dia juga mengubah penampilannya di masa lalu yang identik dengan rambut gondrong serta jubah hitam jadi lebih rapi. Pria 45 tahun itupun membabat habis kumis serta janggutnya, serta menanggalkan jubah hitam ala dukun yang biasa dikenakan.

Lantas, seperti apa penampakan rumah Ki Joko Bodo yang dibangun pada tahun 1995 berada di kisaran harga Rp 25 Miliar?  

Ivan Gunawan (Igun) dan Ruben Onsu sempat mengabadikan kunjungan mereka ke rumah Ki Joko Bodo dalam BROWNIS – Igun & Ruben Main Ke Istana Ki Joko Bodo yang tayang di kanal YouTube Trans TV Official. Yuk, simak di sini:

Istana wong sintink

Ki Joko Bodo
Istana Wong Sintink menyambut rumah Ki Joko Bodo (YouTube Brownis)

Rumah yang disebut sebagai ‘Istana Wong Sinting’ itu bangunannya menyerupai candi. Tak sembarangan, dua buah candi itu dibuat dari bebatuan gunung merapi.  

Sosok ular naga dan naga serta  pahatan-pahatan relief mendominasi setiap sisi dari bangunan kediaman paranormal lulusan Universitas Cokroaminoto, Yogyakarta itu.

Ki Joko Bodo
Relief-relief candi menghiasi fasad depan rumah Ki Joko Bodo (YouTube Brownis)

Tepat di atas rumah utama, bertengger patung seekor burung hantu berwarna cokelat melebarkan sayap.

Baca juga: Rumah Mewah Rp 50 M Milik Andhika Pratama dan Ussy Sulistyawati, Ini Penampakannya

Ki Joko Bodo
Sebuah pintu kayu penuh ukiran menghiasi rumah Ki Joko Bodo (YouTube Brownis)

Sebuah ukiran kayu yang natural tampak menghiasi pintu besar di depan rumah ayah 10 anak itu.

Banyak pepohonan

Ki Joko Bodo
Banyak pepohonan di rumah Ki Joko Bodo (YouTube Brownis)

Rumah tersebut juga semakin terlihat seram lantaran banyak pepohonan yang dibiarkan tumbuh dalam pekarangan rumah.

Bahkan, beberapa ranting tampak masuk ke dalam rumah, hingga membuat lantai berserakan dengan daun kering.

Baca juga: Mewah dan Luas, Begini Penampakan Rumah Hitam Putih Tata Janeeta

“Konsepku bangun rumah cuma biasa-biasa aja sih, artistik aja, karena kan rumah ku itu adalah surgaku, aku kan belum pengalaman bangun rumah, terus ada tanah ya udah tempel-tempel aja ternyata kok begini, akhirnya ku tambah-tambahin,” ungkapnya.

Sarang laba-laba yang dibiarkan

Ki Joko Bodo
Sarang laba-laba dibiarkan di rumah Ki Joko Bodo (YouTube Brownis)

Ketika mulai berkeliling, Igun menanyakan banyaknya sarang laba-laba yang ada di rumah beraura mistis tersebut.

Menjawab pertanyaan tersebut, Ki Joko Bodo mengaku sengaja membiarkan sarang laba-laba dan tidak ingin membersihkannya.

“Pohon itu jangan ditebang, kalo bisa ini biar tampak kotor gitu,” imbuhnya.

Dihiasi ornamen khas Jawa

Ki Joko Bodo
Ornamen Jawa menghiasi rumah Ki Joko Bodo (YouTube Brownis)

Masuk ke dalam rumah, hunian ini semakin mirip istana. Tampak tangga dengan ukiran mewah menghiasi rumah tersebut. Lampu gantung di tengah ruangan menambah kesan glamor dan klasik hunian tersebut.

Ki Joko Bodo
Ornamen Jawa menghiasi rumah Ki Joko Bodo (YouTube Brownis)

Ki Joko Bodo juga menghiasi rumah yang agak gelap itu dengan lukisan-lukisan khas Jawa dan wayang.

Gua lorong waktu

Ki Joko Bodo
Gua lorong waktu di rumah Ki Joko Bodo (YouTube Brownis)

Area paling mistis di rumah Ki Joko Bodo ialah gua yang terletak di bawah tanah huniannya. Dia menyebut area satu ini sebagai gua lorong waktu.

Menurut pengakuannya, lorong waktu ini bisa digunakan untuk mempersingkat waktu saat pergi jarak jauh.

Ki Joko Bodo
Gua lorong waktu di rumah Ki Joko Bodo (YouTube Brownis)

Dia bahkan pernah pergi ke Eropa dalam waktu sekejap lewat gua tersebut tanpa harus memikirkan visa kunjungan negara.

Itulah penampakan rumah Ki Joko Bodo yang penuh aura mistis dan kini diubah fungsi menjadi masjid usai pemiliknya bertobat tak lagi menjadi dukun. Gimana menurut kamu?

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan