Atasan Sering Lakukan Hal Ini ke Kamu? Itu Artinya Kinerjamu Memuaskan

4 menit
Seorang bos di sebuah perusahaan (Shutterstock).

Kinerja karyawan adalah salah satu aspek terpenting dalam mengembangkan sebuah perusahaan. Seandainya kinerjanya produktif atau bahkan mengagumkan otomatis perusahaan tersebut juga akan mengalami kemajuan pesat. Jadi tanggung jawab memajukan perusahaan bukan semata-mata tugas manajerial atau direksi saja.

Bagi kamu seorang karyawan mungkin belum tahu apakah kinerjamu selama ini baik atau tidak. Indikator yang paling sering jadi tolak ukur keapikan bekerja adalah naik pangkat, atau pemberian bonus. Tapi kamu juga bisa mengetahuinya dari sikap atasan ke kamu selama ini.

Berikut ini sikap atasan yang menandakan bahwa kinerja karyawan atau bawahannya sangat mengagumkan dikutip dari Businessinsider.

Baca juga: Yuk Nostalgia! Merek Mobil Terkenal Ini Diambil dari Nama Hewan Lho

1. Memberimu tantangan

Seorang atasan tengah memberikan tantangan kepada bawahannya (Shutterstock).

Pernahkah kamu mendapatkan tugas dari bos yang sulit, bahkan untuk memikirkan cara mengerjakannya saja kamu masih belum tahu? Jangan marah dan kesal dulu! Pekerjaan berat itu bukan berarti dia mau menghukummu atau mau membuatmu merasa kesusahan, tapi itu salah satu tanda kalau kinerjamu selama ini memuaskan.

Dia mau mengetesmu apakah kamu bisa naik level. Salah satunya dengan memberikan tugas yang terbilang sulit. Toh kalau gak bisa, kamu juga masih boleh buat konsultasi ke dia kok. Positifnya, kamu jadi dapat ilmu baru dan levelmu di mata bos jadi meningkat.

2. Sering meminta masukan

Sering minta masukan kepada atasan (Shutterstock).

Nah kalau misalnya si bos sering minta masukan darimu, berarti kamu salah satu orang yang diperhitungkan. Kinerja dan kontribusimu dalam mengembangkan bisnis perusahaan sudah diacungi jempol, jadi mereka gak ragu-ragu buat minta masukan darimu.

Karena gak jarang juga bos yang masih meragukan kemampuan karyawannya. Lebih sering memerintah dan menjalankan kebijakan seorang diri. Padahal kan, siapa tahu masukan dari bawahan bermanfaat.

Baca juga: Mobil Low MPV Terbaru Pabrikan Jepang yang Harganya di Bawah Rp 200 Jutaan

3. Menyuruhmu terlebih dahulu

Menyuruh terlebih dahulu (Shutterstock).

Kadang memang merasa gak adil kalau bos memerintahkan apa-apa ke kita dulu. Sedangkan rekan kerja yang lainnya memiliki beban kerja yang lebih sedikit. Itu tandanya, bosmu pengin memprioritaskan kamu sebagai orang yang bertanggung jawab memegang tugas tersebut.

Kamu berada di puncak prioritasnya, tandanya kamu lah orang yang paling ia percaya. Bersyukur kamu menjadi orang kepercayaan, daripada tidak digubris seperti yang lain. Hal ini juga bagus untuk karier kamu ke depannya. Potensi kamu untuk naik jabatan lebih tinggi ketimbang teman-temanmu yang lainnya.

4. Memberimu tanggung jawab lebih

Memberi tanggung jawab lebih (Shutterstock).

Gak mungkin kalau seorang bos memberikan suatu tugas penting dalam jumlah banyak kepada karyawan yang biasa-biasa saja. Mereka lebih memilih bawahan yang memiliki kualitas yang baik.

Seandainya kamu sekarang sering mendapatkan tanggung jawab yang lebih, bahkan sudah diberikan tugas yang memiliki urgensi penting buat perusahaan, tandanya kamu adalah andalan bosmu.

Meski beban yang diberikan sulit dan terlampau banyak, di mata bosmu kamu karyawan yang paling ia sukai dalam hal kinerja. Dia hanya pengin tugas-tugas penting bisa diselesaikan dengan sangat baik melalui karyawan terbaik pula.

Baca juga: Pengin Liburan Mewah Tapi Gak Menguras Kantong? Begini Caranya

5. Meminta kamu mengajari rekan-rekan yang lainnya

Mengajari rekan kerja (Shutterstock).

Di antara puluhan, atau ratusan, atau bahkan ribuan karyawan pasti ada salah satu yang memiliki kemampuan dan ilmu yang lebih dari yang lainnya.

Nah biasanya, potensi yang dimiliki si karyawan ini sering dimanfaatkan atasan untuk memberikan ilmu kepada karyawan lainnya. Tujuannya tentu saja agar produktivitas karyawan lainnya juga meningkat, jadi bisa mengerjakan tugas dengan mudah.

Nah kalau kamu salah satu orang yang sering disuruh untuk mengajarkan ke rekan-rekan kerja yang lainnya, berarti si bos sangat mengagumi kinerja dan kemampuan. Kamu sudah merasa seperti karyawan andalan baginya.

Kesempatan seperti ini ternyata juga bermanfaat buat kamu. Artinya, kamu bisa mengasah kemampuan kepemimpinan dan menunjukkan keahlian yang kamu punya ke karyawan-karyawan lainnya.

6. Memberikan proyek besar

Memberi proyek besar (Shutterstock).

Ini sih sudah jelas, kalau bosmu kagum sama kinerjamu. Gak mungkin mereka menaruh nasib sebuah proyek besar dan penting kepada karyawan yang biasa-biasa saja. Butuh kemampuan dan sosok yang spesial untuk menanganinya.

Karena pastinya hasil dari kerjaan tersebut sangat berpengaruh besar bagi keberlangsungan bisnis perusahaan. Kalau hasilnya jelek dan klien marah, nama baik perusahaan jelek dong.

7. Tunduk ke kamu

Atasan dan anak buah (Shutterstock).

Tunduk di sini maksudnya bukan berarti si bos mau menuruti apa saja permintaanmu. Tapi, setiap saran dan masukan yang kamu lontarkan pasti diamini oleh bos atau bahkan dikerjakan. Nah kalau sudah kaya gini, berarti kamu salah satu orang yang dia kagumi.

Banyak atasan yang memiliki pemikiran tersendiri, tapi tidak gengsi untuk menyatakan bahwa gagasan bawahannya andalannya, lebih baik daripada pemikirannya.

Itu tadi salah satu tanda-tanda kalau bos kamu mengagumi kinerja kamu. Memang sih beberapa di antaranya terlihat seperti memberikan hukuman. Tapi yakinlah kalau semua yang dilakukannya terhadap kamu itu karena dia mempercayaimu, dia yakin kamu orang yang tepat untuk mengerjakan tugas-tugas dengan sangat baik.

Buat para bos, kalau mau kinerja karyawan atau bawahannya lebih baik lagi, jangan lupa juga untuk memenuhi hak-hak mereka. Misalnya, memastikan ketersediaan barang dan peralatan kerja, membangun lingkungan kerja yang menyenangkan, menjalin komunikasi yang baik, pelatihan, dan yang utama adalah bonus. (Editor: Winda Destiana Putri).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan