Sukses di MLM Lalu Jadi YouTuber, Inilah Kisah Inspiratif Chandra Putra Negara

4 menit
Chandra Putra Negara. (Instagram/@chandraputranegara)
Chandra Putra Negara. (Instagram/@chandraputranegara)

Dibandingkan dengan deretan pengusaha-pengusaha sukses di Indonesia, Chandra Putra Negara emang masih kalah pamor. Namanya pun gak bakal kamu temukan di daftar orang terkaya versi Forbes ataupun Globe Asia.

Namun, kalau bicara tips-tips sukses, nama Chandra Putra Negara cukup dikenal. Sebab selama ini sosoknya dikenal lewat channel YouTube SuccessBefore30 miliknya.

Di channel tersebut Chandra membagikan banyak kisah. Mulai dari jatuh bangunnya dalam menjalankan usaha, tips sukses, kiat-kiat membangun usaha, hingga tips mengelola keuangan. Berkat konten-konten tersebut, sebanyak 854 ribuan akun telah menjadi subscriber channel SuccessBefore30.

Gak cuma itu, Chandra Putra Negara juga menulis buku yang diberi judul Badai Pasti Berlalu. Buku ini berisi perjalanan hidupnya dari masa-masa sulit hingga akhirnya merasakan sukses seperti sekarang.

Karena judul bukunya tersebut, gak sedikit yang penasaran seperti apa kisah hidup Chandra Putra Negara dulunya. Penasaran dengan kisahnya, simak yuk ulasannya berikut ini.

Terlahir sebagai anak atlet basket

Instagram/@chandraputranegara
Instagram/@chandraputranegara

Seperti yang diungkapkannya di SuccessBefore30, Chandra Putra Negara lahir pada 21 Desember 1976 di Surabaya. Ia merupakan anak bungsu dari lima bersaudara.

Ayahnya adalah seorang atlet basket di klub Cahaya Lestari Surabaya (CLS). Begitu juga dengan ibunya yang juga merupakan atlet.

Dibesarkan orang tua yang gemar berolahraga bikin Chandra bersama saudara-saudaranya juga doyan berolahraga. Saat itu, olahraga yang ditekuninya adalah renang.

Ia selalu bangun pukul 4 pagi, berenang, kemudian barulah berangkat sekolah. Dari sinilah Chandra terbiasa buat hidup disiplin.

Sosok yang kurang percaya diri selama sekolah

Instagram/@chandraputranegara
Instagram/@chandraputranegara

Semasa sekolah, Chandra Putra Negara pernah jadi korban bullying. Gara-gara badannya yang kurus, ia selalu aja dikerjai teman-temannya.

Meskipun ia ikutan bela diri Taekwondo, tetap aja ia merasa masih kurang percaya diri. Tetap belum percaya diri, tidak lantas membuatnya berhenti latihan Taekwondo. Justru, ia makin menekuni olahraga tersebut.

Sampai akhirnya ia berhasil mendapat perunggu dalam Kejurda se-Jatim (1994) dan Kejuaraan Se-Jabodetabek (1995). Ia juga pernah menjadi juara satu Kejurda Provinsi Jatim pada tahun 2000.

Jadi guru les hingga terjun ke bisnis MLM

Instagram/@chandraputranegara
Instagram/@chandraputranegara

Chandra Putra Negara melanjutkan pendidikannya dengan berkuliah di Universitas Surabaya (Ubaya) tahun 1994. Semasa kuliah, usaha ayahnya mengalami masalah.

Demi meringankan beban orang tuanya, Chandra memutuskan buat menjadi guru les agar mendapatkan uang tambahan. Hitung-hitung, sembari belajar kerja, Chandra bisa menambah uang saku.

Pada saat-saat mengajar les itulah, Chandra tahu tentang bisnis multi level marketing (MLM) dari muridnya. Ia pun berkenalan dengan Bentek Hijani, salah seorang Crown Star Director (CSD) KK Indonesia. Sebagai informasi CSD adalah salah satu posisi tertinggi dalam jenjang karier di bisnis MLM KK Indonesia. Ia pun pernah mengikuti Personal Development Seminar (PDS) yang diisi motivator kenamaan Dr. Andrew Ho.

Usaha ayahnya bangkrut hingga ditinggal pergi ibunya

Instagram/@chandraputranegara
Instagram/@chandraputranegara

Saat menapaki kariernya, Chandra mengalami masa-masa sulit ketika menginjak usia 22 tahun. Ibunya sakit-sakitan dan usahanya ayahnya bangkrut.

Padahal, saat itu adalah masa di mana dirinya mulai menapaki karier di dunia MLM. Mau gak mau Chandra harus pintar-pintar mengatur waktunya. Ada waktu di mana ia menjaga ibunya di rumah sakit, ada waktu di mana ia fokus dengan kerjaannya.

Titik terberat dalam hidupnya ketika ibunya pergi untuk selama-lamanya. Dalam kondisi yang terpuruk, ia mendapat kabar kalau ibunya ternyata punya utang Rp 400 juta. Ini masih ditambah lagi kabar kalau usaha ayahnya bangkrut. Kasihan banget Chandra ini!

Bangkit kembali dan sukses di bisnis MLM

Instagram/@chandraputranegara
Instagram/@chandraputranegara

Perlahan-lahan Chandra Putra Negara bangkit kembali. Bisnis MLM yang sempat ditinggalkannya ditekuninya lagi.

Aset-aset yang dimiliki ayahnya emang benar udah dijualnya buat bayar utang ibunya. Namun, masih ada sisa utang yang belum dilunasi.

Chandra pun bekerja keras selama di perusahaan KK Indonesia. Perjuangan yang dilakukan Chandra gak sia-sia. Ia pun akhirnya berhasil mewujudkan mimpinya menjadi Diamond Star Director setelah 10 bulan.

Ternyata usaha yang dilakukannya tersebut gak cuma membawa dirinya ke jenjang karier yang tinggi, tapi ia juga berhasil melunasi sisa utang ibunya.

Dari penulis buku hingga menjadi YouTuber

Instagram/@chandraputranegara
Instagram/@chandraputranegara

Pengalaman yang dialami Chandra Putra Negara tersebut kemudian dibagikan lewat buku. Ia menulis buku yang berjudul Badai Pasti Berlalu. Buku ini mengisahkan hidupnya mulai dari pengalaman pahitnya hingga akhirnya sukses seperti sekarang.

Selain itu, ia juga berbagi pengalamannya di YouTube lewat channel SuccessBefore30. Di situ ia membagikan tips-tips seputar menjadi sukses dan financial management.

Itu tadi kisah hidup Chandra Putra Negara yang pernah mengalami masa sulit hingga akhirnya bisa berhasil berkat bisnis MLM yang digelutinya.

Dari cerita di atas kita bisa belajar, bahwa kalau pengin sukses kita gak boleh menyerah. Apalagi kalau dilakukan dengan kerja keras, pokoknya dijamin bakal sukses deh. Semoga informasi di atas bermanfaat ya buat kamu dan makin bikin kamu termotivasi buat menjadi sukses!

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong