Kisah Inspiratif: 5 Selebriti Ini Jadi Kaya di Atas Usia 40 Tahun

kisah inspiratif

Dalam kisah inspiratif kali ini, kamu bakal sadar bahwasannya gak ada kata terlambat dalam menggapai kesuksesan. Hal itu telah dibuktikan sendiri oleh lima orang terkenal ini.

Jadi tajir bukan hanya bergantung dengan faktor keberuntungan semata lho. Mereka juga harus banting tulang untuk berkarya dalam bidang yang digelutinya.

Kisah hidup mereka tentunya beda sama selebriti lain yang sudah tajir saat masih kecil ya. Karena mereka merintis karirnya dari nol.

[Baca: 7 Artis Kaya Raya Sejak Lahir Ini Udah Tajir Duluan Sebelum Terkenal]

Dan yang pasti nih, mereka bukanlah Colonel Sanders, Ray Kroc, dan sebagainya ya. Cerita tentang mereka sudah sering kamu dengar pastinya.

Lima tokoh ini berasal dari profesi yang berbeda. Mereka semua masih hidup dan tentunya ya makin tajir.

Penasaran dengan mereka? Yuk simak ulasan soal kisah inspiratif di bawah ini.

1. Morgan Freeman

kisah inspiratif
Morgan Freeman (Liputan6)

Kamu tentu familiar sama aktor Hollywood senior sekaligus produser film berkulit hitam kelahiran 1937 silam ini. Bakat akting Freeman sudah terlihat saat dia masih sembilan tahun, dan dia juga pernah memenangkan perlombaan seni drama tingkat nasional.

Ketika dia beranjak dewasa, Freeman justru bergabung di Angkatan Udara Amerika Serikat selama empat tahun. Namun pada awal 1960, dia berhenti dari karirnya di dunia militer dan pindah ke California, di situlah karirnya di bidang seni dimulai dengan bermain teater.

Lambat laun, Freeman pun mencoba mencari keberuntungan di dunia perfilman. Dia pun tampil perdana di film Who Says I Can’t Ride a Rainbow? Yang dirilis pada 1971.

Dari tahun 1971 hingga 1980an, Freeman selalu dapat peran pembantu dalam sebuah film. Namun lama kelamaan, dia pun jadi beken. Pada saat film Driving Miss Daisy meluncur tahun 1989, Freeman yang saat itu berusia 52 tahun baru saja merasakan naik daun.

Tawaran bermain film pun bermunculan, segudang penghargaan pun dia sabet seiring dengan berjalannya waktu. Alhasil, pria berusia 80 tahun itu sekarang punya kekayaan sebesar US$ 150 juta atau sekitar Rp 2 triliun.

2. Stan Lee

kisah inspiratif
Stan Lee (Kompas)

Apa kamu familiar dengan kakek berusia 90 tahun ini? Dialah Stan Lee, pencipta tokoh-tokoh komik Marvel termasuk sang manusia laba-laba, Spiderman.

[Baca: 4 Hal yang Bisa Dipelajari Entrepreneur dari Spiderman]

Sejak tahun 1939, Stan Lee bekerja sebagai editor komik. Dia pun pernah berkarir di dunia militer, menjadi penulis, dan ilustrator.

Pada awal dekade 1960an, dia menerima tantangan dari bosnya untuk membuat serial komik yang kiranya bisa menandingi serial Justice League milik DC Comics yang lagi ngetop. Dan coba tebak apa yang diciptakan oleh Stan Lee?

Dia dan Jack Kirby menciptakan kisah Fantastic Four di tahun 1961. Dan gak lama kemudian, lahirlah karakter Marvel lainnya, sebut saja Hulk, Spiderman, Dr Strange, Daredevil, hingga X-Men.

Di tahun 1972, Stan Lee yang berusia 50 tahun itu diangkat menjadi Direktur Redaksi dan Penerbit Marvel Comics. Dan sampai saat inilah, dia selalu terlibat dalam semua film yang berasal dari Marvel. Kekayaan pria yang sudah mengabdi di Marvel Comics selama 65 tahun ini kini ditaksir ada di angka US$ 50 juta atau setara dengan Rp 688 miliar.

3. Simon Cowell

kisah inspiratif
Simon Cowell (Kompas)

Bila kamu sering nonton American Idol, kamu tentu tahu sama pria yang sering jadi juri ini. Nama Cowell memang sangat terkenal karena dia sering melontarkan komentar pedas dan kontroversi ke para kontestan.

Asal kamu tahu, Cowell baru ngetop tahun 2001 lebih tepatnya ketika American Idol pertama kali diselenggarakan. Dulunya dia pernah jadi kru film karya Stanley Kubrik, bekerja di label rekaman EMI, dan BMG record.

Kesuksesan pertama yang dinikmati Cowell adalah ketika label rekamannya berhasil merilis album Westlife. Di situlah untuk pertama kalinya Cowell yang saat itu berusia 39 tahun berhasil merasakan kesuksesan. Tapi nama Cowell belum setenar ketika dia masuk Indonesian Idol, lebih tepatnya saat dia berusia 41 tahun.

Setelah tenar di Indonesian Idol, Cowell juga menjadi juri di X Factor pada 2004. Lalu di tahun 2006, dia juga tampil di acara America Got Talent dan Celebrity Duels. Lambat laun, pria ini menjadi produser di berbagai acara televisi lho. Hingga akhirnya pada tahun 2010, dia masuk dalam jajaran 100 Pria Paling Berpengaruh di Dunia.

Menurut laporan dari The Sun, kekayaan Cowell diprediksi ada di angka 300 juta Poundsterling. Jumlah itu setara dengan Rp 5,7 triliun.

4. Vera Wang

kisah inspiratif
Vera Wang (Bintang)

Desainer ternama asal Amerika Serikat ini, tentu wajib kita masukkan ke dalam kisah inspiratif ini. Vera Wang yang saat ini berusia 68 tahun, dulu sempat bekerja di Majalah Vogue sebagai jurnalis dan mengabdi selama 17 tahun!

Pada tahun 1987, Wang pensiun dari profesinya sebagai kuli tinta dan bergabung dengan Ralph Lauren selama dua tahun. Setelah itu, Wang yang sudah berusia 41 tahun memutuskan untuk memulai usahanya sendiri sebagai desainer baju.

Saat dia mulai berbisnis, Wang justru kebanjiran order dan karyanya pun beken di mata masyarakat. Jangan salah lho, Wang lah yang mendesain gaun milik Victoria Beckham, Michelle Obama, Chelsea Clinton, Alicia Keys, Sarah Michelle Gellar, Avril Lavinge, dan Kim Kardashian.

Forbes melaporkan pada 2017, kekayaan Vera Wang mencapai US$ 630 juta atau setara dengan Rp 8,6 miliar. Saking tajirnya, Wang pun membeli rumah yang dulu pernah ditempati oleh mantan Ibu Negara AS, Jackie Onassis Kennedy.

5. Barack Obama

kisah inspiratif
Barack Obama (Okezone)

Siapa yang gak kenal sama mantan Presiden Amerika Serikat yang pernah tinggal di Indonesia ini. Obama merupakan seorang sarjana politik yang menyelesaikan studinya pada 1983 silam. Kesuksesannya pun wajib kita masukkan ke dalam kisah inspiratif kali ini. 

Selama tiga tahun setelah lulus, Obama bekerja dengan organisasi Gereja setempat dan akhirnya melanjutkan studinya di Harvard pada 1988. Pada tahun 1992 hingga 2004, Obama mengajar di Universitas Chicago. Sementara itu, karir politiknya sudah dimulai di tahun 1996 di Dewan Perwakilan Rakyat.

Kursi senator berhasil didudukinya dari tahun 2004 hingga 2008. Saat itu Obama yang berusia 43 tahun sudah mencicipi gaji sebesar US$ 60.287. Tahun 2005 hingga 2009 tampaknya menjadi tahun keberuntungan Obama. Pasalnya dia gak cuma terima gaji, namun dia juga terima royalti dari buku-bukunya yang laris terjual.

Total pendapatan dari buku itu sendiri gak tanggung-tanggung yaitu mencapai US$ 3,3 juta! Gak heran kalau tahun 2007 ambisi politiknya untuk jadi orang nomor satu di Negeri Paman Sam mulai kelihatan.

Tepat pada usianya yang ke 47, Obama berhasil menjadi orang nomor satu di AS dengan gaji sebesar US$ 400 ribu. Di saat yang sama, dia juga memenanghan penghargaan Nobel dan mendapat uang US$ 1,4 juta. Time melaporkan, kekayaan pria yang sudah berhenti merokok itu dikabarkan mencapai US$ 12,2 juta atau setara dengan Rp 167 miliar.

[Baca: Harga Rokok Naik Lagi 2018, Ini 4 Tips Berhenti Merokok Ala Obama]

Itulah kisah inspiratif kita pada hari ini. Lima tokoh atau selebriti dengan lima profesi yang berbeda, dan tentunya jumlah kekayaanya juga berbeda ya.

Dulunya mereka cuma orang biasa, tapi berkat kerja kerasnya maka dia berhasil menikmati hasilnya saat menginjak usia 40 tahunan. Morgan Freeman malah bekennya pas umur 50 tahunan.

Kisah mereka tentu mengingatkanmu, kesuksesan bisa datang kapan saja. Mungkin saat tua kamu baru merasakannya. Tapi kesuksesan gak bakal datang tanpa adanya kerja keras dan semangat juang yang tinggi.

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560