Kisah Orang Kaya Tertua di Dunia yang Masih Ngantor di Usia 100 Tahun

3 menit
kisah inspiratif pengusaha
Chang Yun Chung. (Forbes)

Berbagai pelajaran hidup bisa kita dapatkan dari mana saja, orang tua, guru, maupun lingkungan sekitar. Sesuaikan saja dengan kebutuhanmu. Kalau pengin mempelajari soal karier agar lebih sukses, belajarlah dari kisah sukses petinggi-petinggi perusahaan.

Sementara itu, kalau kamu mau mendapatkan pelajaran berharga soal sukses berbisnis, bisa membaca-baca kisah inspiratif pengusaha. Mengetahui kisah orang-orang sukses juga bisa bikin kita semangat bekerja, apalagi kalau orang sukses tersebut dulunya dari kalangan biasa-biasa saja.

Tapi intinya jangan cuman dibaca tapi diresapi dan kalau perlu diteladani cara mereka meraih kesuksesan. Kalau dibaca doang sih gak bakal berpengaruh ke nasibmu.

Berikut ini ada orang kaya tertua di dunia yang patut kamu jadikan panutan. Gimana gak, di usianya yang sudah tiga digit, ia masih terlibat aktif dalam bisnisnya. Siapa dia? Yuk simak kisah inspiratif pengusaha sukses yang satu ini.

Baca juga: Dulu Buruh Pasir, Danu Sofyan Kini Jualan Cendol dengan Omzet Rp. 1,5 Miliar

Orang kaya tertua versi Fobes

kisah inspiratif pengusaha
Chang Yun Chung. (CNBC)

Dia adalah Chang Yun Chung, pengusaha sukses asal Singapura yang kini berusia 100 tahun. Menurut Forbes, Chang termasuk orang kaya tertua di dunia dengan total kekayaan mencapai US$ 2,2 miliar atau Rp 31 triliunan.

Chang adalah pendiri dari Pacific International Lines pada tahun 1967. Perusahaan ini bergerak di bidang jasa pengiriman barang yang berbasis di Singapura. Saat didirikan, mereka menjalankan bisnis dengan dua unit kapal bekas. Tapi kini bisnis terus berkembang dari tahun ke tahun hingga total kapal yang dimiliki ada 160 unit.

Pacific International Lines telah memiliki jaringan yang luar biasa pesat, gak cuman antar Asia Tenggara. Kapal-kapal kargo mereka telah melayani pengiriman hingga ke Asia Selatan, hingga ke Afrika.

Dalam membesarkan perusahaan ini, Chang diketahui sebagai sosok yang berintegritas tinggi dan pekerja keras. Kehebatan Chang pun diakui oleh sang anak, Teo Siong Seng.

“Tetapi ayah saya mengajari saya satu hal, Kamu ingin orang-orang mematuhimu bukan karena kekuasaan, bukan karena kekuatan, atau karena kamu keras, tetapi lebih karena integritas, kualitas, orang-orang benar menghormati kamu dan mendengarkan kamu,” kata Teo Siong Seng seperti dikutip dari CNBC.

Baca juga: Gak Tamat SD, Ini Crazy Rich Pariaman yang Punya Ferrari, Harley, dan Aston Martin

Masih rajin ngantor setiap hari

kisah inspiratif pengusaha
Chang Yun Chung. (Forbes)

Chang telah memindahtangankan tongkat estafet kepemimpinan Pacific International Lines ke anaknya Teo Siong Seng tahun 2018 lalu. Tapi bukan berarti ia lebih memilih untuk bersantai-santai di rumah lho. Chang justru tetap rajin ke kantor setiap harinya.

Rutinitas yang satu ini sangat tidak bisa ia tinggalkan. Gak cuman asal datang, tapi dia juga ikut memantau dan memeriksa setiap departemen yang ada di perusahaan. “Aku tidak bisa tinggal di rumah. Sangat bosan,” kata Chang seperti dikutip dari CNBC. Biar gak lupa, ia pun tetap mencatat aktivitasnya sehari-hari. Metode itu juga dijadikan sebagai upaya untuk menjaga agar pikirannya tetap bekerja dan aktif.

Gak cuman itu, Chang juga turut membimbing sang anak agar perusahaan dengan total 18.000 karyawan itu tetap maju dan semakin berkembang. Setiap pagi dan waktu makan siang, Chang selalu memberikan masukan kepada anaknya Teo.

Pembelajaran yang bisa dipetik dari kisah inspiratif pengusaha sukses satu ini adalah jangan mudah menyerah dan teruslah bekerja keras. Chang yang berusia 100 tahun saja tetap bekerja, masa kamu yang baru berusia 20-an ketemu hari Senin saja sudah malas. (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan