Bagi-bagi Uang Rp 299 Triliun buat Amal, Ini Kisah Pengusaha Sukses asal India

3 menit
Bagi-bagi Uang Rp 299 Triliun buat Amal, Ini Kisah Pengusaha Sukses asal India, (Instagram/@@azimpremjiuniv).

Di dunia ini sudah banyak pengusaha sukses bergelimang harta. Kehidupan mereka yang selalu dipenuhi kemewahan membuat siapa saja bikin iri hati.

Meski kaya harta, banyak dari mereka yang gak lupa misi sosial. Membantu sesama ke pada semua orang yang membutuhkan. Jumlahnya pun gak tanggung-taggung, mencapai triliunan rupiah sekali donasi.

Salah satu donasi yang paling fenomenal adalah yang dilakukan oleh bos Microsoft, Bill Gates. Gates melalui yayasannya, sudah mengucurkan setidaknya lebih dari Rp 300 triliunan. Jumlah tersebut sekitar 25 persen kekayaannya, gak cuma itu, sebagai orang yang beberapa kali memuncaki daftar orang terkaya di dunia ini juga pernah melunasi utang sebuah negara. Yaitu utang dari Nigeria ke pada Jepang senilai Rp 950 miliar.

Kalau nama Bill Gates mungkin sudah gak asing di telinga kamu. Bagaimana dengan nama Azim Premji? Pengusaha sukses asal India ini juga doyan bagi-bagi uang lho. Penasaran bagaimana sepak terjangnya di dunia bisnis hingga menjadi orang yang memiliki jiwa sosial tinggi? Yuk simak ulasannya di bawah.

Baca juga: Dulu Gelandangan Kini Pengusaha Kaya Raya Beristri Cantik, Simak Kisahnya!

Menjadi bos sejak usia 21 tahun

Azim Premji udah menjadi bos di perusahaan saat dirinya masih berusia 21 tahun, (Instagram/@azimpremjiuniv).

Azim Premji lahir pada tahun 1945 di India, terlahir dari keluarga pengusaha. Ayahnya, bernama Mohamed Premji merupakan pemilik usaha toko penjualan sayur yang cukup sukses saat itu, Western India Vegetables Products Ltd. Buktinya Azim mampu bersekolah hingga ke Stanford University di Amerika Serikat.

Tapi kemudian ayahnya wafat dan terpaksa gak Azim harus kembali ke India dan menggantikan posisi ayahnya sebagai pimpinan perusahaan.

Padahal usianya saat itu baru 21 tahun, namun Azim berhasil merubah usaha ayahnya itu semakin berkembang. Gak cuma berjualan minyak dan sayuran, tapi juga melebarkan sayap menjual kebutuhan-kebutuhan pokok seperti sabun hingga alat elektronik.

Baca juga: Tinggalkan Pekerjaan Utama, 4 Pengusaha Ini Justru Sukses Lewat Kerja Sampingan

Merubah bisnis ayahnya menjadi perusahaan raksasa IT di India

Merubah bisnis ayahnya menjadi perusahaan raksasa IT di India, (Instagram/@wiprolimited).

Tahun 1977, Azim Premji memutuskan untuk mengganti nama perusahaan yang didirikan sang ayah menjadi Wipro. Tahun 1980 inovasi-inovasinya terus bermunculan, mulai mencari peluang bisnis di masa depan yang semakin canggih dengan teknologi. Akhirnya, Wipro merambah ke dunia IT menyediakan alat-alat perangkat komputer hingga software.

Gak tanggung-tanggung bahkan Wipro memiliki lembaga riset tersendiri di Silicon Valley. Jadi gak heran kalau bisnis ini terus mengalami perkembangan pesat. Klien mereka pun juga gak main-main, semua sektor teknologi dilibas sebagai pelanggan mereka. Ada yang dari perusahaan penerbangan, pertambangan, perbankan, hingga medis.

Baca juga: Mengenal 4 Pengusaha Kaya Raya di Balik Kubu Joko Widodo dan Ma’ruf Amin

Masuk daftar orang terkaya versi Forbes

Masuk daftar orang terkaya versi Forbes, (Instagram/@wiprolimited).

Seiring dengan berkembang pesatnya Wipro, tentunya pundi-pundi keuangan Azim Premji juga ikut meroket. Bayangkan saja, pendapatan yang bisa dihasilkan oleh Wipro bisa mencapai US$ 8,4 miliar atau Rp 119 triliunan.

Dengan pendapatan sebesar itu, kekayaannya hingga detik ini mencapai US$ 21,8 miliar atau Rp 311 triliunan. Alhasil Azim Premji berhasil masuk dalam daftar orang terkaya kedua di India pada tahun 2018, dan menempati posisi ke 36 orang terkaya di dunia tahun 2019 versi Forbes.

Mendirikan yayasan Azim Premji Foundation dan nyumbang Rp 299 triliunan

Mendirikan yayasan Azim Premji Foundation dan nyumbang Rp 299 triliunan, (Instagram/@azimpremjiuniv).

Meskipun sudah menjadi pengusaha sukses, Azim Premji juga memiliki jiwa sosial yang tinggi. Ia bahkan mendirikan yayasan sendiri yang diberi nama Azim Premji Foundation.

Tahun ini ia didapuk sebagai orang paling dermawan menyumbangkan hartanya buat amal. Dikutip dari Businessinsider, ia rela menyumbangkan keuntungan dari 34 persen saham Wipro senilai US$ 7,5 miliar atau Rp 107 triliunan lebih demi misi sosial.

Bantuan tersebut disalurkannya untuk pendidikan anak-anak terlantar, bantuan masyarakat miskin, dan difabel di beberapa negara. Tercatat, pengusaha sukses satu ini telah menyumbangkan kekayaannya dengan total US$ 21 miliar atau Rp 299 triliunan. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan