Kisah Remaja Pejuang Leukimia yang Kini Sukses Menjadi Pengusaha

4 menit
kisah pengusaha sukses
Jack Whiterspoon. (Instagram/@skonies)

Kisah pengusaha sukses selalu menarik untuk dibahas. Dari cerita tersebut kita bisa mendapatkan ilmu baru, atau paling tidak memotivasi kita untuk menjadi lebih baik lagi.

Kali ini, kita mau membahas kisah inspiratif dari seorang remaja asal Negeri Paman Sam. Sosok ini bukanlah berasal dari keluarga terpandang, apalagi orang kaya. Dia hanyalah seorang remaja pria berusia 19 tahun yang doyan memasak kue bernama Jack Witherspoon.

Jack membuka usaha jualan kue ringan yang diberi nama Skonies. Dari usahanya tersebut, Jack yang masih remaja telah menyumbangkan US$ 150.000 atau Rp 2,1 miliar untuk yayasan kanker. Wah kok hebat banget?

Kalau melihat perawakannya kini mungkin gak ada yang spesial dari dirinya. Tapi kisah hidupnya sangat menarik untuk dijadikan inspirasi buat kamu yang sering merasa gampang menyerah. Yuk simak ulasannya seperti dikutip dari Businessinsider.

Baca juga: Omzet Sampai Ratusan Juta, 4 Orang Ini Jadi Pengusaha Sukses di Kampung, Bisnisnya Apa?

Remaja yang berhasil lolos tiga kali dari penyakit kanker

kisah pengusaha sukses
Jack Whiterspoon. (Instagram/@skonies)

Kisah pengusaha sukses satu ini bakal memotivasi kamu untuk tidak pantang menyerah. Jack Witherspoon, sebelum berhasil menyumbangkan penghasilannya sebesar Rp 2,1 miliar ke yayasan kanker adalah seorang pejuang kanker pula.

Saat usia 2 tahun, ia telah divonis menderita leukimia. Tapi kemudian beberapa tahun berselang, ia harus kembali lagi ke rumah sakit dengan diagnosis yang sama. Karena kondisinya yang terus-menerus menurun dan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah sakit, akhirnya ia dikeluarkan dari sekolah.

Siapapun orangnya kalau dikeluarkan dari sekolah pasti bakalan sedih banget, termasuk Jack. Tapi dia gak mau terpuruk berlama-lama. Dia pun terus berusaha mencari cara agar gak melulu memikirkan soal penyakit dan meratapi nasibnya yang dikeluarkan dari sekolah di usia yang masih sangat kecil. Apalagi, suasana rumah sakit yang kurang menggembirakan membuat dia sangat bosan.

Suatu ketika, ibunya tengah menjaga Jack di rumah sakit sambil menonton televisi. Jack mendapati ibunya menonton acara masak. Sejak saat itu, Jack jadi doyan nonton acara masak-memasak yang menjadi hiburan satu-satunya di rumah sakit. Dan berkat inilah ia mulai mendalami profesi sebagai chef di usia muda dengan bantuan sang ibu.

Baca juga: Dulu 10 Pengusaha Sukses Indonesia Ini Merangkak dari Nol, Sekarang Jadi Menteri

Menerbitkan buku resep di usia 8 tahun

kisah pengusaha sukses
Jack Whiterspoon. (Instagram/@skonies)

Kisah pengusaha sukses ini gak berhenti di situ saja. Selama di masa perawatan, hiburannya hanya menonton televisi acara masak-memasak. Tercetuslah ide dari Jack untuk mencatat seluruh resep yang ditayangkan untuk kemudian dicoba ia praktekan setelah keluar dari rumah sakit.

Setelah keluar dari rumah sakit, Jack kemudian mulai menjajal seluruh catatannya itu di dapur. Dengan penuh kehati-hatian dan penuh eksperimen, ia dan ibunya mulai memasak satu per satu resep yang mereka catat. Alhasil, sebanyak 60 resep berhasil ia kembangkan dengan sangat baik.

Tepat di usianya yang ke-8, Jack memutuskan untuk membuat buku resep dari catatan-catatannya itu. Buku tersebut akhirnya berhasil diterbitkan dengan judul “Twist It Up” saat usianya 11 tahun. Tapi sayangnya, sebelum sempat di promosikan, Jack harus kembali lagi ke rumah sakit karena serangan kanker yang ketiga.

Baca juga: Kisah Bocah 13 Tahun Jadi CEO Perusahaan Permen Bermodal Seratus Jutaan

Bukunya sukses besar dan memperoleh keuntungan sampai miliaran rupiah

kisah pengusaha sukses
Jack Whiterspoon. (Instagram/@skonies)

Saat pulih dari kanker untuk yang ketiga kalinya, Jack kemudian kembali mempromosikan buku resepnya itu di usia ke-11 tahun. Promosi ia lakukan sampai ke acara-acara televisi tentunya.

Berkat usahanya, buku tersebut akhirnya memperoleh pendapatan bersih mencapai US$ 150.00 atau sekitar Rp 2,1 miliran di tahun 2015. Kini, bukunya masih terus diproduksi dan keuntungannya terus bertambah setiap tahunnya.

Kisah pengusaha sukses ini gak berhenti sampai di situ saja. Ternyata, keuntungan yang didapat Jack itu gak ia ambil sendiri, melainkan disumbangkan ke yayasan penelitian tentang kanker. Uang penjualan buku digunakan untuk mendanai penelitian-penelitian terkait dengan kanker leukimia. Pengalaman pahitnya menderita penyakit ganas ini membuat Jack lebih dermawan dan memerhatikan isu-isu kanker.

Kini berkuliah di jurusan bisnis sambil berperan sebagai pengusaha kue

kisah pengusaha sukses
Jack Whiterspoon. (Instagram/@skonies)

Kisah pengusaha sukses, Jack kembali menekuni bidang akademis dan bisnis. Setelah 6 tahun lamanya Jack tidak lagi diserang sel kanker, ia melanjutkan pendidikannya. Kini, Jack tengah berjuang menyelesaikan pendidikan perguruan tingginya di jurusan bisnis. Sambil tentunya mengurus bisnis yang baru diluncurkannya pada bulan November 2018 lalu.

Jack mendirikan Chef Jack’s Kitchen dengan produk andalannya Skonies. Skonies merupakan produk kue kering berbentuk bulat seperti bakpia yang di dalamnya terdapat dua varian rasa yaitu vanilla dan cinnamon. Produk tersebut dijualnya secara online dan di toko-toko di Los Angeles.

Berita menggembirakannya adalah, Jack dikabarkan telah menandatangani perjanjian untuk siap memperjualbelikan Skonies di kantin rumah sakit di seluruh Amerika Serikat. Sebagian keuntungan yang didapatkannya bakal didonasikan untuk yayasan penelitian kanker hingga saat ini.

Itulah kisah pengusaha sukses Jack Witherspoon yang berhasil bangkit dari penyakit kankernya dan kini menjadi pengusaha sukses. Semoga saja, kisah ini membuat kamu yang kini tengah menjadi pengusaha tapi belum sukses-sukses untuk lebih optimis lagi ke depannya. (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!