Balik Modal Rp 1 M dalam Setahun? Ini Cerita Priscilla Pangemanan Mendirikan Brand Kosmetik SASC

5 menit
Priscilla Pangemanan sukses bangun bisnis kosmetik (Instagram).

Bagi sebagian wanita Indonesia mungkin ada yang udah kenal dengan produk kosmetik asal Tanah Air yakni SASC. Merek yang berhasil dibangun oleh Priscilla Pangemanan dan kedua sahabatnya tersebut sekarang banyak dikenal oleh cewek-cewek yang peduli akan kecantikan dirinya.

Cewek mana sih yang gak mau dibilang cantik setiap hari? Semua perempuan di dunia ini tentu pengin pergi keluar dari rumah dengan penampilannya yang terbaik. Entah itu dari baju, celana, sepatu atau bahkan kosmetik yang digunakan.

Tapi buat mewujudkan hal seperti itu bukanlah sesuatu yang mudah dan bisa dilakukan oleh setiap wanita. Selain keterbatasan dari sisi keahlian merias wajah, kadang faktor uang juga menjadi kendala guna bisa membeli produk kosmetik yang sesuai keinginan.

Eitss.. sebaiknya anggapan kayak gitu mulai sekarang dijauhin deh. Sebab ada usaha karya anak bangsa yang udah bikin sebuah produk berkualitas internasional namun dengan harga yang kompetitif nih ternyata.

Brand tersebut namanya adalah Socially Aware Sexy Cosmetics atau lebih dikenal SASC, kamu udah tahu belum? Daripada kepo terus-terusan mending kita simak aja yuk cerita Priscilla Pangemanan sebagai salah satu pendirinya membangun merek itu dari nol.

Baca juga: Tampil Cantik Gak Melulu Mahal, Ini Rekomendasi Kosmetik Lokal yang Patut Dicoba

Priscilla Pangemanan menerapkan konsep Social Enterprise untuk SASC

Priscilla Pangemanan
Priscilla Pangemanan

Untuk menjalankan sebuah bisnis apapun, cuan adalah hal yang penting didapat agar kegiatan jual beli bisa tetap berjalan.

Tetapi selain mendapat keuntungan semata terdapat satu hal yang wajib diperhatikan bagi setiap pengusaha yaitu berbagi hal positif terhadap sesama khususnya wanita.

Itulah salah satu hal yang selalu dijaga oleh Priscilla dalam membangun bisnisnya agar tetap lancar.

“Kita adalah sebuah Social Enterprise yang memperkuat wanita melalui kecantikkan. Karena sebagian dari hasil penjualan selalu kita donasikan kepada yayasan-yayasan charity yang ada di seluruh Indonesia,” jelasnya pada acara Fe-Money-ist yang digelar oleh Moneysmart pada tanggal 25 Mei 2019 lalu.

Sampai hari itu terdapat beberapa yayasan yang telah mereka bantu seperti Generasi Muda Peduli dan Yayasan Ibu dan Anak. Gak berhenti sampai disitu, SASC juga menggalakkan hal baik itu lewat kampanye yang dibuat.

“Kenapa sih kita selalu berkolaborasi dengan artis, influencer dan aktivis? Itu tujuannya karena kita pengin mereka menjadi agen perubahan yang menyebarkan virus-virus kebaikan ini,” tambahnya.

Dalam 1 tahun pertama udah bisa balik modal hampir Rp 1 miliar

Priscilla Pangemanan
Dalam waktu satu tahun bisa balik modal (Pixabay).

Bersama dengan 2 wanita hebat lainnya yakni Felicia Senjaya dan Michelle Karli, Priscilla Pangemanan butuh dana sekitar Rp 1 miliar untuk membangun brand kosmetik SASC yang berdiri tahun 2017 kemarin.

Saat ini produk-produk mereka baru bisa dijual dengan cara online doang. Walaupun demikian dalam waktu satu tahun aja mereka telah bisa mengumpulkan keuntungan sampai dengan Rp 1 miliar juga lho. Wah hebat sekali ya dalam waktu yang tergolong sebentar ketiga perempuan ini bisa  balik modal.

Omzetnya kini mencapai hampir Rp 1 miliar per bulan

Priscilla Pangemanan
Priscilla sukses raup omzet miliaran rupiah (Instagram).

Lewat kegigihannya tersebut sekarang omzet yang diraih oleh SASC hampir menyentuh angka Rp 1 miliar per bulannya. Angka yang perlu diraih dalam 1 tahun pertama perjalanannya berdiri.

Pada awalnya cuma ada 5 SKU kosmetik yang dijual di website resminya tetapi 2 tahun berselang udah berhasil menjual lebih dari 50 SKU produk. Harga yang dijual di produk kosmetiknya juga bervariasi mulai dari Rp 130 ribuan sampai angka Rp 400 ribuan tergantung jenisnya.

Disamping produk kosmetik ada juga tas dan beberapa merchandise lucu lainnya.

Kesuksesan ini gak lepas dari peran Priscilla yang bekerja sebagai marketing, Felicia jadi finance dan Michelle di bagian produksi.

Prospek industri kecantikkan kedepan masih sangat cerah

Priscilla Pangemanan
Industri kecantikan tengah naik daun (Pixabay).

Buat yang mau coba berusaha di dunia ini menurut Priscilla Pangemanan pasar industri kecantikan khususnya kosmetik Indonesia masih sangat besar untuk digarap.

“Industri kecantikkan kalau kita ambil informasi dari Kementerian Perindustrian pada tahun 2017 ada kenaikkan 2 digit hampir 20 persen. Jadi kenapa kita terbantu sekali sih karena emang industrinya lagi sedang naik,” ucapnya.

Mengetahui informasi tersebut bisa diperkirakan bahwa dunia usaha kecantikkan Tanah Air masih sangat potensial untuk menghasilkan cuan yang gede. Apalagi ngeliat bahwa orang Indonesia sangat gemar untuk berbelanja.

“Dalam kurun waktu 10 tahun kedepan Indonesia diprediksi saya baca akan menjadi beauty destination di Asia Tenggara bahkan mengalahkan Korea.”

Jadi pas banget nih buat kamu yang mungkin lagi bingung mau memulai bisnis di bidang apa. Siapa tahu bisa sesukses SASC ya, kan?

Tips untuk membangun bisnis ala Priscilla Pangemanan

Priscilla Pangemanan
Tips membangun bisnis kecantikan ala Priscilla (Instagram).

Kalau kamu udah punya ide dan siap untuk memulai bisnis di dunia kecantikkan dan yang lainnya ada baiknya buat mengetahui cara jitu membangun usaha biar sukses berikut ini:

Harus Inovatif dari sisi produk dan marketing

Menurut Priscilla Pangemanan salah satu kunci utama dalam menjalankan bisnis yang sukses adalah harus inovatif. Bukan cuma dari sisi produk yang dijual aja tetapi juga dari sisi marketing gimana kita bisa merangkul sebanyak-banyaknya konsumen.

Dengan begitu jenis barang yang kita jual akan lebih banyak diketahui orang dan segmentasinya juga sesuai target.

Konsisten dan tekun menjalankan usaha

Namanya berdagang emang gak selalu harus untung setiap harinya. Ada dimana kamu kelelahan merespon banyak pelanggan yang pengin membeli tetapi kadang ada saat dimana kamu mengalami sepi pelanggan.

Hal-hal yang kayak gitu bikin banyak orang gagal dalam berbisnis. Sadarilah kalau berusaha itu perlu konsistensi dan ketekunan dalam menjalaninya. Sebab proses gak bakal mengkhianati hasil.

Mencari partner kerja yang tepat

Kamu gak harus memulai usaha dengan seorang diri supaya bisa meringankan beban modal atau kerja dapat mencari kerja.

Namun jangan sampai salah memilih partner dagang juga karena acap kali kita masih mendengar tentang modus penipuan yang uangnya dibawa lari miliaran rupiah. Tentu hal ini gak mau terjadi sama kamu dong?

Maka dari itu mencari orang yang tepat dalam berusaha adalah tips yang gak kalah penting untuk berbisnis.

Buatlah bisnis yang bermanfaat untuk lingkungan sekitar

Layaknya yang dilakukan oleh SASC, kalau kamu pengin memulai usaha jangan hanya memikirkan untung semata aja. Sebaiknya kamu juga memikirkan hal apa yang bisa diperbuat oleh bisnis itu untuk lingkungan.

Dengan demikian usaha yang dijalankan gak cuma bermanfaat untuk kamu sendiri melainkan untuk orang banyak juga.

Nah itulah sedikit cerita yang bisa dibagikan oleh Priscilla Pangemanan seorang wanita inspiratif sekaligus pendiri produk kosmetik SASC. Semoga dengan kisah tersebut bisa membangun jiwa sosial dan berbisnis kamu kedepannya ya, sukses selalu! (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan