Top! 4 Artis Papan Atas Tanah Air Ini Sukses Menjadi CEO Perusahaan

4 menit
kisah sukses
Christian Sugiono. (Instagram/@csugiono)

Kisah sukses selebriti Tanah Air memang sangat menarik untuk disimak. Banyak dari mereka yang gak puas hanya berkarier di dunia hiburan dan merambah ke dunia bisnis.

Sedari dulu, honor artis baik presenter, pemain film, sinetron, atau musisi diketahui sangat besar. Apalagi kalau mereka sudah masuk di TV. Bayarannya mulai dari jutaan hingga ratusan juta untuk sekali tampil. Gak heran, dengan pendapatan segitu besar mereka bisa membeli barang-barang mewah seperti mobil, rumah, hingga mengenakan pakaian-pakaian branded.

Tapi gak sedikit pula artis yang mengalami kebangkrutan di usia muda karena gak bisa mengelola pendapatannya yang sangat besar. Penyebabnya ya apalagi kalau bukan karena gaya hidup foya-foya yang dilakukan selagi masih banyak uang.

Sadar akan kehidupan artis tidak selamanya, dan masa depan itu penting, beberapa artis memutuskan untuk mendirikan sendiri perusahaan atau bisnis. Tujuannya tentu saja untuk mendapatkan pendapatan yang lebih pasti dan stabil di luar karier entertainment-nya.

Supaya menginspirasi kamu, berikut ini ada kisah sukses artis Tanah Air yang memilih untuk mendirikan usahanya sendiri dan menjadi CEO. Siapa saja?

Baca juga: Ini Dia 7 Cerita Sukses Pengusaha Muda Indonesia di Bawah 25 Tahun

1. Kisah sukses Daniel Mananta jadi CEO Damn I Love Indonesia

kisah sukses
Daniel Mananta. (Instagram/@vjdaniel)

Kalian mungkin mengenal Daniel Mananta sebagai VJ MTV dan presenter acara ajang pencarian bakat Indonesian Idol. Di balik kesuksesannya sebagai presenter itu, ternyata ia menyimpan kisah sukses sebagai CEO brand fesyen ternama “Damn I Love Indonesia”.

Dulu padahal Daniel hanya sebagai penjaga toko pakaian milik orangtuanya di Mangga Dua. Toko tersebut bisa dibilang sukses, bahkan dari hasil penjualan, ayahnya mampu menyekolahkan Daniel hingga ke Australia.

Nah seakan gak mau berpangku tangan pada orangtuanya ia lebih memilih untuk menjalani pekerjaan sebagai presenter. Tapi kemudian di tengah kesuksesannya, ia mencoba peruntungan lain dengan mendirikan brand kaos sendiri dan terbukti sukses dan punya cabang di mana-mana.

Baca juga: 5 Tips Sukses Bisnis Kafe Agar Laris Manis Jualannya

2. Christian Sugiono, jadi CEO di 3 startup!

kisah sukses
Christian Sugiono. (Instagram/@csugiono)

Christian Sugiono lebih dulu dikenal sebagai artis film hingga sinetron. Film yang paling laris ia bintangi adalah Jomblo dan Catatan Akhir Sekolah. Tapi suami dari Titi Kamal ini ternyata memiliki kecintaan terhadap dunia startup. Sebagai lulusan perguruan tinggi di Jerman, kemampuan entrepreneurship-nya pun sudah terasah.

Gak tanggung-tanggung, dia kini menjadi CEO di tiga startup ternama di Tanah Air. Pertama ada Malesbanget.com, sebuah platform media kreatif yang berfokus pada konten-konten anak muda. Startup besutannya ini pada kala itu terkenal banget dengan program “Jalan-Jalan Men” yang mengupas keindahan berbagai tempat wisata di Indonesia. Kisah sukses Christian Sugiono dan Malesbanget.com bahkan sampai menginspirasi banyak anak muda untuk lebih menjelajah keindahan Tanah Air.

Setelah itu, ia juga aktif membangun startup yang bergerak di bidang pencarian jodoh yaitu Setipe.com. Dari startup itu mereka telah berhasil menjodohkan ribuan orang yang sebelumnya belum pernah berkenalan sama sekali. Cara kerja dari startup ini adalah dengan mencocokan kepribadian dan preferensi penggunanya, untuk kemudian dipertemukan dengan pengguna lainnya.

Yang terbaru, pada pertengahan tahun 2018 lalu, Christian mendirikan Cumi.id, kepanjangan dari “cuma minjem”. Seperti namanya, Cumi ini adalah sebuah rental marketplace, di mana kita gak perlu beli barang yang kita butuhkan, melainkan bisa meminjamnya ke pemilik melalui aplikasi Cumi ini. Aplikasinya udah tersedia di App Store dan Play Store juga lho.

Baca juga: Cukup Lakukan 4 Cara Ini, Perlahan-lahan Kesuksesan Bakal Tercapai

3. Dennis Adishwara, bangun bisnis production house

kisah sukses
Dennis Adishwara. (Instagram/@dennisadishwara)

Kalian mungkin tahunya Dennis sebagai pemeran Mamet di film Ada Apa Dengan Cinta. Tapi ternyata di balik perannya yang kocak itu, dia juga menjabat sebagai CEO dari sebuah industri kreatif Layaria. Pria lulusan UI dan IKJ ini ternyata juga menyimpan kisah sukses sebagai pendiri startup yang bergerak di bidang video-video kreatif.

Channel Layaria di Youtube sendiri berisikan tentang video-video kreatif yang diisi oleh Youtuber ternama seperti Raditya Dika, hingga Eno Bening. Untuk melihat video-video kreatifnya kalian juga bisa memantau dari Instagram @Layarianetwork. Sementara di Youtube sendiri isinya ada review makanan, tips game, hingga membahas masalah-masalah terkini dengan kemasan yang lebih menarik.

Dilihat dari Youtubenya, mereka sudah memproduksi sekitar 500 video dengan jumlah subscribers 19 ribuan orang.

4. Ruben Onsu, jadi bos di usaha kuliner

kisah sukses
Ruben Onsu. (Instagram/@ruben_onsu)

Satu lagi presenter kawakan asal Indonesia yang menyimpan kisah sukses menjadi pengusaha, ialah Ruben Onsu. Ruben pertama kali berkarier di industri hiburan sebagai pemain lenong. Kemudian kariernya terus melejit dan ia bisa menjadi presenter kondang dengan bayaran yang fantastis.

Ia kemudian membuka usaha kuliner bersama sang istri Sarwendah. Salah satu produk andalannya adalah Ayam Geprek Bensu yang berada di naungan PT. Onsu Pangan Perkasa. Ruben berhasil membuka gerainya di kota-kota besar di Indonesia dengan menu andalan ayam geprek. Kalau kalian sekali berkunjung dan mencicipi kelezatannya ayamnya pasti ketagihan deh, apalagi kalau kamu penggemar pedas. Di restoran ini, kamu bisa memilih sendiri level kepedasan tergantung selera.

Gak puas dengan satu usaha, ia kemudian membuka usaha kuliner lainnya yaitu Bakso Bensu. Di beberapa kota, Bakso Bensu letaknya berdekatan dengan Geprek Bensu. Ada paket bakso telur asin, bakso tetelan, bakso urat, bakso tahu, dan masih banyak lagi. Harga yang dipatok untuk setiap porsinya pun masih cukup terjangkau, rata-rata sekitar Rp 20 ribuan.

Itu tadi 4 kisah sukses artis yang mencoba peruntungan jadi pengusaha sukses. Semoga bisa memberikan inspirasi buat kamu untuk tidak pernah cepat merasa puas dengan pendapatan besar. Cobalah untuk mulai memikirkan masa depan dengan berinvestasi. Salah satu cara investasi yang baik ya membuka usaha. Jalankan usaha dengan sebaik-baiknya dan penuh kreativitas agar bisa bersaing dengan pengusaha lainnya. (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.