Kisah Diana Putri, Arek Suroboyo Perancang Busana Ariana Grande

2 menit
Diana Putri (instagram @dianamputri)
Diana Putri (instagram @dianamputri)

Dari Surabaya, Diana Putri berhasil membuat Indonesia merasa bangga. Tanpa perlu ke Ibukota, rancangan Diana bahkan telah berhasil mendunia. Karya terbarunya adalah busana Ariana Grande saat tampil dalam ajang penghargaan MTV Video Music Awards 2018 di New York, Amerika Serikat, senin lalu.

ARIANA GRANDE in #DianaCouture by @DianaMPutri The One & Only @arianagrande performs “God is a woman” at the MTV @VMAs in a Custom Made-to-order Two Piece, hand encrusted and studded #DianaCouture Bralette & High Waisted Shorts, topped with a signature peplum hip piece with a finishing touch of Swarovski crystals Thank you Jesus for the never ending blessing. A true dream come true. To my PR , @thearchshow , my dear Mikey&Alexis for trusting me and giving me this opportunity. Stylist @mimicuttrell for choosing this piece from rough sketch to the final piece. To my son @ReinhardtKenneth who stayed up every night dealing about this custom with me. Last but not least, I dedicate this moment to every single beautiful, exceptional, and outstanding women out there who has inspired me – from my mother to my daughter to my role models, those who have proven that us women are meant to shine and glorify the world with our art, passion, and love #ArianaGrande #GodisaWoman

A post shared by Diana Couture by Diana Putri (@dianamputri) on

Berkat jerih payahnya, Diana berhasil membuat Ariana dan pihak manajemennya merasa puas dan memberi apresiasi positif terhadap hasil rancangannya. Salut deh.

Kiprah Diana Putri di dunia fashion telah dirintis sejak 7 tahun lalu. Prestasinya? Jangan ditanya, banyak banget!

Yuk, kenal lebih dekat dengan Diana Putri melalui kisah suksesnya yang penuh inspirasi berikut ini.

Tak bercita-cita jadi desainer

Diana kecil bercita-cita jadi seorang dokter, namun dunia fashion ternyata lebih cocok untuknya. Meski begitu, ia tak pernah mengikuti sekolah desainer sebelumnya. Kemahirannya merancang baju justru berawal dari rasa tidak puas saat membeli berbagai busana di Surabaya.

Menurutnya, sulit menemukan busana yang sesuai seleranya. Alhasil, dia pun terpikir untuk mendesain bajunya sendiri. Gak disangka, banyak teman-teman dan orang di sekitarnya yang mulai memesan baju rancangannya.

Mengorbit dari New York

Meski semula gak berniat menciptakan koleksi khusus selain pesanan para pelanggan, nyatanya Diana lolos kurasi dalam ajang couture Fashion Week di New York.  

Mengusung tema Garuda, rancangan Diana berhasil membuatnya memenangkan penghargaan sebagai Desainer Terbaik pada ajang fashion bergengsi tersebut. Kemenangannya membawa Diana pada rangkaian fashion festival di berbagai negara lain dan kesempatan emas lainnya.

Terinspirasi dari sang Ibu

Usai New York Fashion Week, setahun setelahnya karya Diana naik pentas di panggung Los Angeles Fashion Week (LAFW). Karya Diana bertajuk ‘Queen D’ yang mengacu pada inisial namanya sekaligus bermakna ‘dignity’ atau kehormatan. Pesannya dalam, yaitu agar tiap wanita dapat mempertahankan kehormatan dan harga dirinya.

Koleksi tersebut terinspirasi dari sosok sang ibu sebagai wanita yang kuat dan mandiri. Karakter tersebutlah yang kini juga menurun pada diri Diana.

Dari selebriti hingga putri kerajaan

Jika dulu pelanggan Diana hanya teman-temannya, kini koleksinya telah dipakai oleh kalangan selebriti dunia hingga putri kerajaan. Di mancanegara, gak cuma Ariana Grande yang mengenakan rancangan Diana Putri. Penyanyi Toni Braxton hingga Putri Kerajaan Georgia juga pernah mempercayakan rancangan busananya di tangan Diana Putri.

Sejumlah artis Tanah Air juga turut jadi pelanggan busana mewahnya, mulai dari Krisdayanti, Farah Quinn, Putri Jelita, Kezia Warouw, Dewi Persik, hingga Mulan Jameela.

 

Misi mengenalkan Indonesia pada dunia

Dari koleksi Garuda pada 2015 hingga koleksi Srikandi pada Los Angeles Fashion Week tahun ini, Diana memang sengaja membawa tema-tema Indonesia di pertunjukan internasional. Melalui karyanya, ia ingin menunjukkan ciri khas dan identitasnya sebagai warga negara Indonesia.

Selain itu, Diana juga bertekad untuk mengeksplor daerah-daerah di Indonesia yang belum banyak diketahui orang lain, terutama warga asing. Diana ingin Indonesia gak cuma dikenal dengan Bali-nya.

Bukan sekadar menghasilkan rancangan mewah yang membuat dunia terpukau, Diana juga ingin membawa Indonesia di kancah dunia. Ia juga menginspirasi masyarakat Indonesia buat tetap bangga dan berkarya untuk Indonesia.

Seperti pesan Diana berikut ini: “Kita kaya akan budaya yang bisa dieksplor dan dihargai di mata dunia. Terus berkarya dan jadilah diri sendiri dengan mencintai budaya Indonesia”.

Keren banget kan?

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.