Banner ImageBanner Image

Ini 5 Klaim Asuransi Termahal dan Aneh yang Bikin Geleng Kepala

3 menit
Jenis klaim asuransi yang bikin geleng kepala, (Ilustrasi/Shutterstock).

Klaim asuransi terkadang jadi salah satu hal yang banyak dikeluhkan orang, mulai dari prosesnya yang ribet hingga waktu pencairan dananya. Gak heran kalau klaim asuransi kadang bikin geleng kepala dan memusingkan.

Kini juga klaim asuransi yang diajukan juga semakin beragam, mulai dari kecelakaan hingga hal-hal unik yang bisa dibilang gak masuk akal. Mungkin kalau kamu sebagian udah tahu, klaim asuransi kalau gak kesehatan dan buat kendaraan maupun kecelakaan.

Nah, yang uniknya lagi klaim asuransi tersebut nyatanya diterima dengan nominal yang gak kecil. Bahkan ada yang mencapai ratusan miliar rupiah lho gak cuma itu dengan nilai ratusan juta juga ada dan itu terdengar sedikit aneh sih.

Penasaran apa aja klaim asuransi unik dengan nominalnya sangat fantastis? Berikut lima di antaranya yang udah dirangkum oleh MoneySmart.id.

1. Asuransi kesehatan kucing peliharaan – Rp 324 juta

Hewan pelihara seperti kucing ternyata juga ada yang diasuransikan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Pernahkah kamu terpikir untuk memberikan asuransi pada kucing peliharaan? Ya, di tahun 2010 ada kasus di mana terjadi tindakan operasi gagal ginjal pada seekor kucing peliharaan.

Bukan kucing peliharaan biasa, yang diasuransikan adalah seekor kucing pameran. Jumlah klaim yang harus dibayarkan yaitu sebesar US$ 22 ribu atau sekitar Rp 324 juta.

Klaim asuransi itu menjadi jumlah yang tertinggi dari yang pernah diajukan untuk seekor binatang peliharaan.

2. Mobil Rowan Atkinson – Rp 5,9 miliar

Rowan Atkinson pernah menerima klaim asuransi dengan nilai yang fantastis, (Ilustrasi/Shutterstock).

Siapa sih yang gak kenal dengan pemeran karakter Mr. Bean,  Rowan Atkinson. Nah, tahukah kamu kalau Atkinson berhasil mencetak sejarah klaim asuransi kendaraan terbesar di Inggris.

Saat itu Atkinson mengalami kecelakaan mobil karena jalanan yang licin dan memang sedang terlapisi es. Kecelakaan itu membuat Atkinson mengalami cidera ringan pada bahunya.

Sebenarnya mobil sport merek McLaren yang seharga US$ 1,05 juta sebelumnya udah mengalami kecelakaan sebanyak dua kali.

Nah, akibat insiden itu Atkinson mendapatkan klaim asuransi sebesar 310 ribu Poundsterling atau sekitar Rp 5,9 miliar.

3. Ujicoba Mobil Prototype – Rp 11,8 miliar

Mobil prototype juga pernah ada yang mendapatkan klaim asuransi dengan nilai fantastis, (Ilustrasi/Shutterstock).

Klaim asuransi unik lainnya dengan nominal yang sangat fantastis terjadi pada tahun 2007 yaitu senilai US$ 800 ribu atau sekitar Rp 11,8 miliar.

Hal tersebut terjadi di mana ada seorang insinyur yang menabrakkan dua mobil Bugattio Veyron dalam sebuah uji coba. Entah apa aja yang masuk ke dalam asuransi di kedua mobil tersebut hingga mendapatkan bujet dengan nominal fantastis.

4. Akibat Jatuh Terpeleset – Rp 114 miliar

Terpleset di lantai juga pernah ada, (Ilustrasi/Shutterstock).

Setiap orang pasti mengalami jatuh akibat terpeleset. Namun, ada seorang yang berasal negara baguan Virginia, Amerika Serikat  yang mengalami kejadian tersebut hingga mendapatkan luka yang cukup serius.

Ia terjatuh akibat jalanan yang licin di depan rumahnya karena lapisan es. Hal itu membuat kakinya patah, bahkan karena ia memiliki penyakit diabetes ada bagian kaki yang akhirnya mesti diamputasi nih.

Klaim asuransi pun membengkak hingga mencapai US$ 7,75 juta atau sekitar Rp 114 miliar karena di dalam polis tersebut disebutkan kalau kecelakaan yang dialami orang akibat kelalaian pihak pengelola gedung yang gak membersihkan es di area sekitar gedung.

5. Tertabrak Mobil – Rp 543 miliar

Tertabrak mobil salah satu jenis klaim asuransi yang juga bisa mendapatkan nominal gede, (Ilustrasi/Shutterstock).

Di tahun 2012, ada gugutan hukum akibat kecelakaan yang menyebabkan hilangnya nyawa seseorang serta cidera serius.

Kecelakaan tersebut dialami oleh seorang pelajar berusia 17 tahun bernama Agnes Collier dan ibunya. Kecelakaan itu membuat sang ibu meninggal dan Collier mengalami cidera di bagian kepala.

Hal itu membuat Collier mendapat santunan mencapai US$ 37 juta atau sekitar Rp 543 miliar dan US$ 11,5 juta atau sekitar Rp 169 miliar setiap tahunnya ditambah dengan biaya perawatan rumah sakit.

Nah, itu dia lima klaim asuransi aneh dengan nominal harga fantastis yang dijamin bikin kamu melongo. Hal itulah mengapa, asuransi sangat penting. Jadi, masih ragu untuk membeli asuransi? (Editor: Mahardian Prawira).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong