Mahal dan Langka! Intip Koleksi-koleksi Gitar Milik Andre Taulany

3 menit
Koleksi gitar
Mahal dan Langka! Intip Koleksi-koleksi Gitar Milik Andre Taulany, (Instagram/@andreastaulany).

Bukan cuma mobil mewah, berdasarkan postingan di akun Instagramnya, Andre Taulany memang mempunyai tiga koleksi gitar merek terkenal yang di-reissue alias dirilis ulang. Harganya pun sudah pasti mahal udah gitu gak semua orang juga punya lho, pengin tahu koleksi gitar Andre Taulany?

Gitar-gitar ini sejatinya alat musik yang kerap digunakan oleh musisi-musisi legendaris dunia. Sebut saja seperti Queen atau The Beatles. Kedua musisi legendaris itu menggunakan ketika tengah di atas panggung.

Maklum saja kalau Andre gak ragu mengeluarkan uang sebanyak itu buat membeli gitar, wong dia dulu adalah anak band. Penasaran dengan koleksi alat musik mewah milik Andre Taulany? Berikut ulasannya.

Baca juga: Harganya Ratusan Miliar Rupiah! Punya Barang Koleksi Ini Bisa Auto Kaya Lho

1. Rickenbacker 325 Black

Andre Taulany
Andre Taulany pamer koleksi gitar, (Instagram/@andreastaulany).

Langsung aja, penampakan gitar ini adalah yang paling kanan. Alias yang menggunakan tiga pickup humbucke dengan pickguard berwarna putih dan menggunakan bigsby bridge berwarna chrome.

Dipastikan gitar ini sudah dimodifikasi terutama di bagian pickupnya. Lantaran kalau versi aslinya menggunakan pickup yang berwarna chrome. Selain itu, bagian kenop potensio meter gitar ini juga diganti.

Gitar yang dirilis pertama pada tahun 1988 ini digunakan oleh John Lennon, pentolan The Beatles. Harganya memang cukup bervariasi, namun umumnya di kisaran US$ 3 ribuan atau Rp 42 jutaan, kalau “asli” lho ya.

Berhubung, Andre juga gak memotret salah satu koleksi  mewahnya yang satu ini. MoneySmart agak kesulitan dalam melakukan identifikasi secara detail.

Gitar ini memang sulit sekali ditemui di pasar Indonesia. Gak heran kalau pengrajin-pengrajin gitar lokal siap menyediakan jasa custom gitar yang satu ini.

Baca juga: Kalah Luas dari Indonesia, tapi Kenapa Negara-Negara Kecil Ini Bisa Kaya?

2. Gretsch G5422T Electromatic

Koleksi Gitar
Gretsch G5422T Electromatic salah satu gitar yang dikoleksi oleh Andre Taulany, (Ilustrasi/Shutterstock).

Penampakan gitar ini ada di samping Rickenbacker. Kebetulan warnanya juga sama yaitu hitam, tapi gitar ini merupakan tipe hollow yang juga dipersenjatai bigsby bridge.

Gitar ini sejatinya juga merupakan asli buatan Amerika Serikat. Dan versi Electromatic kerap disebut sebagai salah satu gitar hollow ternyaman yang diburu banyak gitaris.

Meskipun gitar ini bersifat hollow, bodynya tetap ramping lho. Otomatis, pegangannya juga makin nyaman gak kayak gitar-gitar hollow berukuran besar pada umumnya.

Harga gitar ini mencapai US$ 1.219 atau setara dengan Rp 17 juta. Kalau judulnya aja gitar hollow, otomatis gitar ini pas banget buat gitaris blues, jazz, atau rock and roll. Buat yang main metal, jangan coba-coba pakai gitar ini deh, yang ada feedbacknya gak enak di telinga karena gak didesain buat high gain.

Baca juga: Zwitsaland Ajak para Orang Tua dan Buah Hati Meriahkan Hari Kartini Lebih Menyenangkan

3. Brian May Guitar Red Special

Koleksi gitar
Brian May Guitar Red Special slaah satu koleksi milik Andre Taulany, (Instagram/@andreastaulany).

Ini dia yang paling keren! Dan tentunya gak ada di Indonesia. Sebagai salah satu koleksi gitar Andre Taulany, alat musik yang satu ini sejatinya bukan merupakan varian termahalnya Brian May Guitar.

Buat kamu yang hobi ngeband, bohong banget kalau gak tahu siapa itu Brian May. Dia adalah gitarisnya Queen!

Sejatinya ada cerita di balik gitar yang bernama Red Special ini. Gitar ini memang selalu digunakan Brian May kapanpun dan di mana pun, mau pas manggung atau rekaman.

Brian May gak pernah pakai Fender atau Gibson, dan Red Special ini adalah gitar yang dibuat oleh ayah Brian May seorang teknisi elektro. Kabarnya, kayu gitar Red Special pertama terbuat dari kayu abad ke-18 lho.

Alhasil, gitar ini pun diproduksi massal dan diberi nama Brian May Guitar (BMG). Andre tampaknya membeli varian The BMG Special LE yang harganya 750 Poundsterling alias Rp 13 jutaan.

Varian termahal gitar ini adalah The BMG Super yang harganya 2.950 Pounds atau setara dengan Rp 53 juta.

Itulah deretan koleksi gitar Andre Taulany yang mahal dan legendaris. Kalau anak band pasti suka deh sama koleksi-koleksi gitar Andre. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.