BJ Habibie Koleksi Kendaraan dari yang Antik Sampai Moge, Mirip Parkiran di Mal!

3 menit
BJ Habibie
BJ Habibie koleksi kendaraan antik hingga moge di garasi rumahnya (Instagram/@b.jhabibie)

Mantan Presiden BJ Habibie memiliki koleksi kendaraan pribadi yang menarik untuk dibahas. Selain kendaraan roda empat, mantan presiden ketiga Republik Indonesia (RI) itu juga mengoleksi sejumlah kendaraan roda dua. 

Semua koleksi kendaraan ahli pesawat terbang asal Indonesia itu berbaris rapi di garasi rumahnya yang mewah dan luas.

Lewat channel YouTube Kevin Hendrawan, koleksi kendaraan BJ Habibie terekspos. Saat itu,  YouTuber tersebut mendapat kesempatan berkunjung ke rumah om Adrie Subono tersebut.

BJ Habibie
BJ Habibie dan Youtuber Kevin Hendrawan (YouTube Kevin Hendrawan)

Sesaat setelah memasuki garasi, Kevin dibuat takjub dengan pemandangan sejumlah kendaraan yang berbaris rapi. Nyatanya, BJ Habibie merupakan seorang kolektor mobil mewah pada masanya.

“Ini bukan cuma sekadar parkiran, ini mirip basement mall sebenarnya…wow, aku pengen punya garasi kayak gini,” ungkap Kevin Hendrawan.

Apa saja koleksi kendaraan yang berbaris rapi di garasi rumah pemilik nama Bacharuddin Jusuf Habibie tersebut? Yuk, intip di sini:

Kendaraan antik

Bj habibie
Kendaraan antik BJ Habibie (YouTube Kevin Hendrawan)

Bukan mobil keluaran terbaru, BJ Habibie menjatuhkan pilihan ke sejumlah kendaraan zaman lampau. Sampai saat, ini koleksi kendaraan yang ikonik itu terawat.

Salah satu kendaraan antik tersebut ialah Mercedes Benz 300SL Gullwing yang diproduksi sekitar tahun 1954 – 1957. Mobil ini dirancang sebagai permintaan khusus dari seorang importir mobil Eropa di Amerika Serikat Maximilian Hoffman. 

Baca juga: Ini Daftar Orang Terkenal di Indonesia yang Memiliki Mobil Rolls Royce

bj habibie
Kendaraa antik BJ Habibie (YouTube Kevin Hendrawan)

Meski mobil di garasi Eyang Habibie ini mobil keluaran tua, desain bodinya gak lekang waktu. Bentuknya yang kecil dengan lekukan-lekukan tegas membuat mobil ini menjadi lebih aerodinamis melawan angin ketika dibawa kebut-kebutan. 

Yang paling khas dari mobil ini adalah desain pintunya. Kalau misalnya mobil biasanya dibuka ke samping, 300SL ini dibuka ke atas yang futuristik banget. 

Sebagian besar material bodi terbuat dari baja bermutu tinggi. Beberapa part seperti kap mesin, tutup bagasi, dan pintu dibuat menggunakan alumunium dengan tujuan meringankan bobot mobil. 

Tapi, pembeli juga bisa memesan dengan edisi khusus super ringan yang bahkan bobot mesinnya bisa lebih ringan 80 kilogram ketimbang yang seri normalnya. 

Mesin dari mobil BJ Habibie ini juga dinilai sebagai pelopor di dunia otomotif. Mereka telah mempelopori teknologi baru yaitu dengan mesin enam silinder dengan sistem injeksi. 

Dengan mesin ini, 300SL Gullwing bisa menghasilkan output sebesar 215 tenaga kuda dengan kecepatan maksimum bisa mencapai 260 km/jam. 

Saking cepatnya, mobil ini bisa mencapai kecepatan 100 km/jam hanya dalam waktu 10 detik. Bahan bakarnya juga cukup irit bila dibandingkan mobil sport pada umumnya, 300SL cuma butuh 15 km untuk bisa melaju sejauh 100 kilometer. 

Meski sudah langka dan gak diproduksi lagi, mobil ini tetap menjadi kecintaan para kolektor. Rekornya sih pernah terjual sampai Rp 28 miliaran. Tahun 1999, 300SL juga didapuk sebagai ‘Mobil Sport Terbaik di Abad 20’. 

Motor gede

BJ Habibie
Koleksi moge BJ Habibie (YouTube Kevin Hendrawan)

Tak hanya mobil, ada juga sejumlah motor gede (moge) yang ditempatkan di garasi yang berbeda. Sayangnya kendaraan tersebut tampak kusam dan berdebu.

Meski begitu, melihat banyaknya mobil dan moge, Eyang Habibie layak disebut sebagai kolektor kendaraan antik nan mewah di Indonesia. Setuju gak guys?

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!