Panglima TNI Hadi Tjahjanto Punya 4 Kendaraan, Termurah Ada yang Rp 2,4 Juta

3 menit
Koleksi kendaraan Panglima TNI Hadi Tjahjanto (TEMPO/Imam Sukamto)

Sebagai pejabat tinggi negara, Panglima TNI Hadi Tjahjanto menghadiri peringatan HUT ke-74 tahun TNI yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo, di Jakarta, Sabtu 5 Oktober 2019.

Sebelumnya, kita sudah membahas tentang besaran gaji pokok yang diterima  Hadi Tjahjanto. Kali ini, MoneySmart akan membahas koleksi kendaraan yang dimiliki panglima tinggi TNI tersebut.

Tidak seperti kebanyakan pejabat tinggi negara lain yang memiki daftar kendaraan mewah, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto justru memiliki daftar kendaraan yang terbilang merakyat. 

Kendaraan pribadi milik mantan Komandan Pangkalan Udara Abdul Rachman Saleh Malang itu tidak ada yang menyentuh angka Rp250 juta.

Riwayat kepemilikan kendaraan milik Marsekal TNI Hadi Tjahjanto terungkap dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) periode 2018

Panglima TNI
Koleksi kendaraan Panglima TNI HAdi Tjahjanto

Dalam daftar kepemilikan alat transportasi dan mesin, Panglima TNI satu ini memiliki koleksi empat kendaraan. Yaitu tiga buah mobil serta sebuah sepeda motor. Dari empat kendaraan tersebut, nilainya tak ada yang tembus Rp 250 juta.

Apa saja koleksi kendaraan Hadi Tjahjanto? Yuk, simak di sini:

Toyota Kijang minibus

Panglima TNI
Toyota Kijang Minubus

Dari tiga unit mobil yang dimiliki Panglima TNI Hadi Tjahjanto tersebut terdapat sebuah Toyota Kijang Minibus tahun 2004 bernilai Rp 85 juta.

Toyota kijang minibus 2004 alias Kijang Kapsul merupakan kendaraan paling populer untuk kelas minibus di Indonesia. 

Kijang kapsul ini adalah Kijang pertama yang diberi pilihan transmisi otomatis sebagai standarnya selain manual. Tahun 2003 adalah facelift terakhir dari Kijang kapsul sebelum digantikan Kijang Innova tahun 2004.

Kijang Kapsul tersedia dua mesin pilihan. Mesin bensin memakai mesin berkode 7K yang sama seperti generasi Kijang sebelumnya. Mesin ini berkapasitas 1.800 cc, 4 silinder. Sedangkan yang varian diesel memakai mesin 2L berkapasitas 2.400 cc, 4 silinder. 

Baca juga: Lebih Besar dari Ketua DPR, Segini Lho Gaji Panglima TNI Hadi Tjahjanto

Toyota Kijang Innova

Panglima TNI
Toyota Kijang Innova

Selanjutnya ada Toyota Kijang Innova tahun 2015 yang mempunyai nilai Rp 245 juta. Mobil ini menjadi koleksi ‘termewah’ dari pimpinan tertinggi TNI tersebut.

Mobil sejuta umat yang pernah merajai pasar otomotif Indonesia ini banyak menjadi pilihan masyarakat Tanah Air.

Selain karena nyaman, kapasitas mobil yang luas mungkin menjadi salah satu alasan kenapa mobil yang satu ini bisa banyak diburu orang dari dulu sampai hari ini.

Honda CR-V

Panglima TNI
Honda CR-V

Selain itu, ia juga memiliki sebuah Honda CR-V lawas tahun 2009 yang nilainya mencapai Rp 154 juta.

SUV yang satu ini juga jadi andalannya Honda Prospect Motor. Dan kerap dipandang sebagai mobil keluarga yang paling nyaman udah gitu desainnya pun cukup keren.

Honda CR-V merupakan mobil suv yang ada di pasar Indonesia dari waktu ke waktu memiliki penjualan yang begitu bagus. Gak heran kalau mobil ini memang banyak yang disukai oleh banyak orang termasuk Hadi Tjahjanto.

CRV tahun 2007 hingga 2012 kerap kali disebut sebagai CRV generasi ke-empat. performa mobil ini, jelas cukup gahar karena kapasitas mesinnya yang mencapai 2,0 L dan 2,4 L, CRV pun mampu menyemburkan tenaga maksimal.

Kelebihan Mobil Honda CR-V yang selanjutnya yaitu ruang penyimpanan pada kabin cukup banyak, begitu pula dengan fitur keamanannya yang mumpuni.

Motor Honda

Panglima TNI
Motor Honda

Sementara untuk kendaraan roda dua, dia hanya memiliki sebuah motor tahun 2002. Motor tersebut merupakan buatan Honda dengan nilai cuma Rp 2.450.000.

Itulah empat kendaraan milik Panglima TNI Hadi Tjahjanto yang merakyat. 

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.