Bambang Irianto yang Jadi Tersangka KPK Punya 4 Koleksi Kendaraan Sederhana

3 menit
Bambang Irianto
Bambang Irianto (TEMPO/STR/Eko Siswono Toyudho)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bambang Irianto terkait perkara dugaan suap kegiatan perdagangan minyak mentah dan produk kilang di Pertamina Energy Services Pte. LTD (PES). 

Sebelum ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, nama Bambang Irianto sudah sering disebut-sebut sebagai biang kerok bobroknya transaksi jual beli minyak anak usaha Pertamina sejak tahun 2015. 

Bambang berkali-kali disebut dan disindir Faisal Basri yang kala itu menjabat sebagai Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Migas bentukan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said.

KPK meringkus Bambang karena dugaan menerima suap sewaktu menjabat sebagai Managing Director PES periode 2009-2013.

Saat Bambang menjabat sebagai Vice President (VP) Marketing, PES melaksanakan pengadaan serta penjualan minyak mentah dan produk kilang untuk kebutuhan PT. Pertamina (Persero) yang dapat diikuti National Oil Company, Major Oil Company, Refinery, dan trader.

Lepas dari PES, Bambang Irianto terus dipercaya perusahaan menjadi Direktur Utama PT Pertamina Energy Trading Limited (Petral) pada 2014.

Ditetapkannya Bambang Irianto sebagai tersangka membuat sosoknya jadi pusat perhatian. Selain pribadinya, jumlah kekayaan hingga koleksi kendaraan miliknya yang cukup sederhana berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) turut jadi sorotan.

Pada LHKPN yang dilaporkan tanggal 2 November 2012 itu, Bambang Irianto, yang saat itu masih menjabat sebagai Managing Director Petral memiliki total harta kekayaan senilai Rp 6,482 miliar.

Sementara untuk bagian kendaraan, Bambang Irianto hanya memiliki dua unit mobil dan dua sepeda motor yang terbilang cukup sederhana.

Kendaraan apa saja yang dimiliki untuk seseorang dengan jabatan Managing Director? Yuk, simak rinciannya di sini:

Mitsubishi Pajero Sport

Bambang Irianto
Bambang Irianto punya mobil Mitsubihi Pajero Sport

Kendaraan pertama yang dimiliki Bambang ialah mobil merek Mitsubishi Pajero Sport tahun pembuatan 2011.

Mobil tipe SUV yang powerful berbalut tampilan mewah khas Mitsubishi ini berasal dari hasil sendiri. Yakni, perolehan tahun 2011 dengan nilai jual Rp 390 juta.

Baca juga: BJ Habibie Koleksi Kendaraan dari yang Antik Sampai Moge, Mirip Parkiran di Mal!

Toyota Rush

Bambang Irianto
Bambang Irianto punya mobil Toyota Rush

Mobil kedua yang dimiliki Bambang kembali berjenis SUV, yaitu Toyota Rush tahun pembuatan 2008.

Mobil yang juga berasal dari hasil sendiri itu memiliki nilai jual Rp 138 juta. Sebagai mobil buruan para konsumen di Tanah Air, wajar jika Bambang Irianto turut membeli kendaraan satu ini untuk mengisi garasi rumahnya.

Motor Honda Mega Pro

Bambang Irianto
Bambang Irianto punya motor Honda Mega Pro

Untuk jenis motor yang dimilikinya, Bambang menjatuhkan pilihan ke merek Honda Mega Pro tahun pembuatan 2012.

Honda New Mega Pro 150 merupakan generasi keempat dari keluarga Mega Pro yang dirilis pada tahun 2010 setelah Honda Mega Pro Advance (Mega Pro Primus) diskontinyu produksinya.

Honda New Mega Pro 150 ini berasal dari hasil sendiri pada tahun 2012 dengan nilai jual Rp 18,25 juta.

Motor Yamaha Mio

Bambang Irianto
Bambang Irianto punya motor Yamaha Mio

Tak hanya motor harian yang terlihat gagah saja, Bambang juga memiliki kuda besi lainnya. Yaitu, merek Yamaha Mio tahun pembuatan 2010. 

Motor ini diperoleh Bambang dari hibah pada tahun 2010 dengan nilai jual Rp 7,8 juta.

Itulah empat tunggangan sederhana yang dimiliki Bambang Irianto yang baru saja ditetapkan KPK terkait kasus dugaan suap kegiatan perdagangan minyak mentah dan produk kilang di PES.

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.