Pernah Jadi Sopir Angkot, Eko Patrio Kini Berharta Rp 90 Miliar dan Punya 5 Mobil

3 menit
Eko Patrio
Eko Patrio (Instagram/@ekopatriosuper)

Harta kekayaan anggota DPR sekaligus pelawak Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio telah meningkat karena investasi propertinya. Tak hanya itu saja, Eko Patrio juga memiliki lima koleksi mobil.

Perjalanan karier Eko Hendro Purnomo memang penuh perjuangan. Karena Eko anak laki-laki satu-satunya, dia terbiasa bekerja keras sejak kecil.

Ayahnya adalah seorang mandor, namun akhirnya dia mencoba berbisnis membeli mobil yang disulap jadi angkot. Eko pun ikut membantu sang ayah dengan menjadi sopir angkot, atau membantu ibunya berjualan untuk menyambung hidup.

Hingga tiba masanya, pria asal Nganjuk ini kuliah dan bekerja sebagai penyiar radio. Singkat cerita, minat Eko tampaknya makin tinggi di dunia hiburan, dia membentuk grup lawak Patrio bersama Akri dan Parto pada tahun 1994. 

Nama Patrio kian melambung dan sudah semakin sukses di dunia hiburan. Di tengah popularitas mereka, Eko memutuskan berbisnis sekaligus berpolitik. 

Sebagai wakil rakyat, informasi dari LHKPN yang dilaporkan pada Desember 2018 menyebutkan, total kekayaan Eko menyentuh angka Rp 90 miliaran. Dia pun memiliki lima koleksi mobil yang nilainya mencapai Rp 1,5 miliar. 

Penasaran apa saja mobil Eko Patrio? Yuk, simak di sini:

1. Dua unit Toyota Alphard

Eko Patrio
Dua unit mobil Alphard (Instagram/@ekopatriosuper)

Ada dua jenis Toyota Alphard di garasi Eko Patrio. Pertama, Alphard buatan tahun 2003 dan satu lagi yang buatan 2017.

Perbedaan yang mencolok antara dua mobil ini tentu saja di penampakannya. 

Alphard 2003 memiliki lampu depan yang lebih besar ketimbang versi terbaru. Sementara itu, Alphard 2017 memang terlihat lebih futuristik dan mewah.

Untuk mesin, perbedaannya memang gak terlalu mencolok. 

Baca juga: Eko Patrio Makin Tajir Jadi Anggota DPR, Ini Buktinya

2. Cadillac Escalade

Eko Patrio
Cadillac Escalade (Instagram/@ekopatriosuper)

Mobil ini tampaknya jadi satu-satunya koleksi terlangka milik Eko Patrio. Cadillac Escalade merupakan mobil terfavorit para selebriti di luar negeri. 

Sejauh ini, gak ada Agen Pemegang Merek (APM) Cadillac yang beroperasi di Indonesia. Jadi, dipastikan Sunan Kalijaga membelinya lewat importir umum dengan harga yang cukup tinggi.

SUV yang satu ini bikin merinding. Kapasitas mesinnya besar, mencapa 6.200 cc dan jumlah silindernya ada delapan!

3. Honda Freed 2010

Eko Patrio
Honda Freed 2010 (Wikimedia)

Lewat data dari LHKPN, Honda Freed 2010 milik Eko nilainya Rp 40 juta lho. Yang bener aja, Freed 2010 sejatinya masih laris terjual Rp 135 jutaan di showroom-showroom terdekat.

Kehadiran Honda Freed sebagai family car di tahun 2008 emang sempat menjadi primadona bagi pabrikan asal Jepang ini. Freed sendiri mulai kiprahnya di industri otomotif Tanah Air pada tahun 2008. 

Sayangnya, produksi mobil ini memang sudah dihentikan di tahun 2016 karena MPV 1.500 cc ini masih kalah saing dengan mobil lainnya. 

4. Minibus Mazda 2010

Eko Patrio
Minibus Mazda 2010

Minibus Mazda buatan tahun 2010 ini juga nilainya Rp 70 juta. Kira-kira Mazda apa ya yang harganya segitu?

Bicara soal minibus, mobil hatchback itu juga kerap disebut minibus dalam STNK. Selain itu, gak ada pula foto Eko Patrio di Instagram bersama mobil ini. 

Itulah deretan mobil milik Eko Patrio yang berharta Rp 90 miliar. Sebagian besar didominasi MPV, dan salah satu di antaranya adalah SUV yang cukup langka. (Editor: Chaerunnisa)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.