Jadi Tersangka KPK, Ini Deretan Mobil di Garasi Menpora Imam Nahrawi

3 menit
Imam Nahrawi (TEMPO/Prima Mulia)

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap dana hibah KONI oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Imam diduga menerima dana sebesar Rp 26,5 miliar dari kasus tersebut. Gak cuma Imam, asisten pribadinya ikut dinyatakan sebagai tersangka.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelengara Negara (LHKPN) tahun 2017, Imam dikabarkan mengantongi kekayaan sebesar Rp 22 miliar. 

Dari Rp 22 miliar tersebut, Rp 1,7 miliarnya adalah harta bergerak alias mobil. Kira-kira apa saja ya mobil yang ada di garasi menpora satu ini? 

Yuk, kita simak saja ulasannya di sini:

1. Toyota Alphard 2009

Imam Nahrawi
Mobil Imam Nahrawi (Wikipedia)

Gak disebut dengan jelas apa varian Alphard yang ada di garasi Imam Nahrawi. Hanya disebutkan mobil tersebut merupakan produksi tahun 2009. 

Namun, Toyota Alphard punya banyak varian, ada yang bermesin 2.500 cc dan ada juga yang di atas 3 ribu. 

Alphard 2.500 cc sanggup memberikan semburan tenaga hingga 180 tk per 6000 rpm, dan mampu mencapai titik puncak torsi pada 23.9 nm per 4100 rpm.

Sementara itu, Varian Alphard 3.5 Q A/T hadir dengan mesin bensin 3456 cc,  tenaga maksimalnya hingga 296 hp dan torsi puncak 360 Nm. 

Lumayan bertenaga ya, tapi coba perhatikan deh mesinnya di atas 3.000 cc lho. Konsumsi bensinnya seram banget!

Baca juga: Bambang Irianto yang Jadi Tersangka KPK Punya 4 Koleksi Kendaraan Sederhana

2. Mitsubishi Pajero 2011

Imam Nahrawi
Mobil Imam Nahrawi (Otodriver)

SUV besutan Mitsubishi ini merupakan pesaing utama Toyota Fortuner. Sekadar diketahui, Mitsubishi Pajero paling murah saat ini dijual di harga Rp 481,5 juta. Sementara termahalnya dijual di harga Rp 692 juta per unitnya.

Mitsubishi Pajero Sport diperkuat mesin diesel 4N15 2.4 L MIVEC Turbocharged, dan Intercooled. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga besar hingga 181 PS pada 3.500 rpm.

Fitur keamanan dan hiburan dari mobil SUV ini juga cukup mumpuni.

3. Toyota Innova 2005

Imam Nahrawi
Koleksi mobil Imam Nahrawi (Wikipedia)

Kijang Innova 2005 bisa dikatakan sebagai Innova generasi pertama. Pendahulunya tentu saja Kijang Kapsul yang sangat laris di pasaran Tanah Air.

Mobil ini dibekali mesin 2,0 liter berkode 1TR-FE VVT-i. Sementara itu, untuk varian dieselnya menggunakan 2KD-FTV D-4D common rail direct 4-stroke diesel injection turbocharger tanpa intercooler.

Dulu sempat keluar versi bensin 2,7 liter. Namin, karena sangat boros, peminatnya pun jarang.

4. Minibus Hyundai 

Imam Nahrawi
Mobil Imam Nahrawi

Sayangnya, gak ada informasi seputar mobil Imam Nahrawi yang satu ini. Hanya disebutkan ada minibus Hyundai buatan tahun 2010 yang valuasinya Rp 300 juta pada tahun 2017.

Besar kemungkinan mobil ini adalah Hyundai H1. Ini adalah mobil MPV dengan mesin diesel, tentunya cukup irit bensin ya. Untuk saat ini, harga pasaran H1 2010 sudah turun jadi Rp 100 jutaan. 

Itulah empat mobil yang ada di garasi Imam Nahrawi. Sebagian besar merupakan jenis MPV yang tentunya pas dijadikan mobil keluarga. Imam juga memiliki mobil berjenis SUV. Namun, tidak ada satupun mobilnya yang keluaran Eropa. (Editor: Chaerunnisa)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.